FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA PRASEKOLAH
Abstract
Perkembangan merupakan proses perubahan kapasitas fungsional atau kemampuan kerja organ-organ tubuh kearah keadaan yang makin terorganisasi dan terspesialisasi sesuai kemauan fungsinya masing-masing (Encep Sudirjo, 2018). Menurut laporan United Nations Emergency Children’s Fund (UNICEF) tahun 2015, didapatkan data masih tingginya angka kejadian gangguan pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia balita khususnya gangguan perkembangan motorik yaitu 27,5% atau 3 juta anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak usia prasekolah di RA Ar-Rahman Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan September 2019. Populasi penelitian anak usia prasekolah berjumlah 40 orang. Dengan sampel sebanyak 32 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Data dianalisis dengan uji regresi logistik dengan tingkat kepercayaan 95%. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh lama interaksi dan stimulasi pada anak terhadap perkembangan motorik anak usia prasekolah dan tidak ada pengaruh umur, pendidikan, dan pekerjaan ibu terhadap perkembangan motorik pada anak usia 3-4 tahun di RA Ar-Rahman Tanjung Pauh Mudik Kabupaten Kerinci. Diharapkan ibu dapat meningkatkan stimulasi perkembangan selama melakukan interaksi dengan anak dan menjadikan waktu kontak dengan anak adalah waktu yang bermanfaat untuk merangsang perkembangan anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Nisrina, and Roro Rukmi Windi Perdani. 2018. “Hubungan Stimulasi Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Halus Dan Personal Sosial Anak Usia 0-3 Tahun Di Kelurahan Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung.” Majority 7(2).
Alimul Hidayat, A Aziz. 2011. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak Untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.
Andriani, Marlina. 2015. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 3-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpati Jecamatan Simpati Kab. Pasaman Tahun 2015.” AFIYAH 3(1). http://www.ejournal.stikesyarsi.ac.id/index.php/JAV1N1/article/view/72.
Dian Afrina, Pratiwi. 2016. “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Merobek Kertas Berpola Pada Anak Usia 3-4 Tahundi PAUD Aisyiyah II Ngadiluwih Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2015/2016.” Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Dinas Kesehatan Kabupaten Kerinci. 2016. Profil Kesehatan Kabupaten Kerinci Tahun 2016. Kerinci.
Erlina Pratiwi, Nita. 2017. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Bermain Pasir Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di PPT‘Melati’ Surabaya.” Jurnal PAUD Teratai 6(1).
Fazriesa, Sabrina. 2018. “Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun Di Wilayah Kerja Poskelkel Penengahan Raya Kecamatan Kedaton Bandar Lampung.” Universitas Lampung.
Hurlock, Elizabeth. 2011. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Jurana. 2017. “Perkembangan Motorik Kasar Dan Halus Pada Anak Usia 1-3 Tahun (Toddler) Di Kelurahan Mamboro Barat Wilayah Kerja Puskesmas Mamboro.” JUrnal Ilmiah Kedokteran Medika Tadulako 4(3).
Kementerian Kesehatan RI. 2016. Pedoman Pelaksana Stimulasi, Deteksi Dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Kementrian Kesehatan Ri.
Marmi, and Kukuh Rahardjo. 2012. Asuhan Neonatus, Bayi, Balita Dan Anak Pra Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mitayani, Yuli. 2015. “Hubungan Stimulasi Ibu Dengan Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 2-3 Tahun (Toddler).” Universitas Negeri Jakarta.
Notoatmodjo, Sukidjo. 2017. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurjanah, Nunung. 2017. “Pengaruh Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah Di TK At-Taqwa Cimahi.” Jurnal Keperawatan BSI 5(2).
Soetjiningsih. 2017. Tumbuh Kembang Anak. 2nd ed. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Suririnah. 2013. Buku Pintar Mengasuh Batita. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Tuntari, Whinda. 2014. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Mata Dan Tangan Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Berbagai Media Pada Anak Kelompok A1 Di TK ABA KarangMalang.” Universitas Negri Yogyakarta.
Utami, Rahayu Budi. 2016. “Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Tiripan Berbek Nganjuk.” Jurnal Nusantara Medika 1(1).
Wati, Iin Cempaka. 2016. “Hubungan Stimulasi Perkembangan Terhadap Perkembangan Anak Usia 0-5 Tahun DI RW 8 Kelurahan Kalicari Kota Semarang.” Universitas Diponegoro.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i2.761
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats