HUBUNGAN KECERDASAN INTELEKTUAL SISWA DALAM KEGIATAN MERESPON PEMBELAJARAN DARING MASA COVID-19

Fitra Afrida Amna, Yasnidawati Yasnidawati, Meldafia Idaman

Abstract


ABSTRAK

Masa covid-19 dan pesatnya perkembangan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 menuntut guru dan siswa aktif dalam pembelajaran serba daring. Kegiatan pembelajaran berjalan lancar, apabila siswa tanggap menyesuaikan diri untuk mampu memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi dalam merespon pembelajaran di kelas secara daring. Tujuan penelitian adalah  mengetahui hubungan kecerdasan intelektual anak dalam kegiatan merespon pembelajaran daring masa covid-19 di SMK N 1 Tanah Datar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif sifatnya korelasional, populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI SMK N 1 Tanah Datar dengan sampel penelitian berjumlah 114 orang diambil dengan teknik systematic random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes IQ sedangkan aktivitas menanggapi menggunakan angket, teknik analisis data (1) deskripsi data, (2) pengujian persyaratan analisis dan (3) pegujian hipotesis. Hasil penelitian membuktikan bahwa adanya hubungan kecerdasan intelektual siswa dalam kegiatan merespon pembelajaran daring masa covid-19 di SMK N 1 Tanah Datar dengan r hitung 0,389 > r table, 0,176. Implikasi hasil penelitian dijadikan sebagai motivasi bagi siswa untuk meningkatkan kecerdasan IQ sehingga meningkatkan aktivitas menanggapi dalam proses pembelajaran meningkat dengan baik dan mutu pendidikan dapat lebih meningkat.

Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual; Kegiatan Merespon

 

ABSTRACT

The Covid-19 period and the rapid development of technology in the Industrial Revolution Era 4.0 required teachers and students to be active in all-online learning. Learning activities run smoothly, if students are responsive to adjust to be able to have high intellectual intelligence in responding to online classroom learning. The research objective was to determine the relationship between children's intellectual intelligence in responding to online learning activities during the Covid-19 period at SMK N 1 Tanah Datar. This type of research is correlational quantitative in nature, the population in this study is the XI grade students of SMK N 1 Tanah Datar with a research sample of 114 people taken by systematic random sampling technique. The data collection technique uses the IQ test while the responding activity uses a questionnaire, data analysis techniques (1) data description, (2) testing requirements analysis and (3) hypothesis testing. The results of the study proved that there was a relationship between students' intellectual intelligence in responding to online learning activities during the Covid-19 period at SMK N 1 Tanah Datar with r count 0.389> r table, 0.176. The implications of the research results are used as motivation for students to increase IQ intelligence so that increasing response activity in the learning process increases properly and the quality of education can be further improved.

Keywords: Intellectual Intelligence; Responding Activity:

 


Full Text:

PDF

References


Abd, P., Masaong, K., & Pd, M. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Multiple Intelligence. Konaspi, VII(5), 1–10.

Colicchio, B.-, & Antoinette, J. (n.d.). REPORT RESUMCS vii _ im THE TOOLS AND SYMBOLS OF PATTENMAKING AND TO HELP HIM MASTER THE DASiC FUNDAMENTALS OF PATTERN DEVELOPMENT . II FOLLOWS THE COURSE OF STUDY APPROVED BY THE BOARD OF EDUCATION AND WAS TESTED IN VARIOUS CLASSROOMS . THEORY AND APTITU.

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1), 1–21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064

Jurnal, G., Rupa, S., Studi, P., Kesejahteraan, P., Ilmu, J., Keluarga, K., Padang, U. N., Padang, A. T., & Padang, K. (2019). Abstrak. 08(November).

Kadir, F. (2014). Keterampilan Mengelola Kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 16–36.

Khumaerah, K., & Rauf, S. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Anak. Journal of Islamic Nursing, 2(1), 21–24.

Lawanto, O. (2000). Pembelajaran Berbasis Web Sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan*. Unitas, 9(1), 44–58.

Muzakki, I. (2016). Karaktersitik Multiple Intelligence Ditinjau dari Tingkat Intelligence Quotient Siswa dengan kecerdasan Intelektual yang dimiliki oleh siswa . Siswa yang memiliki Intellegene yang ditinjau dari seberapa jauh tingkat kecerdasan siswa , sangat. 570–584.

Nasional, H. P., Pembelajaran, P. M., Percepatan, P., & Mutu, P. (2017). Media Pendidikan LPMP Sulawesi Selatan. 1–64.

Sampieri, R. H. (n.d.). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 634.

Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. Sari Pediatri, 7(2), 85. https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92

Suhery, Putra, T., & Jasmalinda. (2020). Jurnal Inovasi Penelitian. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 1–4.


Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 144 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.