Hubungan Perilaku Kelengkapan Rekam Medis dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Arosuka Kabupaten Solok Tahun 2018

Alfita Dewi, Ropendi Pardede

Abstract


Perilaku kelengkapan rekam medis merupakan bagian terpenting dalam praktek keperawatan yang menyangkut hubungan perawat dengan klien dalam memberikan dukungan psikologis dan emosional kepada klien dan keluarga baik secara verbal dan nonverbal dalam proses pelayanan keperawatan sehingga dapat meningkatkan rasa aman dan keselamatan klien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pelaksanaan perilaku kelengkapan rekam medis dengan tingkat kepuasan pasien diruang rawat inap RSUD Arosuka Kabupaten Solok tahun 2018. Jenis penelitian adalah analitik dengan Cross Sectional Study. Penelitian telah dilakukan di ruang rawat inap RSUD Arosuka pada tanggal 19 Juli – 10 Agustus tahun 2018. Populasi penelitian adalah pasien yang di rawat di ruang rawat inap RSUD Arosuka dapatkan bulan Maret sebanyak 234 orang pasien. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling, yaitu 70 responden. Analisa data univariat dan analisa bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh (52.9%) responden menyatakan perilaku kelengkapan rekam medis perawat kurang baik, lebih dari separuh (57.1%) responden menyatakan tidak puas. Uji bivariat menunjukkan ada hubungan perilaku kelengkapan rekam medis perawat dengan tingkat kepuasan pasien, dengan p = 0.000 dan OR = 261. Penelitian dapat disimpulkan agar pasien puas, maka perawat harus memberikan perilaku kelengkapan rekam medis yang baik karena perilaku kelengkapan rekam medis yang kurang baik berisiko 261 kali untuk terjadinya ketidakpuasan pasien. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi perawat untuk meningkatkan pelaksanaan perilaku kelengkapan rekam medis perawat dalam melaksanakan proses pelayanan asuhan keperawatan.

Keywords


Kepuasan; Pasien; Kelengkapan rekam medis

Full Text:

PDF

References


Bustami (2011). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitas. Jakarta, Erlangga.

Darmawan (2016). Pengaruh Caring Terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Babakan Lampung Selatan. Lampung.

M, F. (2016). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Rasidin Padang. Padang.

Mailina (2007). Gambaran Perilaku Caring Perawat Dalam Pemberian Asuhan Keperawatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit DR.M.Djamil Padang. Padang.

Muninjaya (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta, EGC.

Perry, P. (2010). Fundamental kperatan. Jakarta, Salemba Medika. Pohan (2011). Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta, Sunda Kelapa.

Sabarguna (2010). Mutu dan Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta, Sunda Kelapa. W, J. (2010). Manajemen Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta, Salemba Medika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i1.509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats