EDUKASI CUCI TANGAN 6 LANGKAH PADA ANAK YANG DIRAWAT DI RUANG AKUT RSUP. Dr. M. DJAMIL PADANG

Putri Minas Sari, Dini Suryani, Honesty Diana Morika, Eliza Arman, Ade Nurhasanah Amir, Indah Komala Sari

Abstract


Cuci tangan 6 langkah masih belum banyak diketahui dan dianggap sebagai hal sepele selama ini, banyak anak yang mencuci tangan hanya sebatas cuci tangan biasa. RSUP Dr. M.Djamil Padang merupakan rumah sakit rujukan dengan jumlah pasien yang begitu banyak, pertukaran bakteri dan kuman dapat amat sangat mudah terjadi. Sehingga bila anak dan orangtua tidak diberikan edukasi yang benar tentang cuci tangan 6 langkah maka akan memperburuk kondisi kesehatan selama dalam perawatan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan anak dan orangtua tentang bahaya jika tidak cuci tangan dengan benar dan terhindar dari penyakit akibat kuman dan bakteri yang masuk dikarenakan tidak melakukan cuci tangan yang benar di Ruang  Akut RSUP. Dr. M. Djamil padang. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah edukasi dengan penyajian yang mudah dimengerti, dalam upaya mendukung salah satu tindakan protokol kesehatan  selama pandemi covid 19 dan yang paling penting adalah meningkatkan kesadaran anak akan pentingnya cuci tangan, terutama orangtua untuk dapat memantau anak dalam melakukan cuci tangan 6 langkah yang benar. Tingkat pengetahuan diukur dengan membandingkan pengetahuan anak dan orangtua tentang cuci tangan 6 langkah sebelum dan setelah dilakukan edukasi. Hasil yang didapatkan adalah terjadi peningkatan pengetahuan anak dan ibu tentang tentang cuci tangan 6 langkah setelah dilakukan edukasi. Peserta tampak antusias, dan peserta dapat memahami cuci tangan 6 langkah dan mendemonstrasikan cuci tangan 6 langkah. Saran perlunya diadakan edukasi berkala di rumah sakit guna memberikan peningkatan kesehatan anak.

Kata Kunci: Edukasi, Cuci tangan, 6 langkah

 


Full Text:

PDF

References


Angela, Frisca, S., & Nurjanah, V. (2019). Relationship between Handwashing Education to Knowledge , Attitudes , Capabilities at X Palembang Hospital. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 2(2), 186–195.

Anies. (2015). Penyakit berbasis lingkungan : berbagai penyakit menular & tidak menular yang disebabkan oleh faktor lingkungan (Rose KR (ed.); Cetakan I,).

Audria Octa. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pada Masyarakat Kelurahan Pegirian. Jurnal PROMKES, 7(1), 1. https://doi.org/10.20473/jpk.v7.i1.2019.1-11

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Infodatin Ctps. In Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun Di Indonesia (p. 8). http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/infodatin/infodatin-ctps.pdf.

Kementerian Kesehatan RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2017 (Vol. 1227, Issue July). https://doi.org/10.1002/qj

Novi Enis Rosuliana, Robiatul Adawiyah, R. A. K. (2021). PEMBERIAN EDUKASI DAN PRAKTIK TENTANG CUCI TANGAN 6 LANGKAH BENAR DAN ETIKA BATUK DALAM MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19. PROSIDING PENGABDIAN MASYARAKAT POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA “Inovasi Pengabdian Masyarakat Sebagai Hilirisasi Penelitian Pada Masa New Normal Dalam Upaya Mitigasi Kesehatan”, 26 Agustus 2021, 237–244.

Nursalam. (2013). Metodologi penelitian: pendekatan praktis (3rd ed.). Salemba Medika.

Wawan dan dewi. (2015). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, Dan Perilaku Manusia Dilengkasi Contoh Kuesioner. Nuha Medika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v4i1.1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter