HUBUNGAN SIKAP CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANG RAWAT INAP INTERNE RSUD LUBUK BASUNG
Abstract
Kinerja perawat khususnya pada perilaku caring menjadi sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Caring merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional dan sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan klien. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekaan cross sectional Penelitian ini telah dilaksanakan di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Lubuk Basung, yang telah dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Populasi adalah seluruh pasien yang dirawat diruangan interne RSUD Lubuk Basung, dengan pengambilan sampel secara accidental sampling, berjumlah 44 orang. Pengolahan dan analisa data dilakukan secara komputerisasi. Hasil analisa univariat diketahui 56,8 % responden menyatakan sikap caring perawat pada kategori positif dan 52,3 % menyatakan puas dengan pelayanan keperawatan. Hasil analisa bivariat ada hubungan sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan klien di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Lubuk Basung tahun 2017 (p = 0,037). Disimpulkan bahwa sikap caring perawat yang negatif berdampak pada kurangnya kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan. Diharapkan pada pihak RSUD Lubuk Basung agar dapat melakukan survei kepuasan pasien setiap 1 tahun sekali, serta memberikan pelatihan caring terhadap semua perawat.
Kata Kunci : sikap caring, kepuasan pasien
Full Text:
PDFReferences
Budiono dan Pertami, SB. 2015. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. Bumi
Medika
Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya.
Jakarta. Erlanga
Daaliwu, H. 2014. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan pasien di Ruangan Interna RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Tidak Dipublikasikan. Jurusan Ilmu Keperawatan FIKK-UNG
Damayanti. 2008. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Refika
Aditama, Bandung
Dwidiyanti, M. 2007. Caring Kunci Sukses Perawat Mengamalkan Ilmu.
Semarang. Hasani
Hutapea. 2014. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien yang Dirawat di Ruangan Kelas III Rumah Sakit Immanuel Bandung. Jurnal Ilmu Kesehatan. Volume 8, Nomor 2, Desember 2014
Kozier, Erb, Blais, and Wilkinson. 1995. Fundamental of Nursing Concept Proses and Practise. California. Addison-WesleyPublishing Company. Inc
Listianingsih, L. 2013. Hubungan Perilaku Caring perawat dengan Kepuasan Pasien False Emergency di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan.
Maulana, Heru. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta. EGC
Marry. 2006. Buku Saku Konseling dalam Keperawatan. EGC, Jakarta
Muhlisin A, Ichsan B., 2008. Aplikasi Model Konseptual Jeans Watson Dalam
Asuhan Keperawatan. Berita Ilmu Keperawatan. Vol 1, No. 3.
Muninjaya , G. 2012. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. EGC
Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta
. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta
Nursalam. 2007. Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktek
Keperawatan Profesional. Jakatra. Salemba Medika
Pohan, S.I. 2007. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. Kesaint Blanc
Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses & Praktek. Edisi 4. Vol 1. Jakarta : EGC
Potter dan Perry. 2009. Fundamental Keperawtan Buku 1 Edisi 7. Jakarta.
Salemba Medika
Sartika & Nanda. 2011. Caring Dalam Keperawatan. Jakarta. Rineka Cipta
Sastroasmoro, Sudigdo. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta.
Simatupang, E.J. 2008. Manajemen Pelayanan Kebidanan. Jakarta. EGC Tanjung,N. 2011. Harapan Pasien Dalam Kepuasan Perilaku Caring Perawat di RSUD Deli Serdang. jurnal.usu.ac.id › Home › Vol 1, No 2 (2012)
Wawan & Dewi. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku
Manusia. Nuha Medika, Yogyakarta
Wijaya. 2014. Model Strategi Switching Barriers Untuk Loyalitas Pasien Berbasis Perilaku Caring Perawat di RS Paru Jember. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 9, No.2, Juli 2
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/882220172017%25p1
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats