ANALISIS IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BLUD TERHADAP MUTU DAN KINERJA PELAYANAN RUMAH SAKIT
Abstract
Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit pemerintah masih cukup rendah yaitu hampir lebih dari 50% mengeluhkan pelayanan yang didapatnya.Adanya tuntutan akan kualitas pelayanan rumah sakit, pemerintah memberlakukan Kebijakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi kebijakan BLUD terhadap mutu dan kinerja pelayanan rumah sakit. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Tempat dan waktu penelitiandilakukan di RSUD dr Rasidin Kota Padang. Populasi adalah semua pasien di di RSUD Padang, dengan sample sebanyak 60 orang dengan accidental sampling. Informan kunci dipilih secara purposive sampling sebanyak lima orang yang memahami tentang BLUD. Pengumpulan data melalui indept interview, telaah dokumen, dan observation. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dan data kualitatif dianalisis dengan analisis tematik.Hasil penelitian didapatkan bahwa Implementasi kebijakan BLUD dari standar kebijakan telah dijalankan dengan baik, memiliki sumberdaya yang cukup dan memadai. Disposisi para pelaksana positif dalam mendukung kebijakan ini terhadap kegiatan pelayanan. Komunikasi informasi BLUD belum tersebar merata di semua pegawai, hanya berkisar pada pegawai yang langsung menangani Badan Layanan Umum tersebut.Adanya struktur birokrasi yang jelas. Implementasi Kebijakan BLUD telah memberikan peningkatan kinerja pelayanan di RSUD dr Rasidin Padang, namun dari mutu pelayanan masih kurang baik. Implementasi kebijakan BLUD telah berjalan dengan baik dari segi standar kebijakan, disposisi, sumberdaya, komunikasi, struktur birokrasi. Implementasi kebijakan BLUD mempunyai pengaruh terhadap kinerja pelayanan rumah sakit, tetapi kurang memiliki pengaruh terhadap mutu pelayanan.
Kata kunci: Implementasi Kebijakan, BLUD, Rumah Sakit
ABSTRACT
Level of community satisfaction with the services the government hospital is still quite low, almost more than 50% complain about the service their gets.The demands to the quality of services, the government imposed policy about Regional Public Service Agency in the hospital. This study aims to analyze of regional public service agency policy implementation for service and quality performance hospital. This research is a descriptive research with quantitative and qualitative approaches. The place and time of the study in dr Rasidin Padang Hospital. The population are all patients in hospital and sample are 60 people with accidental sampling. The key informants selected by purposive sampling as many as five people. Collecting data through indepth interviews, review of documents, and observation. Quantitative data were analyzed by descriptive and qualitative data were analyzed using thematic analysis. The results indicated that the implementation of public service agency policies at dr Rasidin Hospital standards and policies have been run well, sufficient and adequate resources in terms of personnels, funds, facilities. The disposition of the employee support the implementation of policy for service. The communication of information has not been spead evenly all employees. Clear bureaucratic structure in running the policy. Implementation of Publice Service Agency Policy has been increased service performance, but on the quality of service is still not good. Implementation of public service agency policieshas worked well in terms of the standard policy, disposition, resources, communications, bureaucratic structure. Implementation of public service agency policieshas an influence on the service performance, but less has an influence on the quality service.
Keywords: Implementation Policy, Regional Public Service Agency, Hospital
Full Text:
PDFReferences
Ayuningtyas D. Analisis Politik dan Kebijakan Pembiayaan Rumah Sakit Pemerintah DKI Jakarta. Kesmas Jurnal KEsehatan Masyarakat Nasional. 2010; 5 116-24
Baedhowi. 2007. Revitalisasi Sumber Daya Aparatur Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, Bisnis dan Birokrasi, ISSN 0854-3844 Vol. 15, No. 2.
Dwiyanto, Agus. 2010. Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Duong DV, Binns CW, Lee AH, et-al. 2004. Measuring Client-Perceived Quality Of Maternity Services In Rural Vietnam. International Journal of Quality Health Care.6: 447-57.
Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media. Hal. 196
ICW. 2006. Laporan Tahunan Indonesian Corruption Watch tentang Kinerja Pelayanan Publik. ICW Jakarta
Isbandoro. 2008. Loyalitas Pelanggan: Pengaruh Kualitas Pelayanan danKepuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Umum Syaiful Anwar Malang. Jurnal isjd.pdii.lipi.go.id.
Kotter, John. 2013. Leading Change Why Transformation Efforts Fail. Boston: Harvard Business Review Article.
Kusnadi, Dadang. 2015. The Influence of Policy Implementation From The Change of Institutional Status Toward Quality of Patient Service in Hospital. International Journal Of Scientific & Technology Research Volume 4, Issue 10, October 2015 ISSN 2277-8616
Meidyawati. 2011. Analisis Implemetasi PPK BLUD di RSSN Bukittingi. Tesis. UnandOmbudsman Provinsi Sumbar. 2014. Data Pelayanan Publik di Provinsi Sumbar.
Muninjaya AAG. 2013. Manajemen mutu pelayanan kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC: Jakarta
Rahajaan, Tantri, dkk. 2013. Kajian Implementasi Penerapan Badan Layanan Umum di RSUP dr. Wahidin Sudiruhusodo Makassar. Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. ISSN 02162481. FKM Universitas Hasanuddin.
Riyadi. 2005. Pola Transformasi Rumah Sakit Umum Daerah: Perubahan Bentuk Kelembagaan atau pengelolaan keuangan. Jurnal MARSI, 2005; 5(4)
Rondonuwu, Julastri, dkk 2013. Change Management In Government Agency: Case Study Of The Implementation Of PPK-BLUD Policy In NTB Provincial Mental Hospital. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia Volume 2 Nomor 4.Hal 163-170
Triprasetya AS, dkk. 2014. Analisis Kesiapan Penerapan Kebijakan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas di Kabupaten Kulon Progo. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia. 2014; 3 (3)
Surianto, 2011. Evaluasi Penerapan Kebijakan Badan Layanan Umum Daerah Di RSUD Undata Propinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Kebijakan Kesehatan Volume 2 Nomor 1 Hal 35-41 Maret 2013
Wasim I, Al Habil.2011. The Administrative Ethics Between Professionalism And Individual Conscience. Journal Business and Management Review ISSN: 2047 - 0398Vol. 1(10) : 43 – 45. December. 2011
Widodo. 2011. Analisis kebijakan publik: Konsep Dan Aplikasi Analisis Proses Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/882220172017%25p1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats