EDUKASI PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP GERAKAN 5M DIMASA PANDEMI COVID-19 SERTA PEMBERIAN MASKER DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS LUBUK BAJA

Nahrul Hayat, asfri sri rahmadeni, Isna Aglusi Badri, Larasuci Arisani, Roza Erda

Abstract


Penyakit Coronavirus (COVID-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus korona yang ditemukan pada awal tahun 2020 dan sampai sekarang virus corona telah menyebar hampir di seluruh negara . Kasus ini terus meningkat dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang abai akan protokol kesehatan. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan edukasi dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap gerakan 5M dimasa pandemi covid-19. Metode yang dilakukan berupa ceramah, pembagian leafleat dan pemberian masker. Pelaksana kegiatan pengabdian dari dosen dan mahasiswa yang dilakukan satu hari diwilaya kerja puskesmas Lubuk Baja Batam dimana sebelumnya telah dilakukan persiapan untuk kegiatan.Hasil dari pengabdian ini masyarakat dapat menyadari dengan melakukan protokol kesehatan dapat mengurangi risiko penularan COVID-19 dan akan mematuhi protokol kesehatan 5M memakai masker, menjaga jarak, membersihkan tangan, mencegah dan mengurangi mobilitas. .


Full Text:

PDF

References


Azrimaidaliza. Edukasi Pencegahan Virus Corona (covid-19) Dan Donasi Masker Untuk Kesehatan Masyarakat Di Kelurahan Jati Kota Padang. ( Mai,2020)

Tamara A. Gerakan 5M COVID, Kunci Sukses Mengakhiri Pandemi. Klik dokter.com. Diambil 2 Februari 2021, dari https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3644583/mau-pandemi-usai-ketahui-pentingnya-gerakan-5m-covid-19

Kemenkes. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.(2020).

Kurniati, N., Rifaid, R., Jumaah, S. H., As, M. S., & Masyhudi, L. Edukasi Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Masa Tatanan Baru (New Normal) Di Ruang Terbuka Hijau Pagutan Kota Mataram. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, (2021). 1(1), 13–20.

Lestari, V., Wicaksono, A. P., Fakultas, M., Universitas, H., Fakultas, D., & Universitas, H. (2021). Edukasi protokol kesehatan di masa pandemi covid - 19 pada warga dk. berdug kulon rt 01 rw 11, sidomulyo, ampel, boyolali. Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Edukasi, 2(09), 96–100.

Mujiburrahman, Riyadi, M. E., & Ningsih, M. U. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Peningkatan Perilaku Pencegahan COVID-19 di Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i2.1182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter