HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG RAWAT INAP INTERNE DAN BEDAH RSI IBNU SINA BUKITTINGGI TAHUN 2021

Marlina Andriani, Aida Andriani, Nentien Destri, Felmi Dwi Annur

Abstract


Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan sangat penting dalam memenuhi kepuasan pasien, hal ini menjadi salah satu indikator kualitas pelayanan disebuah rumah sakit. Kualitas pelayanan kesehatan di ruang rawat inap RSI Ibnu Sina Bukittinggi berada pada kategori kurang dikarenakan perawat kurang memberikan perhatiannya kepada pasien, kemudian tingkat kepuasan juga pada kategori kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Paien BPJS Di Ruang Rawat Inap Interne Dan Bedah RSI Ibnu Sina Bukittinggi. Jenis penelitian ini menggunakan desain deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Tempat penelitian dilakukan di ruang rawat inap interne dan bedah RSI Ibnu Sina Bukittinggi tahun 2021. Sampel penelitian ini berupa pasien dewasa yang telah dirawat minimal 3 hari berjumlah 57 pasien. Teknik analisa data menggunakan uji  statistik Chi Square Test. Hasil rata-rata  menunjukkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan baik sebanyak 41,7% pasien dan kategori kurang sebanyak 37,5% dengan tingkat kepuasan sebanyak 44,4% mengatakan puas dan 34,7% mengatakan kuran puas. Dan hasil analisa data yang didapatkan yaitu nilai p-value 0,006 dimana (p<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di Ruang Rawat Inap Interne dan Bedah RSI Ibnu Sina Bukittinggi dengan nilai OR 4,675 Yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien. Disarankan Bagi instansi RSI Ibnu Sina Bukittinggi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dengan melakukan pelatihan atau seminar tentang kualitas pelayanan kesehatan sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap pasien. 

Kata kunci     : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien

 


Full Text:

PDF

References


Andriani, M., & Fitri, R. (2014). Hubungan Kinerja Perawat Dalam Pendokumentasian Askep dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan yang Diberikan di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Solok tahun 2013. ‘AFIYAH, 1(1).

Andriani, M., & Ningsih, M. S. (2014). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah RSI Ibnu Sina Bukittinggi Tahun 2014. ‘AFIYAH, 2014, 1.2

Andriani, A.-. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien di Ruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Jurnal Endurance,2(1),45. https;//doi.org/10.22216/jen .v2i1.461

Anjaryani, W.D. (2009). Kepuasan Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat Di RSUD Tugu Rejo Semarang. (Tesis), 1 (1), 19-21. Diakses tanggal 9 Maret 2015

Alamsyah, D. (2012). Manajemen Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta : Muha Medika

AL-Assaf, (2009). Mutu Pelayanan Kesehatan. Prespektif International. Jakarta : EGC

Arsepta, A A. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Asuransi Komersial Rawat Jalan Di Rumah Sakit Syafira. Pekanbaru : Skripsi Stikes Hangtuah

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. (2013). Frequently Asked Question. Diakses tanggal 23 februari 2015 http://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/

BPJA Di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. Universitas Ahmad Dahlan BPJS Kesehatan (2014). BPJS Kesehatan : Iuran, serta manfaat BPJS

BPJS. (2017). Peraturan BPJS Kesehatan. Accessed Januari 2018 Available at WWW.jamsosindonesia.com/sjsn/bpjs

BPJS Info, (2014). Media Sosialisasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS. http://www.bpjs.info/berita bpjs

Buku Saku FAQ.BPJS Kementrian Kesehatan RI.(2003)

Erlando, M., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Kualitas

Pelayanan terhadap kepuasan pasien, kepercayaan dan loyalitas. Jurnal Administrasi bisnis (JAB), 15(2), 1-9.

Gurusinga, R., Kadafi, & Wulan, S (2017). Hubungan Perilaku Caring

Dengan perawat dengan kepuasan pasien Post Operasi sectio caesaria (SC) Dirumah Sakit granmed Lubuk Pulkam. 1-7

Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas baturetno, 14 (September), 42-48.

Hemadeh R, Hammoud R, Kdouh O, Jaber T, Ammar L. Patient Satisfaction with primary Healthcare Services in Lebanon. Int J Health Plann Manage. 2019 Jan;34(1):13-9

Juwita, G. S Marlinae, L., & Rahman, F . (2017). Hubungan Mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat ianp di rumah sakit umum daerah tamiang layang . 4(2),49-56

Karaca A, Durma Z. Patient Satisfaction with the Quality of nursing Care. Nurs Open J. 2019 Apr;6(2):535-45

Kelmanutu, L., S., Sidin, A. I., & Maidin, A. (2013). Saredimensi mutu pelayanan pada unit rawat inap di rumah sakit umum daerah karel sadsaitubun langgur kabupaten maluku tenggara tahun 2013. 1-6.

Kurniawan, A. (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Tingkat Iv Slamet Riyadi Surakarta. Infokes, 7(1).

Luan, M. G., Prayogi , A. S., Murwani A., Keperawatan, P., Surya, S., Yogyakarta, G., ... Kemenkes, P. (2018). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Tk. III 04.06.03 Dr.Soetarto Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 1(2), 31-36

Muninjaya, A. A. Gde. (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. EGC

Natassa Jihan. Pasien BPJS Kesehatan di Unit Rawat Inap RSUD Tengku Rafi’an Kabupaten Siak. 2019;(Desember 2017)

Nirmayasari Datuan. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peseta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. 2018;3(1):291-300

Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu kepeawatan. Jakarta : Salemba Medika

Sangadji EM, Sopiah. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal

Satrianegara, M fais, & Saleha, S. (2009). Buku ajar organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan serta kebidanan. Salemba.

Sri S. Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Media kesehatan Masyarakat Indonesia. 2015;11(3):174-183.

Supranto, M.A (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan.Jakarta : Rineka Cipta

Https://journal.unhas.ac.id/index.php/mkmi/article/view/531/978

Saputri, C. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien

Peserta BPJS Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam Rsud Dr. H Abdoel Moeloek. JK Unila, 2(1), 31-36.

Syahputra, Agus D. (2015). Hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Inap Kelas II di Rumah sakit Umum daerah Sekayu. Karya, AKPER Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin.

Tazkiyatun az-zahroh. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang dewasa Umum rumah sakit x kabupaten gresik. 12, 99-111

Tjiptono F, Chandra Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi ; 2016

Yulianti, Y. (2012). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan

Pasiendi RSUD Dr. Ahmad Mochtar Bukittinggi. (skripsi), 1(1), 40-43.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v13i1.1326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com


Google Schoolar Crossref logo SintaPortal Garuda 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter