SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENERAPAN REKAM MEDIS ELEKTRONIK PADA KLINIK PRATAMA MEDIKA SAINTIKA

Herman Susilo, Muhammad Ihksan

Abstract


Penelitian ini fokus pada upaya sosialisasi dan pendampingan yang dilakukan dalam rangka mengimplementasikan Rekam Medis Elektronik (RME) di Klinik Pratama Medika Saintika. RME merupakan sebuah terobosan teknologi dalam pengelolaan data medis yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, akurasi, dan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Namun, untuk berhasil menerapkan RME di lingkungan klinik pratama, penting untuk memahami dan mengatasi tantangan sosial dan teknis yang mungkin timbul. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan mengumpulkan data melalui wawancara dengan staf klinik, observasi, dan analisis dokumen terkait pelaksanaan RME. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi RME di Klinik Pratama Medika Saintika melibatkan pelatihan intensif bagi staf klinik, pertemuan rutin untuk mendiskusikan perkembangan, serta pemberian informasi kepada pasien tentang manfaat RME. Pendampingan teknis dilakukan melalui tim ahli yang memberikan dukungan teknis, perbaikan sistem, dan pemecahan masalah sehari-hari. Hasil dari implementasi ini adalah peningkatan yang nyata dalam efisiensi pengelolaan data medis, pengurangan kesalahan manusia, dan peningkatan pelayanan pasien. Sosialisasi dan pendampingan merupakan komponen penting dalam kesuksesan penerapan RME di Klinik Pratama Medika Saintika, dan pengalaman ini dapat memberikan panduan bagi klinik lain yang berencana untuk mengadopsi teknologi serupa.

Kata Kunci : Sosialisasi, Pendampingan, Rekam Medis Elektronik, Klinik Pratama Medika Saintika, Implementasi

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, A. (2023). Sosialisasi Penyelenggaraan Rekam Medis dalam Pemenuhan Standar Akreditasi di Klinik Pratama Padang. Jurnal Abdimas Saintika, 5(1), 89-93.

Hakam, F. (2018). Pelatihan Manajemen Rekam Medis Sesuai Dengan Standar Pedoman Penyelenggaraan Dan Prosedur Rekam Medis Di Puskesmas Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan, 1(2).

Iman, A. T., & Junaedi, F. A. (2021). Pendampingan Pengelolaan Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Di Puskesmas Cibeureum Kota Tasimalaya Tahun 2021. Indonesian Journal of Health Information Management Services, 1(1).

Rahmawati, M. A., & Sholikhah, S. M. (2022). Sosialisasi dan Edukasi Implementasi Pendaftaran Online Rawat Jalan di Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan. Genitri Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Kesehatan, 1(2), 110-113.

Rohman, H., Wati, A. K., & Kurniawan, A. (2022). Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan Berbasis Web Di Puskesmas. Jurnal Pengabdian Masyarakat-Teknologi Digital Indonesia., 1(1), 42-51.

Simanjuntak, E., Sryendang, M., Lubis, S. P. S., Ritonga, Z. A., & Soraya, A. (2022). SOSIALISASI SISTEM PENYIMPANAN REKAM MEDIS DI UPT PUSKESMAS PADANG BULAN SELAYANG II TAHUN 2022. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat (Ji-SOMBA), 2(1), 32-38.

Suryanto, H. (2023). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Petugas Tentang Rekam Medis Elektronik dan Penggunaan Rekam Medis di Laboratorium Kesehatan “X”. Jenggala: Jurnal Riset Pengembangan dan Pelayanan Kesehatan, 2(01).

Situmorang, M., & Wulandari, S. (2021). IMPLEMENTASI DIGITALISASI REKAM MEDIS UNTUK MENDUKUNG REKAM MEDIS ELEKTRONIK. Journal of Sustainable Community Service, 1(4), 220-227.

Permenkes. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan RI.

Wulan, T. D., Bintarti, T. W., Salamy, N. F. W., Susanto, F. A., & Hartika, D. R. (2022). Pendampingan dan Sosialisasi Pemanfaatan Rekam Medis Elektronik Pada Klinik Hewan. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 1, No. 1, pp. 319-326). UNUSA Press.

Yusuff, A. A., & Hidayah, H. W. (2022). Pelatihan Manajemen Rekam Medis & Informasi Kesehatan di Puskesmas Cilimus Kabupaten Kuningan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v5i1.2009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: [email protected]




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter