PENERAPAN MODEL CARING PERAWAT DALAM PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG KELAS 3 RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

Yeni Yarnita, Pratiwi Gasril

Abstract


Caring merupakan sikap dan perilaku professional yang harus dimiliki oleh perawat sikap dan perilaku tersebut akan diaplikasikan dalam asuhan keperawatan. Perawat yang memiliki nilai caring tinggi akan dapat menghasilkan layanan keperawatan yang berkualitas tinggi yang berdampak pada tingkat kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat adanya hubungan antara penerapan model caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Populasi adalah seluruh pasien di ruang rawat kelas III RSUD Arifin Achmad dengan jumlah sampel 68 pasien. Teknik pengambilan pengambilan sampel cross sectional non probability sampling. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan kuesioner dengan analisis data menggunakan distribusi frekuensi, chi squre. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang signifikan dari penerapan model caring dengan tingkat kepuasan pasien P value 0.000. Disarankan kepada pihak rumah sakit untuk dapat menigkatkan penerapan model caring dalam pelayanan keperawatan.


Keywords


model caring;perawat; kepuasan

Full Text:

PDF

References


Abdilah, A.D., Ramdan, M. (2014). Hubungan karakteristik pasien dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sindangkerta Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Kesehatan Kartika Stikes A. Yani 56, 56–66.

Abdul., Saleh, A., & Sjattar, E. L. (2014). Hubungan perilaku caring perawat dengan tingkat kepuasan pasien Rawat Inap Rumah Sakit. 65.

Alan, P., Barbara, V., & Mary, F. (2000). nursing models for practice (2nd ed.). The Bath Press, Bath.

Appelgren, M., Bahtsevani, C., Persson, K., & Borglin, G. (2018). Nurses ’ experiences of caring for patients with intellectual developmental disorders : a systematic review using a meta-ethnographic approach. BMC Nursing, 17(51), 1–19. file:///C:/Users/asus/Downloads/s12912-018-0316-9.pdf

Ayuso, R. M. F., Velázquez, J. M. M., Ayuso, D. F., & Torre-Montero, J. C. de la. (2017). Validation to Spanish of the Caring Assessment Tool (CAT-V). Revista Latino-Americana de Enfermagem, 25, e2965. https://doi.org/10.1590/1518-8345.0920.2965

Christine, L. L., R, F. R., & Sondakh, R. C. (2013). Hubungan Antara Pengetahuan dan Tingkat Pendidikan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Wawonasa Kecamatan Singkil Manado Tahun 2013. Journal Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado, 1–6.

Felsmann, M., Andruszkiewicz, A., & Kosobucka, A. (2015). The adaptation of the Caring Nurse-Patient Interaction scale (CNPI-70) to polish conditions on the basis of nursing students self-assessment of their caring competencies. Medical and Biological Sciences, 29(2), 47. https://doi.org/10.12775/mbs.2015.018

Findik, U. Y., Unsar, S., & Sut, N. (2010). Patient satisfaction with nursing care and its relationship with patient characteristics. Nursing and Health Sciences, 12(2), 162–169. https://doi.org/10.1111/j.1442-2018.2009.00511.x

Fortuno, A. F., Oco, D. B., & Clores, M. A. (2017). Influential Components of Caring Nurse-Patient Interaction ( CNPI ) in a Tertiary Hospital in the Philippines : Towards Improving Health Outcomes of Patients. International Journal of Nursing Science, 7(4), 84–90. https://doi.org/10.5923/j.nursing.20170704.02

Honesty, diana morika. (2017). Sikap, Hubungan Perawat, Caring Tingkat, Dengan Klien, Kepuasan Ruang, D I Inap, Rawat Basung, Rsud Lubuk Basung. Jurnal Medika Saintika, 8(2), 25–32.

Juwariyah, T., Joyo, N. B. W., & Santosa, W. R. B. (2014). Relationship Between Caring Behavior of Nurse with Patient Satisfaction in VCT Clinic Gambiran Hospital with Watson Theory Approach. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 1(3), 177–183. https://doi.org/10.26699/jnk.v1i3.art.p177-183

Kusmiran, E. (2019). Soft skills caring dalam pelayanan keperawatan (2nd ed.).

Like, J. M., Grace D, K., & Diana V, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien di Poliklinik Penyakit Dalam RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou Manado Clinic of Internal Medicine Department of RSUP Prof . Dr . R . D . Kandou. Jurnal Unsrat, 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jikmu/article/view/7460

Mailan, F., & Fitri, N. (2017). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan pasien BPJS di RSUD Dr. Rasidin Padang. Journal Endurance, 2(June), 203–208. file:///D:/New folder (3)/Fitri mailani.pdf

Merryani, E. O., Sefti, R., & Linnie, P. (2014). Faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien rawat INAP terhadap pelayanan keperawatan di ruang interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan, 2(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/5220

Mohamad, rini W., PK, R. F., & Tristiana, R. (2016). Relationship Between Nurse Caring Behavior With Patient Satisfaction in Isolation Room of. ResearcGate, 2, 182.

Notoatmodjo, S. (2010). metodologi penelitian kesehatan (1st ed.). Rineka Cipta.

Paul, M., & Philip, B. (2008). Caring & Comunicating Hubungan Interpersonal dalam Keperawatan (Y. Devi (ed.); 2nd ed.). EGC.

Potter, & Perry. (2009). Pundamental keperawatan Buku (7th ed.).

Putri, W. (2015). pendidikan-converted.pdf. Electronic Theses and Dissertations (ETD). https://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=12053

Rafli, F., et al. (2017). Nurse Caring in Iran and Its Relationship with Patient Satisfaction. Nurse Caring in Iran and Its Relationship with Patient Satisfaction. Australian Journal of Advanced Nursing, 26(June), 2. https://www.researchgate.net/publication/287857029_Nurse_caring_in_Iran_and_its_relationship_with_patient_satisfaction

Valentina, W. S., NLP, D. S., & Idah, A. W. (2017). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas II Terhadap Pelayanan Keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali, 1(1), 37–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v11i2.654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats