PENINGKATAN KUALITAS TIDUR LANSIA IMPROVEMENT OF ELDERLY SLEEP QUALITY

Helena Patricia, Emira Apriyeni

Abstract


Lanjut usia mengalami perubahan–perubahan fisik, psikososial dan spiritual dan salah satunya adalah perubahan pola tidur. Gangguan tidur banyak terjadi pada lansia dan berpengaruh pada kualitas tidur. Kualitas tidur yang buruk akan berdampak pada gangguan memori, depresi, dan penurunan kualitas hidup. Salah satu intervensi yang dapat dilakukan yaitu relaksasi otot progresif. Kegiatan dilaksanakan di Panti Sosial Tresna Werdha Sabai Nan Aluih Sicincin pada bulan Januari 2020. Kegiatan diawali dengan pengukuran kualitas tidur dengan kuesioner Pittsburg Quality of Sleep Index (PSQI), kemudian pemberian penyuluhan kesehatan dengan dua topik yaitu tentang gangguan tidur dan cara meningkatkan kualitas tidur lansia. Pelaksanaan terapi relaksasi otot progresif untuk meningkatkan kualitas tidur lansia dengan cara demontrasi, dan diakhiri dengan posttest yaitu dengan pengukuran kualitas tidur masing masing lansia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin dengan alat ukur kuesioner Pittsburg Quality of Sleep Index (PSQI). Hasil dari kegiatan dari 16 orang lansia yang sebelum dilakukan kegiatan terdapat 6 orang yang mengalami kualitas tidur yang sangat kurang, dan 10 orang lainnya mengalami kualitas tidur yang kurang, menjadi meningkat setelah dilakukan kegiatan menjadi 7 orang dengan kualitas tidur baik dan 9 orang lainnya mengalami kualitas tidur kurang. Dapat disimpulkan adanya peningkatan kualitas tidur lansia setelah diberikan penyuluhan dan terapi relaksasi otot progresif. Di sarankan kegiatan penyuluhan dan pelaksanaan terapi relaksasi otot progresif dapat terus berlanjut sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur lansia yang mengalami gangguan tidur.


Full Text:

PDF

References


Ali, Uzma. 2010. The Effectiveness of Relaxation Therapy in the Reduction of Anxiety Related Symptoms. Pakistan: Institute of Clinical Psychology, University of Karachi, Pakistan. Diakses dari : www.ccsnet.org/ijps (15 Juni 2014)

Apligo. 2011. Sleep Index dan Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Laboratorium Ergonomi dan Perancangan Sistem Kerja. Diakses dari : aplikasiergonomi.wordpress.com (11 Juni 2014)

Asmadi. 2008. Teknik Prosedural Keperawatan Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: Salemba Medika

Bahar, Magfirah. 2013.Relaksasi OtotProgresif. Diakses dari : http://www.artikelkeperawatan.com (10 Desember 2018)

Fitrisyia, Rahmadona. 2012. Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Tidur Pada Lansia di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia dan Anak Balita Wilayah Binjai dan Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara. Diakses dari : http://repository.usu.ac.id (09 Desember 2019)

Hidayat, A. Aziz Alimul. 2012. Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika

Jusmiwati. 2013. Perbedaan Kadar Asam Urat Sebelum dan Sesudah Pemberian Jus Semangka Pada Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Kasih Sayang Ibu Batusangkar tahun 2013. Bukittinggi: STIKes Fort De Kock

Lean, Ws. 2013. Relaksasi Otot Progresif. Diakses dari : http://id.scribd.com (10 Desember 2018)

Lubis, Marliyani. 2011. Pemenuhan Kebutuhan Istirahat Tidur Pada Lansia di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia dan Anak Balita Wilayah Binjai dan Medan. Medan: Universitas Sumatera Utara. Diakses dari : http://repository.usu.ac.id (10 Desember 2018)

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Nugroho, Wahjudi. 2012. Keperawatan Gerontik & Geriatrik. Jakarta: EGC

Padila. 2013. Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Yogyakarta: Nuha Medika

Potter & Perry. 2006. Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC

Silvanasari, Irwina Angelia. 2012. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Tidur yang Buruk Pada Lansia di Desa Wonojati Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Jember: Universitas Jember. Diakses dari :http://repository.unej.ac.id (10 Desember 2018)

Sumiarsih, Titi. 2013. Pengaruh Teknik Relaksasi Progresif Terhadap Perubahan Pemenuhan Kebutuhan Tidur Pada Lansia di Desa Sijambe Kecamatan Wonokerto Kabupaten Pekalongan. Pekalongan: STIKes Muhammadiyah Pekajangan. Diakses dari : http://www.e-skripsi.stikesmuh-pkj.ac.id (10 Desember 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v2i2.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: [email protected]




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter