BRAIN EXCERCISE PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR

Vivi Syofia Sapardi, Fitri Wahyuni, Guslinda Guslinda, Viki Yusri

Abstract


Masa pertumbuhan pertama anak menunjuk masa usia dini, yang populer disebut dengan masa emas (golden age), suatu masa krisis yang memiliki nilai tinggi dan penting. Dikatakan sebagai masa emas karena pada usia tersebut terjadi proses perkembangan organ sentral bagi tingkah laku manusia, yaitu otak. Yaitu, jika anak mendapatkan stimulasi yang tepat dan baik maka sekitar 50 % kapasitas kecerdasan orang dewasa telah terjadi pada anak usia 4 tahun, dan 80 % telah terjadi ketika anak berusia 8 tahun (kelas 2 atau 3 SD), serta 100 % ketika anak berusia 18 tahun (usia SMA). Pada usia di atas 18 tahun kemampuan otak manusia tidak lagi mengalami perkembangan/stagnasi. Keadaan ini menyodorkan suatu hal yang teramat penting kepada kita bahwa perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 4 tahun pertama usia pra sekolah sama besarnya dengan perkembangan yang terjadi dalam kurun waktu 14 tahun berikutnya (usia SD –SMA). Brain Excercise adalah serangkaian latihan gerak yang sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari. Brain Excercise membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar/bekerja berlangsung menggunakan seluruh otak atau whole brain Ayinosa,(2009). Rangkaian gerakan yang dilakukan bisa memudahkan kegiatan dan memperbaiki konsentrasi belajar siswa, menguatkan motivasi belajar, meningkatkan rasa percaya diri, membangun harga diri, rasa kebersamaan, meningkatkan daya ingat dan membuat siswa lebih mampu mengendalikan stress. 


Full Text:

PDF

References


As'adi, M. (2009). Menghidupkan Otak Kanan Anak Anda. Yogyakarta: Power Books.

Dennison, P. (2009). Brain Gym and Me. Jakarta: Grasindo.

Dikir, Y. Badi’ah, A. Budi, LF. (2016). Senam Otak (Brain Gym) Berpengaruh Terhadap Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Kela V Di SD Negeri Pokoh 1 Wedomartani Ngemplak Sleman Yogyakarta. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia.

Wulandari, I. (2014). Penerapan Permainan Senam Otak (Brain Gym) dalam Mengoptimalkan Otak Kanan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang Vol. 2,http://download.portalgaruda.org/article.php?Article=251659&val=6769&title=PENERAPAN%20PERMAINAN%20SENAM%20OTAK%20(BRAIN%20GYM)%20%20DALAM%20MENGOPTIMALKAN%20OTAK%20KANAN%20ANAK%20USIA%20DINI




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v2i2.854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: [email protected]




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter