HUBUNGAN SIKAP DAN MOTIVASI DENGAN PERILAKU KUNJUNGAN PASIEN DI RSGM BAITURRAHMAH KOTA PADANG

fajrilhuda yuniko

Abstract


Data kunjungan pasien di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Baiturrahmah dalam satu tahun terakhir mengalami fluktuasi jumlah kunjungan pasien. Jumlah kunjungan terbanyak terjadi pada bulan bulan april yaitu 2635 pasien sedangkan yang paling rendah terjadi pada bulan bulan juli yaitu sebanyak 725 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap dan motivasi pasien dengan perilaku kunjungan pasien di RSGM Baiturrahmah Kota Padang.  Desain penelitian adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Penarikan sampel secara accidental sampling, dengan total sampel sebanyak 92 orang pasien yang berkunjung di RSGM Baiturrahmah. Pengambilan data dengan wawancara yang diolah dengan uji statistik menggunakan Chi Square. Hasil penelitian pada 92 orang diperoleh analisis data sebagai berikut; (1) sikap kunjungan yang negatif sebanyak 33 responden (35,9%), motivasi kunjungan yang rendah sebanyak 46 responden (50%), perilaku kunjungan yang kurang baik sebanyak 15 responden (16,3%), hubungan sikap kunjungan dengan perilaku kunjungan di dapat nilai p value = 0,00, dan analisis data antara motivasi kunjungan dengan perilaku kunjungan didapat nilai p value = 0,022 dengan tingkat kepercayaan α<0,05. Kesimpulan penelitian ini adanya hubungan antara faktor sikap kunjungan dan motivasi kunjungan terhadap perilaku kunjungan pasien di RSGM Baiturrahmah Kota Padang. 

 

Kata Kunci : Sikap; Motivasi; Perilaku; Kunjungan


Full Text:

PDF

References


Agustina, Tri, 2009, Gambaran Sikap Pasien Diabetes Melitus di Poli Penyakit Dalam RSUD Dr. Moewardi Surakarta Terhadap Kunjungan Ulang Konsultasi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Indah, Ignatiyas Prisma, 2012, Hubungan Motivasi Ibu Balita Dengan Frekuensi Kunjungan Posyandu di Kelurahan Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan. Fakultas Keperawatan dan Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Semarang

Lendrawati, 2013, Motivasi Masyarakat dalam Memelihara dan Mempertahankan Gigi, Andalas Dental Jurnal.

Mujahidah, 2013. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Konsumen dalam Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Marusu Kab. Maros Tahun 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Hasanuddin. Makassar.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010, Promosi kesehatan Teori dan Aplikasi, Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2014, Ilmu Perilaku Kesehatan, Jakarta : Rineka Cipta

Nirmalawati, Lusi, 2012, Hubungan Motivasi Pasien Datang ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Jember Terhadap Tingkat Kooperatif Pasien, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Jember.

Permenkes No 1173, 2004, Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Jakarta: Depkes RI.

Profil Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Baiturrahmah, 2014, Padang

Riset Kesehatan Dasar, 2013, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Jakarta: Kementrian Kesehatan RI, http: www.depkes.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i2.492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats