Hubungan Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dengan Kinerja Perawat Pelaksana dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Mayjenn HA Thalib Kerinci

Reni Trevia, Helmi Arifin, Dewi Eka Putri

Abstract


Kinerja perawat merupakan faktor penentu dalam mutu pelayanan di sebuah rumah sakit, perawat akan selalu dituntut melakukan kinerjanya yaitu memberikan asuhan keperawatan secara optimal dan sesuai standar yang telah ditentukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja adalah gaya kepemimpinan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya kepemimpinan dengan kinerja perawat pelaksana dalam menerapkan asuhan keperawatan di RSU Mayjend HA Thalib Kabupaten Kerinci. Desain penelitian deskriptif analitik, pendekatan cross sectional. Sampel adalah 101 perawat pelaksana di ruang rawat inap RSU Mayjend HA Thalib dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian adalah kinerja perawat pelaksana baik sebesar 67,3% dan didapatkan gaya kepemimpinan demokratis kuat sebesar 57,4%. Otokratik lemah 68,3%, partisipatif lemah sebesar 52,5% dan laisez faire lemah sebesar 69,3%. Terdapat hubungan yang bermakna (p<0,05) antara gaya kepemimpinan demokratik (p=0.001) dan otokratik (p=0,013)dengan kinerja perawat pelaksana menerapkan asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSU Mayend HA Thalib Kabupaten Kerinci. Saran bagi pihak manajemen rumah sakit agar memberikan pelatihan tentang asuhan keperawatan kepada perawat pelaksana terutama pada tahap pengkajian dan evaluasi.

 


Full Text:

PDF

References


Ananda, Y. (2014). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Motivasi Perawat dalam Melaksanakan Hand Hygiene di RSUP DR M. Djamil Padang Tahun 2014.

Arwani, S. (2006). Manajemen Bangsal Keperawatan (Pertama). Jakarta:EGC.

Depkes, R. (2011). Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis.

Gibson, J.L., Ivancevich, J.M., Donelly, J. H. (1996). Organisasi, Perilaku Struktur, Proses (Delapan). Jakarta: Binarupa Aksara.

Gillies, D. A. (2000). Manajemen Keperawatan. Bandung: Yayasan IAPKP.

Herawati, N. (2014). Hubungan antara Komitmen pada Organisasi dan Supervisi Kepala ruangan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Unit Rawat Inap RSUD Sawahlunto.

Kuntoro. (2010). Buku Ajar manajemen Keperawatan. Jakarta: Nuha Medika.

Kurniadi. (2013). Manajemen Keperawatan dan Prospektifnya teori konsep dan aplikasi. Jakarta: FKUI.

Lawson K, S. (1999). Attitudes to work: The influence of perceived styles of lea. Leadership and Organization Development Journal.

Novera, I. (2012). Hubungan Fungsi Manajemen Kepala Ruangan dengan Kualitas Asuhan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSSN Bukittinggi.

Nursalam. (2012). Manajemen Keperawatan. Jakarta: Medika, Salemba.

Royani. (2010). Hubungan Sistem Penghargaan dengan Kinerja Perawat dalam Melaksanakan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon Banten.

Simanjuntak. (2005). Manajeman dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Somantri. (2006). Hubungan Persepsi Perawat Pelaksana tentang Gaya kepemimpinan & tipe Kepribadian Kepala Ruangan dengan Kepuasan Kerja: Studi di RS TNI AU tk II Dr. Salamun.

Supriyatna. (2003). Gaya Kepemimpinan Kepala Ruangan dengan Produktifitas kerja perawat pelaksana di Rumah sakit pusat pertamina Jakarta tahun 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v10i2.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: [email protected]


Google Schoolar Crossref logo SintaPortal Garuda 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter