EDUKASI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA SEKOLAH MELALUI VIDEO PEMBELAJARAN KUJAGA DIRIKU TENTANG BAGIAN TUBUH PENTING YANG TIDAK BOLEH DISENTUH OLEH ORANG LAIN DI SDIT CENDEKIA ANDALAS

Dian Rahmi, Rikayoni Rikayoni

Abstract


Kekerasan pada anak mulai berkembang beberapa dekade terakhir (WHO, 2017) salah satu
kekerasan pada anak yang sangat umum dan hampir terjadi pada setiap negara adalah bentuk
kekerasan seksual yang dikenal dengan Child Sexual Abused (CSA). Pengenalan bagian tubuh
penting pada anak perlu diberikan sebagai upaya perlindungan anak terhadap kekerasan
seksual (Mathews & Collin-ve, 2017). Mengenal bagian tubuh pribadi anak atau tidak boleh
dilihat maupun disentuh oleh orang lain merupakan salah satu upaya pencegahan kekerasan
seksual (Justicia, 2016). Tujuan kegiatan edukasi kujaga diriku ini diharapkan anak-anak
merespon kekerasan seksual yang akan terjadi pada dirinya, seperti mengenal sentuhan yang
akan dilakukan pada area pribadi tubuh, berani berkata (say skill), kemampuan untuk bertindak
(do skill), mampu untuk bercerita kepada orang tua (tell skill), melaporkan kejadian kekerasan
seksual kepada orang tua (report skill), sikap yang diambil setelah melihat kekerasan seksual.
Metode pengabdian kepada masyarakat dimulai dengan melakukan identifikasi masalah
pelecehan seksual yang terjadi pada anak. Dari hasil pelaksanaan kegitan PKM yang telah
dilaksanakan pada hari rabu 12 Juli 2023 jam 09.00 WIB yang bertempat di SDIT Cendekia
Andalas dapat ditarik kesimpulan bahwa bahwa acara berjalan sesuai dengan rencana dan
berlangsung lancar. Edukasi kesehatan ini diharapkan nantinya untuk bisa menambah dan
meningkatkan pemahaman guru maupun orang tua terkait pentingnya edukasi seksual pada
anak usia dini. Selain itu memberikan informasi dan mengetahui cara mengajarkan edukasi
seksual dengan cara yang tepat melalui video pembelajaran.
Kata Kunci : Edukasi, Vidio Pembelajaran, Pengetahuan


Full Text:

PDF

References


Adiaha, M. S., Abolarin, E. E.,

Johnson, B. K.,Ndifon, M. A.,

Anabe, M. I., Ocheje, D.U., &

Auwalu, S. (2018). The State of

Adolescent Student Attitude

Towards Sex/Sexuality Education in Today’s Contemporary Society.

(May), 205–216.

Ezekiel, M. J., Mosha, I. H., Kisanga,

F.,Mpembeni, R., Anaeli, A., &

Switbert, R. (2017). Factors

associated with child sexual abuse in

Tanzania : a qualitative study.

Tanzania Journal of Health

Research, 19(2), 1–10.

Fauziah, Safiah, I., & Habibah, S.

(2017). Upaya Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa Melalui

Lesson Study di Kelas V SD Negeri

Lampagen Aceh Besar. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 2(1), 30–38.

Ibrahim, N. H. (2017). Risk Factors for

Child Sexual Abuse and Perpetrator

Related Risk Factors at Adama

Hospital Medical College ,.

Advances in Sciences and

Humanities, 3(3), 23–30.

https://doi.org/10.11648/j.ash.2017

12

Justicia. (2016). Program Underwear

Rules Untuk Mencegah Kekerasa

Seksual Pada Anak Usia Dini.

Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(2), 217–232.

Mathews, B., & Collin-ve, D. (2017).

Child Sexual Abuse : Toward a

Conceptual Model and Definition.

TRAUMA, VIOLENCE, ABUSE,

https://doi.org/10.1177/1524838017

26

Nadeak, D. N., Agrina, & Misrawati.

(2014). Efektifitas Promosi

Kesehatan melalui Media

Audiovisual Mengenai HIV/AIDS

terhadap Peningkatan Pengetahuan

Remaja tentang HIV/AIDS.

Universitas Riau.

Neherta, M., Machmud, R., &

Damayanti, R. (2017). The

difference in intervention of sexual

abuse prevention by two variance

professions on primary school

children in Padang. Indian Journal

of Community Health, 29 (01), 118–

Neherta, M., Machmud, R., Damayanti,

R., & Afrizal. (2015). Development

and Testing of Intervention Model

for Child Sexual Abuse Prevention

on Primary School Children in

Padang City , 2014. Indian Journal

of Community Health, 27(04), 472–

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi

Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi

Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Of, O. U. T., & Shadows, T. H. E.

(2018). Out of the shadows : shining

light on the response to child sexual

abuse and exploitation.

Rehan, W., Antfolk, J., Johansson, A.,

Jern, P., & Santtila, P. (2017).

Experiences of severe childhood

maltreatment , depression , anxiety

and alcohol abuse among adults in

Finland. PLoS ONE, 12(5), 1–12.

Rudolph, J., Zimmer-gembeck, M. J.,

Shanley,D. C., & Hawkins, R.

(2017). Child Sexual Abuse

Prevention Opportunities : Parenting

, Programs , and the Reduction of

Risk. Child Maltreatment, 20(10),

–11.

https://doi.org/10.1177/1077559517

Scholes, L., Jones, C., Stieler-Hunt, C.,

Rolfe, B., & Pozzebon, K. (2012).

The Teachers’Role in Child Sexual

Abuse Prevention Programs:

Implications for Teacher Education.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v5i2.2142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter