PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP KEJADIAN CYBERBULLYING PADA MAHASISWA BARU DI STIKES ALIFAH PADANG

Edo Gusdiansyah

Abstract


Pesatnya perkembangan media sosial di kalangan mahasiswa membuat kemajuan yang besar dan menjadikannya suatu kebutuhan dalam memberi pemahaman tentang perkembangan dunia seperti: mendapatkan wawasan, hiburan, informasi peristiwa/ kejadian dan informasi kesehatan, kebebasan dalam menggunakan media sosial akan menimbulkan berbagai penyalahgunaan dalam bentuk kenalakan remaja biasa disebut cyberbullying. Untuk Mengetahui pengaruh psikoedukasi terhadap kejadian cyberbullying pada mahasiswa baru di STIKes Alifah Padang. Jenis penelitian yaitu Pre Eksperimen dengan desain One Group pre-post test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa baru program studi keperawatan STIKes Alifah Padang angkatan 2023 berjumlah 254 orang dengan sampel berjumlah 72 orang melalui simple random sampling. Penelitian dilakukan di kampus STIKes Alifah Padang. Instrumen penelitian cyberbullying menggunakan RCBI (Revised Cyber Bullying Inventory) yang disebut dengan KISI (Kuisioner Interaksi Sosial di Internet) Dan psikoedukasi menggunakan modul. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat yang disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi dan analisa bivariat menggunakan uji t-test. Ada pengaruh pengetahuan mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi dengan nilai pre-test mean 37.60 dan post-test mean 44.80 p-value 0.000 (p<0.05). ada pengaruh sikap mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi dengan nilai pre-test mean 34.30 dan post-test mean 40.00 p-value 0.003 (p<0.05). ada pengaruh tindakan mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi dengan nilai pre-test mean 32.80 dan post-test mean 39.00 p-value 0.001 (p<0.05). Terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan tindakan mahasiswa tentang cyberbullying sebelum dan sesudah diberikan psikoedukasi, pemberian psikoedukasi sama-sama berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan Tindakan mahasiswa. Diharapkan kepada mahasiswa agar lebih bijak lagi menggunakan media sosial dan lebih aktif untuk menambah pengetahuan, sikap dan tindakan tentang cyberbullying yang dapat meningkatkan perilaku baik.


Keywords


Cyberbullying; Psikoedukasi; Pengetahuan; Sikap; Tindakan

Full Text:

PDF

References


UNICEF Annual Report 2019. 2020, (2022). https://www.unicef.org/media/74016/file/UNICEF-annual-report-2022.pdf

Agustina, F. (2019). Analisis Perilaku Cyberbullying di Media Sosial dan Upaya Penanggulangannya (pp. 3–11).

APJII. (2018). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Indonesia. https://apjii.or.id/survei

Aryati, Y. D. (2018). Gambaran Cyberbullying pada Siswa SMA Negeri 3 Jember.

Garimella, K., Morales, G. D. F., Gionis, A., & M. (2018). Quantifying Controversy on Social Media. ACM Transactions on Social Computing. 1(1), 1–27.

Gusdiansyah, E. (2023). Penatalaksanaan Masalah Psikososial Ansietas pada Remaja dengan Kejadian Cyberbullying di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Management of Psychosocial Anxiety Problems in Adolescents with Cyberbullying Incidents in the Working Area of the Andalas Public Hea. JPIK (Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan), 2(2), 109–113.

Jalal, N. M., Piara, M., Azzahra, R. Q., Saudi, R., Yuanuary, N., Wahyuni, R., & Damayanti, S. D. (n. d. . (2020). Sosial Media Terhadap Pengetahuan Tentang Cyber Bullying Pada Remaja. 3(3), 297–305.

Kumala, A. P. B., & Sukmawati, A. (2020). DAMPAK CYBERBULLYING PADA REMAJA. Alauddin Scientific Journal of Nursing, 1(1), 55–65. https://doi.org/10.24252/asjn.v1i1.17648

Larasati, H. (2022). Kegiatan Psikoedukasi dan Pelatihan untuk Mengoptimalkan Karakter Tanggung Jawab Akademik pada Siswa. Pengabdian Masyarakat, 3(3), 298–307.

Natalia, E. C. (2022). Remaja, Media Sosial dan Cyberbullying. Jurnal Ilmiah Komunikasi (KOMUNIKATIF), 5(2), 119–139.

Oktariani. (2022). Pemberian Psikoedukasi Dampak Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental Pada Siswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(1).

Pomalela. (2023). Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Perilaku Cyberbullying Pada Siswa Kelas 7 Di Smp Negeri 27 Surabaya. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 18(02), 31–41. http://journal.stikeshangtuah-sby.ac.id/index.php/JIKSHT

Riskesdas. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Kesehatan RI. Kementrian Kesehatan RI.

Sari, Dian, & Gusdiansyah, Edo. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Bullying Di Sma Bunda Padang Tahun 2017. Jik : Jurnal Ilmu Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.33757/jik.v3i1.162

Sartana, Afriyeni, N. (2022). Perilaku perundungan maya (cyberbullying) pada remaja awal. Jurnal Psikologi Insight Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 25–41.

Subagja, I., & Pradana, A. (2023). KPAI: Pelajar rentan menjadi pelaku dan korban cyberbully. Kumparan NEWS.

Welly & Gusni, R. (2022). Buku Ajar Kesehatan Jiwa dengan Masalah Psikososial Pada Anak. Ahli Media Press.

World Health Organization (WHO). (2021). World Health Statistic.

Wulan, D. K., Gazadinda, R., Muzdalifah, F., Psikologi, P. S., Psikologi, F. P., Jakarta, U. N., Setiabudi, K., & Selatan, J. (2022). Yuk , Kenalan Dengan “ Cyberbullying ”: Membangun Kesadaran Remaja Terhadap Cyberbullying Melalui Psikoedukasi.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v15i2.2788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats