SOSIALISASI PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI POSYANDU TERINTEGRASI (SIPTER) DI WILAYAH PUSKESMAS LUBUK BUAYA KOTA PADANG

Ilma Nuria Sulrieni, Sundari Pramulichati, Putri Melisa

Abstract


Posyandu (Pos Pelayanan Terpadu) merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan anak balita. Pelaksanaan posyandu dilakukan oleh kader kesehatan yang sifat ketenagaannya sukarela yang dipilih oleh dari masyarakat dan bertugas mengembangkan masyarakat. Kegiatan Posyandu selama ini di dua posyandu wilayah kerja puskesmas Lubuk Buaya kota Padang berjalan lancar, karena adanya buku Sistem Informasi Posyandu (SIP) sebagai pedoman pelaksanaan, yaitu format baku sesuai dengan program kesehatan). Salah satu intervensi yang dapat dilakukan yaitu penyuluhan pengoptimalan data dan informasi hasil kegiatan posyandu perlu dikembangan suatu Sistem Informasi Posyandu yang terintegrasi melalui jaringan internet, didukung oleh peran serta masyarakat yang tinggi. Kegiatan diawali dengan pemberian pre test untuk melihat tingkat pengetahuan kader tentang Sistem Informasi Posyandu, kemudian pemberian edukasi Sistem Informasi Posyandu. Pelaksanaan penyuluhan kesehatan dilaksanakan dengan memberikan edukasi terkait Sistem Informasi Posyandu kemudian Sosialisasi aplikasi berbasis web sehingga mudah di akses oleh kader posyandu, petugas kesehatan dan pokja posyandu , dan diakhiri dengan post test untuk mengukur peningkatan pengetahuannya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan tentang masalah pengelolaan data dan informasi  sistem informasi terintegrasi pelayanan pada posyandu digunakan di posyandu puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang adalah 11,36 dengan standar deviasi 4,69. pengetahuan minimal dan maksimal sebelum setelah dilakukan penyuluhan dan demonstrasi adalah diantara 7-14. Hasil bivaiat Setelah diberikan penyuluhan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan tentang masalah pengelolaan data dan informasi  sistem informasi terintegrasi pelayanan pada posyandu digunakan di posyandu ke pada kader adalah 12,44. p value 0,001 yang berarti ada pengaruh penyuluhan terhadap pengetahuan. Dapat disimpulkan penyuluhan kesehatan dengan metode ceramah dan demonstrasi yang telah dilakukan pada lansia terbukti dapat meningkatkan pengetahuan kader tentang tentang masalah pengembangan pengelolaan data dan informasi  sistem informasi terintegrasi pelayanan pada posyandu digunakan di posyandu puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang. Disarankan pengelolaan data dan informasi  sistem informasi terintegrasi pelayanan pada posyandu digunakan di posyandu puskesmas Lubuk Buaya Kota Padang dengan metode ceramah dan demonstras ini bisa berkelanjutan dilakukan oleh tenaga kesehatan dipuskesmas khususnya yang mengurusi masalah pokja posyandu di posyandu puskesmas.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. C. Asuhan Gizi Nutritional Care Process. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2012.

Arbie. Manajemen Database dengan Mysql, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2004. Azwar, Azrul. Pengantar Administrasi Kesehatan Edisi Ketiga, Jakarta : Binarupa

Aksara, 1996. Cessnasari. Buku Kader Posyandu dalam Usaha Perbaikan Gizi Kelurga, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2008.

Depertemen Agama. Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahannya. Jakarta: Depertemen Agama RI, 2007.

Depertemen Kesehatan RI, Buku Kader Posyandu dalam Usaha Perbaikan gizi Keluarga, Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2006.

Effendy, Nasrul. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat, Jakarta : EGC, 1998.

Jogiyanto. Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta : Andi, 2005.

Kadir, Abdul. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2003.

Kementrian Kesehatan RI Pusat Promosi Kesehatan. Buku Saku Posyandu.Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2012.

Kementrian Kesehatan RI. Buku Panduan Kader Posyandu Menuju Keluarga Sadar Gizi. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2011.

Kementrian Kesehatan RI. Standar Antropometri Penilaian Status Gizi Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, 2010.

Kependudukan dan Biostatik FKM USU. Posyandu Sebagai Sarana Peran Serta Masyarakat dalam UPKM. http://www.Library.USU.ac.id (20 Juni 2016).

Kolter, Philip. Manajemen pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi Pengendalian, Jakarta: Salemba Empat, 2002.

Ladjamudin, Albahra. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2005.

Muliyani, Sumantri. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru, 1999.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i1.1133

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter