ANALISIS MANAJEMEN INPUT PELAKSANAAN PROSEDUR KLAIM NON KAPITASI PESERTA JKN-KIS

chamy rahmatiqa, Ciciolina Ciciolina, Silvy Zaimi

Abstract


ABSTRAK 

Puskesmas Pasar Kuok adalah salah satu dari 20 Puskemas di wilayah kerja Kantor Kabupaten Pesisir Selatan BPJS Kesehatan. Pada bulan Juni 2020 terjadi penumpukan serah terima klaim non kapitasi, dimana pada bulan tersebut Puskemas mengajukan klaim 4 bulan pelayanan berturut-turut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pelaksanaan prosedur klaim non kapitasi pasien JKN di Puskesmas Pasar Kuok. Jenis penelitian kualitatif, dengan metode wawancara mendalam, observasi dan telaah dokumen. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah purposive sampling. Informan penelitian berjumlah 7 orang. Analisis data dilakukan dengan triangulasi sumber dan t metode. Hasil penelitian tidak ada petugas khusus dalam pelaksanaan prosedur klaim non kapitasi ini. Petugas juga merupakan perawat pelaksana yang berdinas sesuai dengan shiftnya. Sarana dan prasarana masih ada kendala terkait jaringan. Kondisi ini akan mengakibatkan pengajuan klaim ke BPJS Kesehatan juga terlambat, yang mana sesuai regulasinya pengajuan klaim dilakukan secara periodik, sebelum tanggal 10 bulan berikutnya (N-1). Diharapakan Puskemas membuat timeline pengajuan klaim yang jelas, sehingga pengajuan klaim dapat dilakukan tepat waktu sesuai regulasi.

Kata kunci : Analisis; Klaim; BPJS Kesehatan; Non Kapitasi

ABSTRACT 

Pasar Kuok Public Health Center is one of 20 health centers in the working area of the BPJS Kesehatan Pesisir Selatan District Office. In June 2020 there was a buildup of handover of non-capitation claims, where in that month the Public Health Center submitted claims for 4 consecutive months of service. This study aims to determine the analysis of the implementation of the non-capitation claim procedure for JKN patients at Pasar Kuok Health Center. This type of research is qualitative, with in-depth interviews, observation and document review methods. The informant determination technique used is purposive sampling. Research informants totaled 7 people. Data analysis was performed by triangulation of sources and t method. The results of the study there were no special officers in the implementation of this non-capitation claim procedure. The officer is also an implementing nurse who serves according to the shift. Facilities and infrastructure still have problems related to the network. This condition will result in the submission of claims to BPJS Kesehatan also being late, which according to the regulations, the submission of claims is carried out periodically, before the 10th of the following month (N-1). It is hoped that the Public Health Center will make a clear timeline for submitting claims, so that claims can be submitted on time according to regulations.

Keywords : Analysis ; Claim ; BPJS ; Non Capitation


Keywords


ANALISIS ; Klaim ; BPJS Kesehatan ; Non Kapitasi

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, W. (2021). Pembiayaan Pasien COVID-19 dan Dampak Keuangan terhadap Rumah Sakit yang Melayani Pasien COVID-19 di Indonesia Analisis Periode Maret 2020 – Desember 2020. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.7454/eki.v6i1.4881

Ariyanti, F., & Gifari, M. T. (2019). Analisis Persetujuan Klaim BPJS Kesehatan pada Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04). https://doi.org/10.33221/jikm.v8i04.415

Ayu Putri, N. K., Karjono, K., & Uktutias, S. A. (2019). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo Bojonegoro. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 5(2). https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.165

BPJS Kesehatan. (2016). Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesaehatan.

Chamy Rahmatiqa, Elfetriani, I. A. (2020). Analisis Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di Rumah SakitUmum Daerah Sungai Dareh Tahun 2020. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(2).

Damara, D., & Rahmatiqa, C. (2020). ANALISIS BEBAN KERJA TENAGA FILLING REKAM MEDIS (STUDI KASUS KLINIK MEDIKA SAINTIKA). Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(1). https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.519

Dewi, A., Sulrieni, I. N., Rahmatiqa, C., & Yuniko, F. (2021). Literature Review: Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Pengembalian Rekam Medis di Rumah Sakit. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 9(1). https://doi.org/10.47007/inohim.v9i1.234

Irmawati, I., Kristijono, A., Susanto, E., & Belia, Y. (2018). Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-Syarat Pengajuan Klaim Di RSUD R.A Kartini Jepara. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 1(1). https://doi.org/10.31983/jrmik.v1i1.3594

Kapuasiana, K., & Hardjomuljadi, S. (2020). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KLAIM PADA FIDIC DESIGN BUILD 2017. Konstruksia, 11(1). https://doi.org/10.24853/jk.11.1.11-32

Masturoh, I., Khotimah, S., & Nuraini, N. (2020). Analisis Kelengkapan Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap Kasus Thypoid dalam Klaim BPJS dengan Metode Hatta. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.33560/jmiki.v8i1.259

Rahmatiqa, C. (2019). KARAKTERISTIK DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS MAPADEGAT. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 10(2). https://doi.org/10.30633/jkms.v10i2.278

Rahmatiqa, C., Prawitasari, S., & Wilopo, S. A. (2018). Contaceptive use spacing after childbirth with contraception failure: IDHS 2012 analysis. Berita Kedokteran Masyarakat, 32(8). https://doi.org/10.22146/bkm.9356

Rahmatiqa, C., Sulrieni, I. N., & Novita Sary, A. (2020). KELENGKAPAN BERKAS REKAM MEDIS DAN KLAIM BPJS DI RSUD M.ZEIN PAINAN. Jurnal Kesehatan Medika Saintika, 11(1). https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.514

Rolianah, W. S. (2020). ANALISIS TABARRU DAN KLAIM PESERTA PADA ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 2(2). https://doi.org/10.31538/iijse.v2i2.393

Sari, D. S., Girsang, E., & Ramadhani, S. L. (2019). Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS di RSUD KH. Daud Arif Kab. Tanjab Barat Tahun 2018 (Kualitatif). SCIENTIA JOURNAL, 8(1). https://doi.org/10.35141/scj.v8i1.528




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v13i1.1426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats