Permainan Berburu Harta Karun Tentang Siaga Bencana Gempa Bumi dan tsunami di Panti Asuhan Sayyidah Adawiyyah Kota Padang Tahun 2021

Annisa Novita Sary

Abstract


ABSTRAK

Bencana adalah suatu peristiwa atau rangkaian kejadian yang mengakibatkan korban penderitaan manusia, kerugian harta benda, serta kerusakan lingkungan. Kota Padang berpotensi mengalami bencana gempa bumi dan tsunami di pesisir pantai. Anak-anak di panti asuhan Sayyidah Adawiyyah belum pernah mendapatkan sosialisasi tentang siaga bencana. Sehingga tidak mengetahui bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan jika terjadi suatu bencana. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan yaitu pemberian edukasi tentang siaga bencana gempa bumi dan tsunami. Kegiatan dilaksanakan di Panti Asuhan Sayyidah Adawiyyah pada bulan September 2021. Kegiatan diawali dengan pemberian pre test untuk melihat tingkat pengetahuan anak-anak tentang kesiapsiagaan bencana gempa bumi dan tsunami, kemudian pemberian edukasi dengan menggunakan metode permainan berburu harta karun. Model pembelajaran berburu harta karun adalah model pembelajaran  yang menyenangkan. Peserta didik dilatih untuk mencari, aktif, kreatif dan berkreasi menemukan jawaban-jawaban dari pertayaan-pertanyaan yang diberikan tentang siaga bencana. Tahap pertama dilakukan dengan memberikan pre test dan diakhiri dengan post test untuk mengukur peningkatan pengetahuannya. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat dapat dinilai sudah berjalan dengan baik dilihat dari semua kegiatan yang dilakukan sudah sesuai dengan jadwal kegiatan yang direncanakan. Penyuluhan dilakukan pada tanggal 14 September 2021 yang diikuti oleh anak-anak Panti asuhan sebanyak 25 orang. Dapat disimpulkan adanya peningkatan pengetahuan anak-anak tentang siaga bencana gempa bumi dan tsunami sebelum (64%) dan sesudah (87%) intervensi. Diharapkan kepada pihak mitra khususnya Panti Asuhan Sayyidah Adawiyyah untuk bisa juga menerapkan dan mengajarkan model pembelajaran permainan edukatif pada anak asuh yang lain mengenai kesiapsiagaan dan mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami.

Kata Kunci: Siaga bencana; metode berburu harta karun; edukasi

 

 

ABSTRACT

Disaster is an event or series of events that result in victims of human suffering, loss of property, and environmental damage. The city of Padang has the potential to experience earthquakes and tsunamis on the coast. The children at the Sayyidah Adawiyyah orphanage have never received any socialization about disaster preparedness. So they don't know what steps to take in the event of a disaster. One of the interventions that can be done is providing education about earthquake and tsunami disaster preparedness. The activity was carried out at the Sayyidah Adawiyyah Orphanage in September 2021. The activity began with giving a pre-test to see the level of children's knowledge about earthquake and tsunami disaster preparedness, then providing education using the treasure hunting game method. The treasure hunt learning model is a fun learning model. Students are trained to seek, be active, creative and creative in finding answers to the questions given about disaster preparedness. The first stage is done by giving a pre-test and ends with a post-test to measure the increase in knowledge. The results of community service activities can be judged to have gone well, seen from all the activities carried out in accordance with the planned activity schedule. The counseling was carried out on September 14, 2021, which was attended by 25 children from the orphanage. It can be concluded that there was an increase in children's knowledge about earthquake and tsunami preparedness before (64%) and after (87%) intervention. It is hoped that partners, especially the Sayyidah Adawiyyah Orphanage, can also apply and teach educational game learning models to other foster children regarding earthquake and tsunami disaster preparedness and mitigation.

Keywords: Disaster preparedness; treasure hunting methods; education


Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2018). Data Informasi Bencana Indonesia (DIBI). Nopember 2018.

Bencana, B. N. P. (2019). Indeks Risiko Bencana Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling.

Esperanza, A., & Simanjuntak, S. M. (2020). Pengetahuan Tentang Kesiagaan Bencana Melalui Promosi dan Pelatihan Pengetahuan tentang Kesiagaan Bencana Melalui Promosi dan Pelatihan Siaga Gempa Bumi. In Media Karya Kesehatan.

LIPI-UNESCO/ISDR. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami (Assessment of Community Preparedness in Anticipating Earthquake and Tsunami Disasters). In Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengantisipasi Bencana Gempa.

Muhammad, F., Hadi, A., & Irfan, D. (2018). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI PANDUAN MITIGASI BENCANA ALAM PROVINSI SUMATERA BARAT BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan. https://doi.org/10.24036/tip.v11i1.93

Nurjanah, & Dkk. (2012). Manajemen Bencana. Alfabeta.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. In International Encyclopedia of Education.

Suhardjo, D. (2015). ARTI PENTING PENDIDIKAN MITIGASI BENCANA DALAM MENGURANGI RESIKO BENCANA. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4226

Veronika, A., Zulkifli, Z., & Puspitasari, E. (2018). Pengaruh Permainan Berburu Harta Karun Terhadap Kecerdasan Logika Matematika Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Shandy Putra Telkom Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 5(1), 1–15.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i2.1230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter