PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU DISABILITAS DALAM RANGKA PENGEMBANGAN METODA PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI PADA KELOMPOK TUNA RUNGU ORGANISASI GERKATIN KOTA BUKITTINGGI

Yossi Fitrina, Nentien Desri, Yellyta Ulsafitri Handayani

Abstract


Penyandang disabilitas adalah orang yang memiliki keterbatasan fisik, mental, intelektual atau sensorik dalam jangka waktu lama yang dalam berinteraksi dengan lingkungan dan sikap masyarakatnya dapat menemui hambatan yang menyulitkan untuk berpartisipasi penuh dan efektif berdasarkan kebersamaan hak (Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2011). Pendidikan bagi kelompok tuna rungu tetap dirancang sedemikian rupa, bermula dari pola yang berpusat kepada guru, dikembangkan menjadi pembelajaran interaktif, serta berkembang menjadi pembelajaran jejaring. Hambatan pada setiap anak tidak boleh dijadikan penyebab gagalnya inovasi pembelajaran. (Kemendikbud RI, 2014). Tahapan PKM diawali dengan studi pendahuluan dalam rangka pengumpulan data, penandatangan MOU dengan Organisasi Gerkatin Bukittinggi sampai dengan kegiatan persamaan persepsi tanggal 8 Juni sd 13 Juli 2020. Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dialksanakan pada tanggal 27 Juli 2020 bertempat di SD Alazhar Bukittinggi. Persiapan kegiatan PKM dalam bentuk pelatihan bagi guru SLB Kota Bukittinggi dilakukan setelah mendapatkan izin kegiatan dari Kesbangpol Bukittinggi, peserta pelatihan yang ikut sebanyak 15 orang. Kegiatan pelatihan diawali dengan registrasi peserta, pembukaan oleh Dinas Sosial Kota Bukittinggi, pelaksanaan pelatihan selama 2 hari (24 sd 25 Juli 2020). Evalausi pelatihan dalam bentuk evaluasi pembelajaran melalui kegiatan micro teaching dan evaluasi lansung dibeberapa SLB yang akan ditetapkan. Kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi Gerkatin Bukittinggi terutama bagi guru pada kelas kelompok disabilitas; tuna rungu.


Full Text:

PDF

References


Irianto Bahtiar Y, 2012. Kebijakan Pembaharuan Pendidikan, Konsep, Teori, dan Model. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2. Lathan Puline, Kewley Geoff,2010. 100 Ide Membimbing Anak ADHD, Erlangga. 3. Prayitno, Manulang Belferik, 2011, Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: PT Grasindo. 4. Thompson Jenny, 2010. Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Erlangga. 5. Google.com/search?q=undangundangdis abilitas.diakses 30 Agustus 2019. 6. Elia Makmur. 2019. Penyandang Disabilitas Harus Mendapat Perhatian Khusus dari Pemerintah.. https://www.dekadepos.com/2019/02/17/ penyandang-disabilitas-harus-mendapat - perhatian-khusus-dari-pemerintah/. 09/03/2019




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v2i2.794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter