IMPLEMENTASI MODEL PENYULUHAN KOMPREHENSIF TENTANG PENYAKIT GAGAL GINJAL KRONIK DI SMK NEGERI 6 PADANG

Nicen Suherlin, Anisa Febristi, Erlinengsih Erlinengsih

Abstract


Penyakit gagal ginjal kronik (PGK) merupakan gangguan progresif fungsi ginjal yang berlangsung lebih dari tiga bulan dan dapat menyebabkan komplikasi serius pada kesehatan. Berdasarkan RISKESDAS 2023, prevalensi PGK di Sumatera Barat mencapai 0,4%, dengan Kota Padang sebesar 0,3%. Pada usia remaja (<30 tahun), prevalensi PGK masih relatif rendah yakni 0,05-0,1%, namun tren peningkatan risiko pada kelompok ini perlu mendapatkan perhatian khusus. PengabdianKesehatan Masyarakat  ini mengimplementasikan model penyuluhan komprehensif menggunakan metode interaktif, media audiovisual, dan diskusi kelompok pada siswa SMK Negeri 6 Padang. Hasil sosialisasi menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa yang signifikan terhadap PGK dan faktor risikonya dengan nilai  rata rata peningkatan dari 54,16 menjadi 87,45. Kesimpulan, kegiatan berjalan sesuai harapan dengan jumlah peserta 31 orang siswa dan 3 orang guru. Penyuluhan ini diawali dengan Pembukaan, Pre Test dan Pemberian materi dari dosen Akper Baiturrahmah dan dilanjutkan dengan Pemutaran video dan dilanjutkan dengan Post Test dan Penutupan. Model penyuluhan komprehensif ini efektif dalam meningkatkan pemahaman dan sikap promotif-preventif pada remaja sehingga perlu diintegrasikan dalam program edukasi kesehatan di sekolah menengah.

Kata kunci: Penyakit gagal ginjal kronik, penyuluhan komprehensif, remaja, edukasi kesehatan


Full Text:

PDF

References


Crisanto, E. Y. (2022). Penyuluhan kesehatan tentang perilaku sehat pasien gagal ginjal kronik. Journal of Public Health Concerns, 8(3), 101–110.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). Pedoman pencegahan penyakit tidak menular. Kemenkes RI.

Musniati, N. (2024). Edukasi gizi dalam pencegahan gagal ginjal akut pada remaja. Media Karya Kesehatan, 10(1), 12–20.

Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI). (2024). Panduan manajemen gagal ginjal kronik. PERNEFRI.

Reaginta, T., Santoso, A., & Dewi, R. (2022). Penyuluhan penyakit gagal ginjal kronik pada kelompok remaja dengan metode ceramah dan poster. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Manajemen Indonesia, 5(2), 45–52.

Sutanto, B., & Hidayah, L. (2024). Efektivitas media edukasi dalam penyuluhan gagal ginjal kronik. Jurnal Media Kesehatan, 7(2), 61–69.

Triyanto, M. (2024). Pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap perubahan perilaku remaja dalam pencegahan penyakit kronik. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(4), 275–283.

World Health Organization. (2023). Global action plan for the prevention and control of noncommunicable diseases 2023–2030. WHO Press.

Handayani, P., & Nugroho, R. (2023). Penggunaan video edukasi sebagai media penyuluhan penyakit ginjal pada remaja. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 5(3), 88–95.

Prasetyo, H., & Wahyuni, S. (2025). Metode pembelajaran interaktif dalam penyuluhan penyakit ginjal kronik pada siswa sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 11(1), 35–43.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v7i2.30687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter