HUBUNGAN TINDAKAN DISCHARGE PLANNING BIDAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PADA IBU BERSALIN DI BPM KOTA PADANG
Abstract
Discharge planning merupakan salah satu indikator untuk menentukan keberhasilan pelayanan kesehatan salah satunya saat persalinan.Pada saat ini masih banyak pasien yang kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan. Salah satu faktor pemicu kurangnya kepuasan pasien yaitu karena tindakan discharge planning yang tidak dilakukan oleh bidan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan tindakan discharge planning bidan dengan kepuasan pasien pada ibu bersalin di BPM Kota Padang Tahun 2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik dengan desain penelitian crossectional. Populasi adalah seluruh Ibu Nifas yang ada di BPM Kota Padang sampai bulan Mei - Juni dengan jumlah estimasi sebanyak 161 orang, jumlah sampel dalam penelitian ini 69 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian telah dilakukan pada bulan Juli 2022. Data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan melakukan wawancara kepada responden, analisis data secara univariat dan bivariate menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian didapatkan 16 orang (23,2%) responden yang tidak puas terhadap pelayanan dan 28 orang (40,6%) responden yang mengatakan tindakan discharge planning kurang baik . Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan tindakan discharge planning bidan dengan kepuasan pasien pada ibu bersalin dengan nilai p value=0,012. Kesimpulan terdapat hubungan tindakan discharge planning bidan dengan kepuasan pasien pada ibu bersalin . Disarankan kepada ibu untuk melakukan tindakan discharge planning dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Administrasi, B., & Masyarakat, F. K. (2019). Kepuasan PasienTerhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(1), 48–56.
Amir, A. N., Herayono, F., Arman, E., Anggarini, M. L., & Sari, S. P. (2020). Safer ( MPS ) yang mana pada dasarnya. December 2019, 1–13.
Dewi, A. P., Darwin, E., & Edison, E. (2014). Faktor-faktor yangberhubungan dengan Kepuasan Pasien Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Andalas, 3(2), 114–118. https://doi.org/10.25077/jka.v3i2.43
Diah Triratnasari. (2017). Evaluasi Faktor Penyebab Kepuasan Pada Pasien. Jurnal Berkala Epidemiologi, 5(3), 298–382. https://doi.org/10.20473/jbe.v5i3.2017.
Dini nurbaeti Zen , Tita Rohita, S. sopiah. (2019). Jurnal Keperawatan Galuh Volume : 1 – Nomor : 1 Tahun : 2019. 60–71.
Hijani, R., Nauli, F. A., & Zulfitri, R. (2015). Kepuasan Pasien dalam pelaksanaan Discharge Planning Bidan di RSUP Dr Wahidin sudrohusodo. Universitas Riau, 1(1), 1–9. https://media.neliti.com/media/publications/184880-ID-hubungan-pengetahuan-ibu-tentang-imunisa.pdf
Mulyani, S., Shafira, N. N. A., & Haris, A. (2018). Pengetahuan Ibu Tentang Kepuasan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi. JAMBI MEDICAL JOURNAL “Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan,” 6(1), 45–55. https://doi.org/10.22437/jmj.v6i1.4820
Mulyanti, Y. (2013). Faktor-Faktor Internal yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien dalam pelaksanaan Discharge Planning Bidan di Wilayah Kerja Puskesmas Situ Gintung Ciputat Tahun 2013 (Vol. 1).
Ninggrum, E. P., & Sulastri. (2008). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan pada Ibu Bersalin Di Puskesmas Bayundono kabupaten Boyolali. Berita Ilmu Keperawatan, 1, 7–12.
Prayogo, A., Adelia, A., Cathrine, C., Dewina, A., Pratiwi, B., Ngatio, B., Resta, A., Sekartini, R., & Wawolumaya, C. (2016). Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Anak Usia 1 – 5 tahun. Sari Pediatri, 11(1), 15. https://doi.org/10.14238/sp11.1.2009.15-20 Presentation, O. (n.d.). e-ISSN 2745-7818. 3, 330–338.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien.
Sulistyoningrum, D., & Suharyo. (2017). Evaluasi Faktor Penyebab Kepuasan pada Pasien Rawat Inap Di Kelurahan Randusari Kota Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 17(1), 35–50.
WHO. (2018). Nutrition landscape information system (NLIS) country profile indicators: interpretation guide. Switzerland: WHO Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v13i2.1626
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats