ANALISIS BERKAS PENDING KLAIM BPJS KESEHATAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI RS X BATAM
Abstract
Pelayanan di rumah sakit yang mendukung program pemerintah dalam bidang kesehatan yaitu, program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Ketepatan pengiriman berkas rekam medis merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan ketepatan pengklaiman BPJS di unit rekam medis, namun karna masih banyaknya berkas rekam medis yang masih kosong dan ditemukan berkas persyaratan tidak lengkap pada pelayanan rawat jalan maka berkas rekam medis dapat beresiko lamanya pengklaiman asuransi, sehingga dapat merugikan rumah sakit karena memperlambat proses pembayaran klaim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran berkas klaim tertunda pasien rawat jalan BPJS Kesehatan di RS X. Metode penelitian kualitatif deskriptif menggunakan data primer adalah data dari hasil wawancara dan data sekunder dari telaah dokumen data klaim tertunda pasien BPJS Kesehatan. Dari hasil penelitian didapatkan total pengajuan pada bulan januari, februari, maret 2024 adalah 41.921 berkas BPJS Kesehatan, terdapat 41.776 dengan status layak klaim, 146 pending klaim, dan 0 dispute klaim. Kesimpulan : penyebab terjadinya pending klaim di RS X diantaranya masih adanya berkas yang diajukan belum memenuhi persyaratan klaim BPJS Kesehatan, yaitu berkas tidak lengkap, kesalahan dalam memasukkan kode diagnosis atau prosedur, serta kasus-kasus dalam menangani pasien BPJS Kesehatan masih kurang jelas.
Full Text:
PDFReferences
Agiwahyuanto, F., Anjani., Stacey, C.S. (2021). Tinjauan Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Kesehatan Instalasi Rawat Jalan Kasus Fisioterapi. (Hal 7)
Amalia, Rizky. 2020. “Analisis Penerapan Indonesia Case Based Groups (Ina-Cbg’s) Dalam Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Kabupaten Pelalawan.” Pekbis Jurnal 12(2):106–16.
Far, Inggrid Osya Far, Tri Budi W. Rahardjo, and Fresley Hutapea. 2022. “Analisis Jabatan Tim Casemix Dalam Upaya Peningkatan Klaim BPJS Di Rumah Sakit Karya Medika II Tambun Bekasi Tahun 2019.” Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI) 6(2):1–23.
Iryadi. 2020. Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Pelayanan Kesehatan. Jurnal Cahaya Mandalika. Vol 1, 28 -41
ULFA, Henny Maria; OCTARIA, Haryani; SARI, Tri Purnama. Analisis Ketepatan Kode Diagnosa Penyakit Antara Rumah Sakit Dan BPJS Menggunakan ICD-10 Untuk Penagihan Klaim di Rumah Sakit Kelas C Sekota Pekanbaru Tahun 2016. Indonesian of Health Information Management Journal (INOHIM), 2017, 5.2: 119-124.
Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman INA-CBG’s dalam Pelaksanaan Jaminan KesehatanJakarta; 2021. (Hal 10)
Muninjaya, AA Gde. "Manajemen mutu pelayanan kesehatan." Jakarta: Egc 19 (2011).
Winarti, Supriyanto S. "Analisis kelengkapan pengisian dan pengembalian rekam medis rawat inap rumah sakit." Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 1.4 (2013): 345-351.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v15i2.2864
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats