OPTIMALISASI PENYELENGGARAAN PROGRAM USAHA KESEHATAN SEKOLAH

Popy Maryasel, Ria Desnita, Ikhsan Ibnu Tahta, Avelia Rahmayani, Defrima Oka Surya, Dika Dwi Muharamsyah

Abstract


Latar Belakang : Pembinaan dan pengembangan UKS merupakan salah satu upaya pemeliharaandan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik sebagai sasaran utama untukmewujudkan sumber daya manusia yang sehat fisik, mental dan sosial serta memiliki produktivitasyang tinggi. SDN 13 Batu Gadang merupakan salah satu sekolah dasar negeri di Kota Padang yangmenjalankan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan memiliki guru pembina UKS serta kaderkesehatan dokter kecil. Hasil survey awal didapatkan informasi bahwa sejak pandemi COVID-19 ditahun 2020 kegiatan program UKS tidak berjalan dengan optimal. Sekolah memiliki keterbatasandalam penyelenggaran UKS selama pandemi COVID-19. Metode : Masalah belum optimalnyapelaksanaan UKS selama pandemi COVID-19 di SDN 13 Batu Gadang diatasi dengan memberikanpelatihan dan sosialisasi berkaitan dengan pelaksanaan UKS di masa Pandemi COVID-19 denganmelibatkan pihak Puskesmas, melakukan pembinaan dokter kecil sebagai kader kesehatan ciliksekolah dan penyegaran kembali ruangan UKS. Pelaksanaan kegiatan dilakukan dari tanggal 7 Juni –30 Agustus 2021 secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan. Hasil: Setelahkegiatan pembinaan UKS di SDN 13 Batu Gadang didapatkan hasil terdapat peningkatan pengetahuandan keterampilan peserta didik tentang kesehatan, berfungsinya dokter kecil sebagai kader kesehatancilik di sekolah dan berfungsinya ruangan UKS.Kata Kunci : Kesehatan, Usaha Kesehatan Sekolah, Siswa,

Full Text:

PDF

References


Apriani, L., & Gazali, N. (2018). Pelaksanaan trias usaha kesehatan sekolah (UKS) di sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.21831/jk.v6i1. 14456 Istaryatiningtias, Khuluqo, I. El, & Rismita. (2021). Kunci Sukses Pembinaan Usaha Kesehatan Sekolah ( Uks ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Sebagai Penguatan Manajemen Sekolah. 2(1), 125–130. https://doi.org/10.31949/jb.v2i1. 651 Kemenkes. (2020). Pedoman Pelayanan Kesehatan Anak Usia Sekolah dan Remaja di Masa Pandemi COVID-19. Dirketorat Kesehatan Keluarga dan Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Nurhayu, M. A., Shaluhiyah, Z., Indraswari, R., Masyarakat, F. K., & Diponegoro, U. (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e- Journal), 6(1), 770–779. Wacana, S. (2020). Peran Guru Terhadap Mengoptimalkan Unit I G GNI T H AL O KE S N ATA HE S E K U MLI

Jurnal Abdimas Saintika Volume 4 Nomor 1 | https://jurnal.syedzasaintika.ac.id Jurnal Abdimas Saintika e-ISSN : 2715-4424 p-ISSN :2746-797X 26 Kesehatan Sekolah Untuk Melakukan Pencegahan Covid- 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 71–77. Wulandari, I. M. (2020). Peran Guru Mengoptimalkan Unit Kesehatan Sekolah Untuk Melakukan Pencegahan Covid- 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 71–77. https://doi.org/10.31004/edukati f.v2i1.88




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v4i1.1382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter