SOSIALISASI PERILAKU HIDUP SEHAT MASA PANDEMI COVID-19 PADA REMAJA

silvie permata sari

Abstract


Dalam rangka penanganan cepat covid-19 diperlukan pemahaman masyarakat terutama pada anak dan remaja dalam meningkatkan kesadaran untuk mencegah dan melawan virus covid-19 dalam bentuk Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Gerakan Menggunakan Masker (GEMAS), serta Penggunaan Antiseptik dan Desinfektan dalam kehidupan sehari-hari. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program khusus dari pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia secara keseluruhan serta untuk mencegah virus corona masuk dalam tubuh. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan remaja dalam perilaku hidup sehat, penggunaan masker, penggunaan Antiseptik dan Desinfektan serta peningkatan kesehatan remaja. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan sosialisasi atau ceramah yang didukung interaksi kesehatan. Minat remaja untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, gerakan menggunakan masker, serta Penggunaan Antiseptik dan Desinfektan dalam kehidupan sehari-hari sangat besar, sehingga penyuluhan tersebut mudah diterima dan dapat menciptakan sikap yang positif terhadap kesadaran dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan diri dan sekitar.


Full Text:

PDF

References


C N N, I. (2020). Mengenal Social Distancing sebagai Cara Mencegah Corona. CNN Indonesia. Diunduh Dari Https://Www. Cnnindonesia. Com/Gaya-Hidup/20200314102823-255-483358/Mengenal-Social-Distancing-Sebagai-Cara-Mencegah-Corona.

Jebril, N. (2020). World Health Organization declared a pandemic public health menace: A systematic review of the coronavirus disease 2019 “COVID-19”, up to 26th March 2020. Available at SSRN 3566298.

Riksa Buana, D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Journal. Uinjkt. Ac. Id.

Satgas Covid-19. (2020). Covid-19 di Indonesia. https://covid19.go.id

WHO. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19. World Health Organization, April, 1–6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i1.1038

Article Metrics

Abstract view : 160 times
PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter