PENGALAMAN DOSEN DALAM MENGAJARKAN ANATOMI PADA MAHASISWA KESEHATAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19: STUDI FENOMENOLOGI

Siska Mayang Sari, Wahyu Praba Yudha, Susi Erianti, Raja Fitrina Lestari, Dian Roza Adila, Rani Lisa Indra, Rian Ordila

Abstract


 Kondisi pandemi akibat COVID-19 menyebabkan terjadinya perubahan dalam dunia pendidikan. Penerapan protokol kesehatan menuntut diminimalkan bahkan ditiadakannya pembelajaran secara tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali berbagai hal tentang pengalaman dosen dalam mengajarkan anatomi pada mahasiswa selama terjadinya pandemi COVID-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Partisipan berjumlah 4 orang yang merupakan dosen yang mengajar anatomi di Universitas Hang Tuah Pekanbaru dan Universitas Awal Bros Pekanbaru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan analisis data dengan teknik collaizi. Penelitian ini menemukan empat tema yaitu 1) Hambatan dosen dalam memaparkan materi anatomi tubuh manusia, 2) Masalah yang dihadapi dosen dalam mengajarkan anatomi tubuh manusia, 3) Teknik dosen dalam mengajar anatomi seperti media dan metode, dan 4) Penggunaan teknologi untuk mengajar anatomi tubuh manusia. Partisipan berharap adanya aplikasi yang interaktif tentang anatomi tubuh manusia sehingga memudahkan partisipan dalam mengajarkan topik tersebut pada masa pandemi COVID-19, kepada institusi pendidikan diharapkan untuk mengembangkan aplikasi digital guna menunjang proses pembelajaran tentang anatomi tubuh manusia.


Keywords


Anatomi; COVID-19; Dosen; Mengajarkan; Pengalaman

Full Text:

PDF

References


Al-Maroof, R. S., Salloum, S. A., Hassanien, A. E., & Shaalan, K. (2020). Fear from COVID-19 and technology adoption: The impact of Google Meet during coronavirus pandemic. Interactive Learning Environments, 0(0), 1–16. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1830121

Adnan, M. (2020). Artikel Penelitian Pembelajaran online di tengah pandemi COVID-19 : Perspektif siswa. 2, 2–8.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Handayani, R. N. (2017). Program Studi Keperawatan Dan Kebidanan. Viva Medika, 10(18), 33–38.

Miranto, A. N., & Wardani, K. K. (2019). Perancangan aplikasi anatomi dan fisiologi pada sistem kardiovaskular sebagai pendukung pembelajaran mahasiswa kedokteran umum. Surabaya: Jurnal Sains Dan Seni ITS, 8(1). https://doi.org/10.12962/j23373520.v8i1.41509

Misidawati, D. N., Nurdiana, R., Shofwani, S. A., & Hariyadi, A. (2021). Media Video untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Kuliah Managemen Pemasaran di Masa Pandemi Covid-19. 7(2), 382–388. https://doi.org/10.31949/education.v7i2.1018

Munandar, A., Ahmad, Nurul laili, R., Surya Putri, N., Arif, Y., Subagio, S. T., & Et al. (2020). Suka Duka Dosen di Masa Pandemi Covid-19 . Serang Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju.

Mazda, C. N., & Fikria, A. N. (2021). Analisis Efektifitas Google Classroom, Zoom Meeting dan Google Meet sebagai Multimedia Interaktif Pembelajaran Online. Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications (INISTA), 3(2), 1–9. http://journal.ittelkompwt.ac.id/index.php/inista/article/view/242

Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi : Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. Inobis, 3(3), 378–390

Putra, J. A., & Mayangsari, D. (2015). Aplikasi Pembelajaran Anatomi Tubuh Manusia Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Berbasis Multimedia. Jurnal Teknik, 5.

Saputri, E.A., Miftakh, F., & Samsi, Y.S (2021). The impact of the Covid-19 pandemic in teaching and learning activity. English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris, 14(2): 320-335.

Setiawan, D., Yuvenda, D., & Nasir, M. (2022). Pengaruh Metode Diskusi Menggunakan Aplikasi Zoom Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. 6(1), 592–598.

VanPutte, C., Regan, J., Russo, A., Seeley, R., Stephens, T., & Tate, P. (2020). Seeley anatomy & physiology, twelfth edition. United States of America: McGraw-Hill Education

Wanasuria, R., Ismawan, F., Informatika, P. S., Gedong, K., Rebo, P., & Timur, J. (2020). Aplikasi pengenalan anatomi tubuh manusia berbasis android. 01(01), 59–65.

Wijaya, R., Lukman, M., & Yadewani, D. (2020). “Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pemanfaatan E-Learning” DIMENSI, 9(2)




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v13i2.1475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats