PENGARUH KEPUASAN PASIEN MENGENAI METODE SERAH TERIMA PASIEN DENGAN BEDSIDE HANDOVER

siti aisyah nur, Hafni Bachtiar, Leni Merdawati

Abstract


Studi ini bertujuan untuk melacak kepuasan pasien terkait dengan metode serah terima pasien dengan  cara  membandingkan  dua  metode  yaitu  metode  serah  terima  pasien  dengan

tradisional dan bedside handover.Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional comparative study. Dilaksanakan di ruang rawat inap RSI Ibnu Sina Padang yaitu di ruangan Shafa dan Marwa, sedangkan untuk RSI Bukittinggi di ruang rawat inap Penyakit Dalam dan

Bedah.  Dengan  menggunakan  teknik  pengambilan  sampel  consecutive  sampling.  dalam

pengumpulan  data  menggunakan  angket,   kuesioner  dan  wawancara  mendalam.   hasil penelitian menunjukan bahwa Kepuasan pasien mengenai serah terima pasien dengan tradisional mampu memenuhi harapan pasien sebesar 70,17% lebih rendah dibandingkan kepuasan pasien mengenai serah terima pasien dengan bedside handover yang mampu memenuhi harapan pasien sebesar 88,24%.


Full Text:

PDF

References


Aditama, T.Y. (2010). Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Edisi II. Jakarta: Universitas

Indonesia.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta.

Barata. A. (2001). Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta. PT Gramedia Pustaka.

Chaboyer, W., McMurray, A., Wallis M. & Chang, H.Y. (2008). Standar Operating Protocol for Implementing Bedside Handover in Nursing. Griffith University. Australia.

Chaboyer, W., McMurray, A., Wallis M. & Chu, S. (2008). Bedside Handover ; One Quality

Improvement Strategy to “Transform care at The Bedside”. Griffith University. Australia.

Chaboyer, W., Jhonson, J., McMurray, A., Wallis M. (2008). Implementing Nursing Bedside

Handover. Funded by The Australian Comission for Safety and Quality in Health Care.

Chaboyer, W. (2011). Clinical Handover. NHMRC Center of Research Excellent in Nursing

Care for Hospitalised Patient. 17 Maret 2011. Griffith University. Australia.

Clemens, T. (2008). Bedside Handover-Implementing and Evaluation Change. The Children’s

Hospital Melbourne.

Cohen, M.D., & Hilligoss, P. Brian (2009). Handoffs In Hospital: A Review of The Literature on Information Exchange While Transfering Patient Responsibility or Control. School of Information University of Michigan 1085 South University Ave. Diunduh tanggal 18

Juni 2016 dari http://web.ebscohost.com/ehost/resultsadvanced

College of Registered Nurses of British Columbia. (2007). Nursing Documentation.

Vancouver: CRNBC. Diunduh 20 Juni 2016 dari

http://web.ebscohost.com/ehost/resultsadvanced.

Effendi, M. (2013). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat

Inap Penyakit Dalam RS Adam Malik.Medan:FKM USU.

Friesen, M.A., White, S.V., & Byers, J.F. (2009). Handoff: Implication for Nurses. America: Floridanurse.org. Diunduh pada tanggal 30 Mei 2016 dari http://ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK2649.

Gaspersz V. (2003). Implementing an ISO 9001:2000 And Continual QualityImprovement.

Jakarta : Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Hastono, S.P. (2007). Analisis Data Kesehatan. Jakarta : FKM UI.

Herianto, J. (2005). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan. Edisi Revisi. Cetakan Ketiga.

Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Hemant K.K., and Zaheda B.J. (2005). Managing Change in The Nursing Handover From

Traditional to Bedside Handover – A Case Study From Mauritius. Diunduh tanggal

Juli 2016 dari http://http://bmcnurs.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472-

-4-1

Idris, A. (2012). Psikologi Kepribadian. Bandung : Pustaka Setia.

Lemeshow, S. (1997). Besar Sampel dalam Penelitian Kesehatan. Gajah Mada University

Press.

Lusa, J.S. (2007). Hubungan Quality Assurance dengan Kepuasan Pasien Rumah Sakit diakses

dalam http://www.jsofian.com tanggal 3 Juni 2016.

Maxson, PM., Derby KM., Wrobleski DM., Foss DM., (2012). Bedside Nurse-to-Nurse Handoff Promotes Patient Safety. Diunduh tanggal 17 Juli 2016 dari http://ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/22866433

Nursalam. (2002). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan

Profesional. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Medika.

.(2011). Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan

Profesional. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Medika.

Pasuraman, A. (2001). The Behavioral Consequences of Service Quality. Journal of

Marketing. Vol 60.

Rangkuti, F. (2003). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sari, I. D. (2008). Manajemen Pemasaran Usaha kesehatan, Yogyakarta: Mitra Cendikia

Press.

Satrianegara MF, S. S. (2009). Buku ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan serta Kebidanan.Jakarta : Salemba Medika.

Setianingsih, R. (2013). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat

Inap Kebidanan RS. Adam Malik Medan.Medan:FKM USU. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta. Sumarwan, U. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Suryawati,C dkk. (2006). Penyusunan. Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di

Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan Volume 9 No. 4

Fakultas Kesehatan Masyarakat UNDIP. Semarang.

Utama. A. (2003). Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan Rumah Sakit Umum Cakra Husada Klaten. Vol. 1, No.2.Desember. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Agung%20Utama,%20SE.,%20M. Si./Kualitas%20Pelayanan%20RS%20Cakra%2 0Husada.pdf

Utarani, A. (2011). Pengembangan Sistem Regulasi Mutu Pelayanan dan Keselamatan Pasien

Kunci Pelayanan Kesehatan yang Optimal dan Responsif. Diunduh tanggal 1 Juni

dari http://ugm.ac.id/index.php?artikel.

Wallis, S. (2010). Nursing Handover Research Project: How is Nursing Handover Talkes

About in The Literature. Waikato Institute of Technology. Diunduh tanggal 1 Juni

dari http://web.ebscohost.com/ehost/resultsadvanced

Yustina. (2011). Mutu Pelayanan Keperawatan di RS Harapan Kita.Jakarta: FKM Universitas

Indonesia

Zeithaml, V and Bitner, M.J. (1996). Service Marketing. Singapo




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v10i2.398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats