ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BOOKING ANTRIAN PELAYAN PADA KLINIK MEDIKA SAINTIKA BERBASIS WEBSITE

Herman Susilo, Nurul Abdillah, Muhammad Ihksan, Honesty Diana Morika, Ika Yulia Darma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan merancang sebuah sistem informasi booking antrian pelayanan pada Klinik Medika Saintika yang berbasis website. Klinik Medika Saintika merupakan sebuah fasilitas pelayanan kesehatan yang membutuhkan efisiensi dalam manajemen antrian pasien. Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan pasien, penelitian ini mengusulkan pengembangan sistem berbasis web yang memungkinkan pasien untuk melakukan booking antrian secara online. Metodologi yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, pengumpulan data, perancangan sistem, dan implementasi berbasis teknologi web. Dalam analisis kebutuhan, akan diidentifikasi tantangan dan masalah yang dihadapi oleh Klinik Medika Saintika dalam manajemen antrian pasien. Kemudian, perancangan sistem akan melibatkan desain antarmuka pengguna yang intuitif, pengembangan basis data untuk manajemen antrian, serta integrasi dengan sistem pelayanan klinik yang sudah ada. Diharapkan sistem informasi booking antrian ini akan membantu Klinik Medika Saintika dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi waktu tunggu pasien, dan memberikan pengalaman pelayanan yang lebih baik bagi pasien. Selain itu, sistem ini juga akan memungkinkan pemantauan dan analisis data antrian pasien untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam manajemen klinik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi positif dalam pengembangan teknologi informasi di bidang layanan kesehatan, khususnya dalam manajemen antrian pasien. Selain itu, sistem informasi booking antrian berbasis web ini juga dapat dijadikan referensi bagi klinik-klinik lain yang ingin meningkatkan kualitas pelayanan mereka melalui penerapan teknologi informasi.Kata Kunci : Sistem Informasi, Pendaftaran Pasien Online, Peningkatan Pelayanan Kesehatan, Efisiensi Layanan Kesehatan, Teknologi Informasi dalam Kesehatan.

Kata kunci : Analisa, Perancangan, Sistem Informasi, Booking Antrian, Klinik Medika Saintika


Keywords


Analisa, Perancangan, Sistem Informasi, Booking Antrian, Klinik Medika Saintika

Full Text:

PDF

References


Kusuma, A., Pratama, A., & Dewi, D. K. (2020). The Implementation of Web-Based Hospital Information System to Improve Quality of Health Services. Journal of Physics: Conference Series, 1596(1), 012017.

Huang, L. (2018). Impact of Online Appointment Scheduling on Service Quality in Healthcare. Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, Bandung, Indonesia.

Penrose, J., Li, Q., & Zhang, C. (2019). Using Queueing Theory to Improve Health Services: A Literature Review. Operations Research for Health Care, 21, 38-53.

Li, Y., Wang, Z., & Wang, X. (2021). The Role of Information Technology in Health Care: A Review. Health Information Management Journal, 50(1), 17-23.

Putra, D. P., Sucipta, I. G. W. P., Suputri, K. A., Wahyuni, N. K. A. T., Cahyani, P. P., Putra, I. W. A. P., & Mahendra, G. S. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Booking Antrian pada Klinik Berbasis Website. RESI: Jurnal Riset Sistem Informasi, 1(2), 76-87.

Mustopa, M., Amaliyah, A., & Soecipto, S. (2021). PERANCANGAN APLIKASI PELAYANAN BOOKING PENDAFTARAN PASIEN DENGAN METODE ANTRIAN MULTI CHANNEL SINGLE PHASE BERBASIS ANDROID PADA KLINIK AFIATI SOREANG. Telematika, 3(1), 60-72.

Desiana, S. (2021). PERANCANGAN APLIKASI REGISTRASI ONLINE DAN PELAYANAN MEDIS BERBASIS MOBILE DI KLINIK CITRA SEHAT (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Indonesia).

Salwa, A. P. (2022). PENERAPAN SISTEM BOOKING ONLINE PADA PELAYANAN JASA RUMAH SAKIT SEMEN PADANG HOSPITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, Universitas Andalas).

NURYANI, S. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile Booking Online Perawatan Gigi Dengan Metode Prototype Studi Kasus di Klinik Gigi Budiono, drg. Kota Bandung. JURNAL EKONOMI, SOSIAL & HUMANIORA, 2(06), 18-28.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v14i1.2034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: [email protected]


Google Schoolar Crossref logo SintaPortal Garuda 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter