EDUKASI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN KUJAGA DIRIKU TENTANG BAGIAN TUBUH PENTING YANG TIDAK BOLEH DISENTUH OLEH ORANG LAIN DI SDIT CENDEKIA ANDALAS
Abstract
Kekerasan pada anak mulai berkembang beberapa dekade terakhir (WHO, 2017) salah satu
kekerasan pada anak yang sangat umum dan hampir terjadi pada setiap negara adalah bentuk
kekerasan seksual yang dikenal dengan Child Sexual Abused (CSA). Pengenalan bagian tubuh
penting pada anak perlu diberikan sebagai upaya perlindungan anak terhadap kekerasan
seksual (Mathews & Collin-ve, 2017). Mengenal bagian tubuh pribadi anak atau tidak boleh
dilihat maupun disentuh oleh orang lain merupakan salah satu upaya pencegahan kekerasan
seksual (Justicia, 2016). Tujuan kegiatan edukasi kujaga diriku ini diharapkan anak-anak
merespon kekerasan seksual yang akan terjadi pada dirinya, seperti mengenal sentuhan yang
akan dilakukan pada area pribadi tubuh, berani berkata (say skill), kemampuan untuk bertindak
(do skill), mampu untuk bercerita kepada orang tua (tell skill), melaporkan kejadian kekerasan
seksual kepada orang tua (report skill), sikap yang diambil setelah melihat kekerasan seksual.
Metode pengabdian kepada masyarakat dimulai dengan melakukan identifikasi masalah
pelecehan seksual yang terjadi pada anak. Dari hasil pelaksanaan kegitan PKM yang telah
dilaksanakan pada hari rabu 12 Juli 2023 jam 09.00 WIB yang bertempat di SDIT Cendekia
Andalas dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa acara berjalan sesuai dengan rencana dan
berlangsung lancar. Edukasi kesehatan ini diharapkan nantinya untuk bisa menambah dan
meningkatkan pemahaman guru maupun orang tua terkait pentingnya edukasi seksual pada
anak usia dini. Selain itu memberikan informasi dan mengetahui cara mengajarkan edukasi
seksual dengan cara yang tepat melalui video pembelajaran.
Kata Kunci : Edukasi, Vidio Pembelajaran, Pengetahuan
Full Text:
PDFReferences
Adiaha, M. S., Abolarin, E. E.,
Johnson, B. K.,Ndifon, M. A.,
Anabe, M. I., Ocheje, D.U., &
Auwalu, S. (2018). The State of
Adolescent Student Attitude
Towards Sex/Sexuality Education in Today’s Contemporary Society.
(May), 205–216.
Ezekiel, M. J., Mosha, I. H., Kisanga,
F.,Mpembeni, R., Anaeli, A., &
Switbert, R. (2017). Factors
associated with child sexual abuse in
Tanzania : a qualitative study.
Tanzania Journal of Health
Research, 19(2), 1–10.
Fauziah, Safiah, I., & Habibah, S.
(2017). Upaya Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Melalui
Lesson Study di Kelas V SD Negeri
Lampagen Aceh Besar. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 2(1), 30–38.
Ibrahim, N. H. (2017). Risk Factors for
Child Sexual Abuse and Perpetrator
Related Risk Factors at Adama
Hospital Medical College ,.
Advances in Sciences and
Humanities, 3(3), 23–30.
https://doi.org/10.11648/j.ash.2017
12
Justicia. (2016). Program Underwear
Rules Untuk Mencegah Kekerasa
Seksual Pada Anak Usia Dini.
Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(2), 217–232.
Mathews, B., & Collin-ve, D. (2017).
Child Sexual Abuse : Toward a
Conceptual Model and Definition.
TRAUMA, VIOLENCE, ABUSE,
https://doi.org/10.1177/1524838017
26
Nadeak, D. N., Agrina, & Misrawati.
(2014). Efektifitas Promosi
Kesehatan melalui Media
Audiovisual Mengenai HIV/AIDS
terhadap Peningkatan Pengetahuan
Remaja tentang HIV/AIDS.
Universitas Riau.
Neherta, M., Machmud, R., &
Damayanti, R. (2017). The
difference in intervention of sexual
abuse prevention by two variance
professions on primary school
children in Padang. Indian Journal
of Community Health, 29 (01), 118–
Neherta, M., Machmud, R., Damayanti,
R., & Afrizal. (2015). Development
and Testing of Intervention Model
for Child Sexual Abuse Prevention
on Primary School Children in
Padang City , 2014. Indian Journal
of Community Health, 27(04), 472–
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi
Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi
Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.
Of, O. U. T., & Shadows, T. H. E.
(2018). Out of the shadows : shining
light on the response to child sexual
abuse and exploitation.
Rehan, W., Antfolk, J., Johansson, A.,
Jern, P., & Santtila, P. (2017).
Experiences of severe childhood
maltreatment , depression , anxiety
and alcohol abuse among adults in
Finland. PLoS ONE, 12(5), 1–12.
Rudolph, J., Zimmer-gembeck, M. J.,
Shanley,D. C., & Hawkins, R.
(2017). Child Sexual Abuse
Prevention Opportunities : Parenting
, Programs , and the Reduction of
Risk. Child Maltreatment, 20(10),
–11.
https://doi.org/10.1177/1077559517
Scholes, L., Jones, C., Stieler-Hunt, C.,
Rolfe, B., & Pozzebon, K. (2012).
The Teachers’Role in Child Sexual
Abuse Prevention Programs:
Implications for Teacher Education.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v5i2.2142
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang
Contact Person:
Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone : 082384992512
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.