PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN IBU HAMIL MELALUI PEMANFAATAN BUKU KIA (KESEHATAN IBU DAN ANAK) UNTUK PENCEGAHAN KOMPLIKASI

silvie permata sari, Febby Herayono, Aprima Yona Amir, Fafelia Rozyka Maysetri

Abstract


Pemanfaatan buku KIA diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak serta gizi sehingga salah satu tujuan pembangunan kesehatan nasional yaitu penurunan AKI dan AKB dapat tercapai. Penyebarluasan pemanfaatan Buku KIA dilakukan melalui Puskesmas, Rumah Sakit, kegiatan Posyandu dan lain-lain dengan tujuan agar terjadi peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu buku KIA dapat pula dipakai sebagai alat pemantau kesehatan ibu dan anak, serta pendidikan dan penyuluhan kesehatan bagi masyarakat. Di Indonesia berdasarkan data Riskesdas tahun (2018) tentang kepemilikan buku KIA masih ada 24,9 % ibu hamil yang tidak memiliki buku KIA. Sementara untuk ibu yang memiliki balita masih ada 34,1% yang tidak memiliki buku KIA. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan pemahaman Ibu hamil dalam pemanfaatan buku KIA untuk  pencegahan komplikasi selama kehamilan. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan sosialisasi atau ceramah yang didukung interaksi. Terjadi peningkatan pengetahuan ibu hamil setelah mendapatkan penyuluhan tentang pemanfaatan buku KIA dibandingkan dengan sebelum kegiatan penyuluhan. Diharapkan setiap ibu hamil memanfaatkan media buku KIA sebagai upaya untuk deteksi dini sendiri terhadap setiap komplikasi yang mungkin terjadi selama masa kehamilan.

Kata Kunci: Manfaat buku KIA.


Full Text:

PDF

References


Ade.,K., Ernita.,P.,N.2017. Peran Bidan, Peran Kader, Ketersediaan Fasilitas Dan

Motivasi Ibu Terhadap Pemanfaatan Kelas Ibu Hamil.Jurnal Ilmiah Kesehatan.Vol.16.No.1.

Kemenkes RI, 2011. Profil Data Kesehatan Indonesia Tahun 2011. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes RI, 2015. Petunjuk Teknis Penggunaan Buku KIA. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

Kemenkes RI, 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian kesehatan RI, (2015). Petunjuk Teknis Penggunaan Buku KIA. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.

Mariani. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Terhadap Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak Oleh Ibu Balita Di Desa Latong kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya 2013, Foreign Affairs, 91:5, 1689-1699.

Suprapti, (2021). Program Kemitraan Masyarakat Bagi Kelompok Kader Tangguh Masa New Normal Dalam Pemantauan Ibu Hamil Dengan Pemanfaatan Buku KIA Di Wilayah Puskesmas Mulyorejo Kota Malang 4(1), 77–85.

Takheuci, Sukagami, and Perez, (2016). The Mother and ChildHealth Handbook in Japan as a Health Promotion Tool; An Overview of Its History, Contents, Use, Benefits, and Global Influence. Global Pedriatric Health Volume 3: 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v5i2.2030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: [email protected]




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter