HUBUNGAN SIKAP CARING PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN DI RUANG RAWAT INAP INTERNE RSUD LUBUK BASUNG

honesty diana morika

Abstract


Kinerja perawat khususnya pada perilaku caring menjadi sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Caring merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional dan sangat penting dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan klien. Metode penelitian deskriptif analitik dengan pendekaan cross sectional Penelitian ini telah dilaksanakan di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Lubuk Basung, yang telah dilaksanakan pada bulan Maret 2017. Populasi adalah seluruh pasien yang dirawat diruangan interne  RSUD Lubuk Basung, dengan pengambilan sampel secara accidental sampling, berjumlah 44 orang. Pengolahan dan analisa data dilakukan secara komputerisasi. Hasil analisa univariat diketahui 56,8 % responden menyatakan sikap caring perawat  pada  kategori  positif dan  52,3  % menyatakan  puas  dengan  pelayanan keperawatan. Hasil analisa bivariat ada hubungan sikap caring perawat dengan tingkat kepuasan klien di Ruang Rawat Inap Interne RSUD Lubuk Basung tahun 2017 (p = 0,037). Disimpulkan bahwa sikap caring perawat yang negatif berdampak pada kurangnya kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan.  Diharapkan pada pihak RSUD Lubuk Basung agar dapat melakukan survei kepuasan pasien setiap 1 tahun sekali, serta memberikan pelatihan caring terhadap semua perawat.

Kata Kunci        : sikap caring, kepuasan pasien

 


Full Text:

PDF

References


Budiono dan Pertami, SB. 2015. Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta. Bumi

Medika

Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya.

Jakarta. Erlanga

Daaliwu, H. 2014. Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Kepuasan pasien di Ruangan Interna RSUD Toto Kabila Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Tidak Dipublikasikan. Jurusan Ilmu Keperawatan FIKK-UNG

Damayanti. 2008. Komunikasi Terapeutik dalam Praktik Keperawatan. Refika

Aditama, Bandung

Dwidiyanti, M. 2007. Caring Kunci Sukses Perawat Mengamalkan Ilmu.

Semarang. Hasani

Hutapea. 2014. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien yang Dirawat di Ruangan Kelas III Rumah Sakit Immanuel Bandung. Jurnal Ilmu Kesehatan. Volume 8, Nomor 2, Desember 2014

Kozier, Erb, Blais, and Wilkinson. 1995. Fundamental of Nursing Concept Proses and Practise. California. Addison-WesleyPublishing Company. Inc

Listianingsih, L. 2013. Hubungan Perilaku Caring perawat dengan Kepuasan Pasien False Emergency di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Cahya Kawaluyan.

Maulana, Heru. 2009. Promosi Kesehatan. Jakarta. EGC

Marry. 2006. Buku Saku Konseling dalam Keperawatan. EGC, Jakarta

Muhlisin A, Ichsan B., 2008. Aplikasi Model Konseptual Jeans Watson Dalam

Asuhan Keperawatan. Berita Ilmu Keperawatan. Vol 1, No. 3.

Muninjaya , G. 2012. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. EGC

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta

. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta

Nursalam. 2007. Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktek

Keperawatan Profesional. Jakatra. Salemba Medika

Pohan, S.I. 2007. Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta. Kesaint Blanc

Potter & Perry. 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses & Praktek. Edisi 4. Vol 1. Jakarta : EGC

Potter dan Perry. 2009. Fundamental Keperawtan Buku 1 Edisi 7. Jakarta.

Salemba Medika

Sartika & Nanda. 2011. Caring Dalam Keperawatan. Jakarta. Rineka Cipta

Sastroasmoro, Sudigdo. 2011. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Klinis. Jakarta.

Simatupang, E.J. 2008. Manajemen Pelayanan Kebidanan. Jakarta. EGC Tanjung,N. 2011. Harapan Pasien Dalam Kepuasan Perilaku Caring Perawat di RSUD Deli Serdang. jurnal.usu.ac.id › Home › Vol 1, No 2 (2012)

Wawan & Dewi. 2011. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku

Manusia. Nuha Medika, Yogyakarta

Wijaya. 2014. Model Strategi Switching Barriers Untuk Loyalitas Pasien Berbasis Perilaku Caring Perawat di RS Paru Jember. Jurnal Keperawatan Soedirman (The Soedirman Journal of Nursing), Volume 9, No.2, Juli 2




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/882220172017%25p1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats