EDUKASI DUKUNGAN KESEHATAN PSIKOSOSIAL PADA SISWA AKIBAT PEMBELAJARAN DARING DI SAAT PANDEMI COVID-19

Ulfa Suryani, Yola Yolanda, Velga Yazia, Nurleny Nurleny

Abstract


Belakangan ini diketahui bahwa munculnya suatu penyakit dengan indikasi umum pada penderitanyayaitu kesulitan bernafas, penyakit ini dikenal sebagai COVID-19 yang ditemukan pertamakali padaNovember 2019. Penyakit ini punya karakter sangat cepat penyebarannya, dengan berinteraksi jarakdekat serta bersentuhan dengan penderita, maka sudah bisa mengantarkan seorang terjangkit penyakitini. Sehingga para ahli kesehatan menyarankan untuk melakukan social distancing, physicaldistancing dan stay at home. Terus merebaknya penyakit ini ke berbagai tempat di berbagai Negara,mengantarkan kita harus bisa beradaptasi dengan situasi ini. Hal ini meyebabkan banyak pemerintahdi berbagai negara melakukan tidakan seperti melakukan karantina, isolasi sosial, penutupanperkantoran, penutupan lembaga pendidikan. Terkait dengan kebijakan untuk melakukan aktivitas dirumah. Kemendikbud telah mengeluarkan edaran tentang pelaksanaan pembelajaran daring sebagaiupaya pencegahan penyebaran covid-19. Sistem pembelajaran yang sebelumnya tatap mukamemberikan beberapa dampak terhadap siswa yang menjalani pembelajaran sistem daring pada saatpandemi covid19 ini. Karena daring menyebabkan siswa beradaptasi dengan cara pembelajaran barusehingga dapat mengganggu pada psikologis serta berdampak pada sosial siswa akibat belajar darirumah. Situasi dan dampak dari daring yang dirasakan siswa membutuhkan perhatian dan penangananyang segera sehingga tidak menjadi gangguan jiwa maupun psikososial yang lebih serius. Tujuan darikegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan siswa dalam mengantisipasi dan menjaga kesehatanpsikososial akibat pembelajaran daring di saat pandemi-covid-19.Kata kunci : Covid-19; Daring; Psikososial; Siswa

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014

tentang Kesehatan Jiwa

Kementerian Kesehatan RI. 2019.

Pedoman Pencegahan dan

Pengendalian Coronavirus Disease

(COVID-2019).

Keliat, B.A., Marliana, T. (2018).

Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psiko

Sosial (Mental Health and Psycho

Social Support):Keperawatan Jiwa .

Jakarta: ISBN:978-602-1283-51-6

Keliat, B. A., Hamid, A. Y. S., Putri, Y. S.

E., Daulima, N. H. C., Wardani, I. Y.,

Susanti, H., Hargiana, G., & Panjaitan,

R. U. (2019). Asuhan keperawatan

jiwa. Jakarta: Penerbit Buku

Kedokteran, EGC

Keliat, B.A., Marliana, T., Windarwati, H.

W., Mubin, M. F., Sodikin, M. A.,Prawiro, A. D., Trihadi, D., &

Kembaren, L. (2020). Dukungan

Kesehatan Jiwa dan Psiko Sosial

(Mental Health and Psycho Social

Support) COVID-19:Keperawatan

Jiwa . Jakarta: ISBN:dalam proses

Ikatan Psikolog Klinis Indonesia. (2020).

Panduan Layanan Psikologi Klinis

dalam Rangka Penanggulangan

Pandemi COVID-19.

Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI).

(2020). Panduan Layanan Psikologi

dalam Masa Tanggap Darurat

COVID-19 bagi Psikolog, Sarjana

Psikologi, Asisten Psikolog dan

Praktisi Psikologi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i2.1241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter