Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Empat Bagian Tubuh Penting Yang Tidak Boleh Disentuh Di Koto Tangah Kota Padang

Putri Minas Sari, Putri Dafriani, Honesty Diana Morika, Siti Aisyah Nur

Abstract


Empat bagian tubuh penting yang perlu diketahui anak guna menghindari kekerasan seksual, yaitu mulut atau bibir, dada, perut, kemaluan daerah pantat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan anak tentang empat bagian tubuh penting yang tidak boleh disentuh. Desain penelitian  berupa Quasy Experimental Pre-Post Test Wih Control Group, sampel berjumlah 92 orang dengan teknik total sampling. 46 responden kelompok intervensi dan 46 responden kelompok kontrol. Instrument yang digunakan adalah kuesioner KAP Survey. Uji statistik yang digunakan uji T independent dan T dependen. Hasil dan kesimpulan menunjukkan terdapat pengaruh intervensi pendidikan kesehatan dengan media video terhadap pengetahuan anak dengan p value 0.001. Saran agar media ini dapat dijadikan perawat sebagai intervensi pendidikan kesehatan anak dan bekerja sama dengan pihak sekolah secara berkala dan media ini dapat pula dijadikan pihak sekolah sebagai acuan dan inovasi (media pendamping instrumen pembelajaran) sehingga dapat meningkatkan pengetahuan anak tentang empat bagian tubuh penting.

Kata kunci : Pendidikan kesehatan ; video ; pengetahuan


Keywords


Pendidikan kesehatan ; video ; pengetahuan

Full Text:

PDF

References


Adiaha, M. S., Abolarin, E. E., Johnson, B. K., Ndifon, M. A., Anabe, M. I., Ocheje, D. U., & Auwalu, S. (2018). The State of Adolescent Student Attitude Towards Sex/Sexuality Education in Today’s Contemporary Society. 101(May), 205–216.

Ezekiel, M. J., Mosha, I. H., Kisanga, F., Mpembeni, R., Anaeli, A., & Switbert, R. (2017). Factors associated with child sexual abuse in Tanzania : a qualitative study. Tanzania Journal of Health Research, 19(2), 1–10.

Fauziah, Safiah, I., & Habibah, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Study di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–38.

Ibrahim, N. H. (2017). Risk Factors for Child Sexual Abuse and Perpetrator Related Risk Factors at Adama Hospital Medical College ,. Advances in Sciences and Humanities, 3(3), 23–30. https://doi.org/10.11648/j.ash.20170303.12

Justicia. (2016). Program Underwear Rules Untuk Mencegah Kekerasa Seksual Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 217–232.

Mathews, B., & Collin-ve, D. (2017). Child Sexual Abuse : Toward a Conceptual Model and Definition. TRAUMA, VIOLENCE, & ABUSE, 1–18. https://doi.org/10.1177/1524838017738726

Nadeak, D. N., Agrina, & Misrawati. (2014). Efektifitas Promsi Kesehatan melalui Media Audiovisual Mengenai HIV/AIDS terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang HIV/AIDS. Universitas Riau.

Neherta, M., Machmud, R., & Damayanti, R. (2017). The difference in intervention of sexual abuse prevention by two variance professions on primary school children in Padang. Indian Journal of Community Health, 29(01), 118–122.

Neherta, M., Machmud, R., Damayanti, R., & Afrizal. (2015). Development and Testing of Intervention Model for Child Sexual Abuse Prevention on Primary School Children in Padang City , 2014. Indian Journal of Community Health, 27(04), 472–477.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Of, O. U. T., & Shadows, T. H. E. (2018). Out of the shadows : shining light on the response to child sexual abuse and exploitation.

Rehan, W., Antfolk, J., Johansson, A., Jern, P., & Santtila, P. (2017). Experiences of severe childhood maltreatment , depression , anxiety and alcohol abuse among adults in Finland. PLoS ONE, 12(5), 1–12.

Rudolph, J., Zimmer-gembeck, M. J., Shanley, D. C., & Hawkins, R. (2017). Child Sexual Abuse Prevention Opportunities : Parenting , Programs , and the Reduction of Risk. Child Maltreatment, 20(10), 1–11. https://doi.org/10.1177/1077559517729479

Scholes, L., Jones, C., Stieler-Hunt, C., Rolfe, B., & Pozzebon, K. (2012). The Teachers’ Role in Child Sexual Abuse Prevention Programs: Implications for Teacher Education. Australian Journal of Teacher Education, 37(11). https://doi.org/10.14221/ajte.2012v37n11.5

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. CV Alfabeta.

Tunc, G. C., Gorak, G., Ozyazicioglu, N., Ak, B., & Vural, P. (2018). Preventing Child Sexual Abuse : Body Safety Training for Young Children in Turkey Preventing Child Sexual Abuse : Body Safety Training for. Journal of Child Sexual Abuse, 00(00), 1–18. https://doi.org/10.1080/10538712.2018.1477001

Wagenmans, A., Minnen, A. Van, Sleijpen, M., Jongh, A. De, & Minnen, A. Van. (2018). The impact of childhood sexual abuse on the outcome of intensive trauma-focused treatment for PTSD. European Journal of Psychotraumatology, 9(1). https://doi.org/10.1080/20008198.2018.1430962

World Health Organization (WHO). (2017). Child Maltreatment.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v12i1.1065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats