EDUKASI MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI PADA SISWA TAUD SAQU DAR EL IMAN

Inge Angelia

Abstract


Indonesia sebagai daerah yang berada di wilayah rawan bencana sudah sepatutnya melakukan mitigasi bencana secara baik. Anak-anak memang sangat rentang terhadap bencana, hal ini juga bisa dipicu oleh faktor di sekitar mereka, yang berakibat mereka tidak siap ketika bencana datang.  TAUD SAQU Dar El Iman merupakan Tafizh Anak Usia Dini  setara Paud dan TK khusus mendalami ilmu Agama Islam dan Tahfidz yang memiliki izin penyelenggaraan dari Kementrian Agama. Sekolah ini baru berdiri pada tahun 2018, dengan jumlah siswa 67 orang. Sekolah ini memiliki kurikulum yang padat, namun proses pembelajaran focus pada hafalah Alqur’an dan pendalaman ilmu agama. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian dapat diuraikan sebagai berikut: Peningkatan pengetahuan dan sikap siswa tentang mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami. Dari kegiatan tersebut tim pengabmas telah memberikan Edukasi Mitigasi Bencana melalui Dongeng Dan pemasangan Simbol-Simbol evakuasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami oleh TIM PKM dan Guru-Guru Taud Saqu Dar El Iman. Kegiatan ini berjalan dengan baik dan simbol-simbol terpasang sesuai pada tempatnya. sebagai bentuk evaluasi, tim melakukan penilaian secara langsung.


Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2012. Atlas Bencana Indonesia. Jakarta: BNPB.

Desfandi, Mirza. 2014. Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia, Sosio Didaktika: Vol,1,No.2 Des 2014(Journal.uinjkt.ac.id/index.php/sosio-Fitk)

Diana Agusti, Elva Rahmah. 2019. Pembuatan Booklet Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dan Tsunami Sebagai Media Informasi Bagi Masyarakat Kota Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan. Vol. 8, No. 1, September 2019, Seri B.

Kartika, M., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 76-86. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p76-86

Maryani, E. (2010). Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Dalam Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Menengah Pertama. GEA : Jurnal Pendidikan Geografi, Vol.10. Diakses di https://ejournal.upi.edu/index.php/g ea/article/view/1664

Purnomo Hadi dan Sugiantoro Ronny. (2010). Manajemen Bencana: Respons dan Tindakan terhadap Bencana. Jakarta: Media Pressindo.

Suharwoto, Gogot. Modul Pilar 2 Manajemen Bencana di Sekolah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta UNICEF, 2015.

Suryono, Y., & Tohani, E. (2016). Inovasi pendidikan non formal. Yogyakarta: Graha Cendekia

UU 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulan Bencana

Wildan Seni. 2021. Video Dongeng Sebagai Media Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies. Vol. 7, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v5i1.1740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter