Hubungan Antara Komitmen Pada Organisasi dan Supervisi Kepala Ruangan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana
Abstract
Survey yang dilakukan di RSUD Sawahlunto, didapatkan rekapitulasi absensi perawat yang terlambat datang sebanyak 7,2%, perawat yang turn over tahun 2012 sebanyak 2% dan 2013 sebanyak 2,1%, pelaksanaan supervisi belum optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara komitmen pada organisasi dan supervisi kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana. Pengumpulan dilakukan menggunakan kuesioner dengan teknik angket, jumlah sampel 81 perawat pelaksana. Analisis data menggunakan Chi-square dan regresi logistik. Hasil penelitian didapatkan 42 (51,9%) perawat pelaksanan puas dalam bekerja, 45 (55,6%) perawat pelaksana mempunyai komitmen baik, 42 (51,9%) pelaksanaan supervisi baik dan adanya hubungan antara komitmen pada organisasi dan supervisi kepala ruangan dengan kepuasan kerja perawat pelaksana di unit rawat inap RSUD Sawahlunto dengan (P value < 0,05). Dimana supervisi kepala ruangan sebagai variabel yang dominan (OR = 28, 617). Hasil penelitian ini merekomendasikan dalam upaya meningkatkan komitmen perawat seperti dalam hal visi, misi serta idiologi rumah sakit, membuat aturan baku tentang promosi dan pendidikan berkelanjutan bagi perawat dan membuat program peningkatan kompetensi supervisor.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aitken, L,M, Burmeister E, Claytons S, Dalais C, & Gardner G. (2010). The Impact of Nursing Rounds on the Practice Environment & Nurse Satisfaction in Insentive Care : Pre-test post-test Comparative Study. Internasional Journal of Nursing studies.
Arwani, Supriyanto. (2006). Manajemen Bangsal Keperawatan, Jakarta : EGC Kedokteran.
As’ad, M. (2003). Psikologi industri seri Ilmu Sumber Daya Manusia. Edisi 4. Yogyakarta : Liberty.
Astuti Mazly. (2011). Hubungan Pelaksanaan Fungsi Pengarahan Kepala Ruangan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Haji. Jakarta Tesis Master FIK UI, Tidak dipublikasikan.
Bateman & Snell. (2002). Management : Competing in the new era, 5th ed. USA : Mc Graw-Hill Company.
Burn, N & Grove, S.K. (2009). The Practice of Nursing Research : Appraisal, Synthesis and generation of Evidance. 6th.Ed.St. Louis : Saunders-Elsevier.
Darmawan, D. (2013). Prinsip-prinsip Prilaku Organisasi. Surabaya : Pena Semesta
Davis, K & Neestrom, J,W.(2000). Prilaku dalam organisasi. Jakarta : PT Erlangga
Demerounti, E, Bekker, A., Nachreiner, F & Schaufeli, W. (2000). A Model of Burnout and Life Satisfaction Amongst Nurses. Journal of Advance Nursing 2000, 32(2) :454-464
Djajendra. (2013). Motivasi Kerja, Jakarta : PT Djajendra
Feni, T. (2013). Analisis Faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Perawat Pelaksana di Instalasi Rawat Inap A RSUD Prof. R.D. Kandou Manado. Tesis FKM Universitas Sam Ratulangi Manado. Tidak Dipublikasikan.
Gatot, Adisasmito. (2006) Hubungan Karakteristik Perawat, Isi Pekerjaan dan Lingkungan Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Gunung Jati Cirebon. Artikel Kesehatan, 9(1)
Gbayega, Adio,S. (2009) Job Satisfaction and Career Commitmen of Librariens in Federal University Libraries in Nigeria Career Development International Journal. 59(3)
Gibson, J.L, Ivance, J.M & Donelly, J.H. (1996). Organisasi : Prilaku, Struktur dan Proses. (Alih Bahasa : N. Ardiani), Jilid I, Edisi 8, Jakarta : Binarupa Aksara.
Gilles.DA.(2000). Manajemen Keperawatan sebagai Suatu Pendekatan Sistem (Terjemahan) Bandung : Yayasan IAPKP.
Hamzah. (2001). Hubungan supervisi, tanggung jawab dan Pengembangan Diri dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Labuang Baji Makasar. Tesis Master FIK. UI, Tidak dipublikasikan.
Hasniati, AG. (2002) Hubungan Kompetensi Kepala Ruangan dengam Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di RS OMNI Medical Center Jakarta. FKUI. Tidak dipublikasikan
Hastono, S.P & Sabri, L. (2010). Statistik Kesehatan. Jakarta : Rajawali Persada
Higgins, J.M. (1994). The Management Challenge. 2nd Ed. USA : Macmilan College Publishing Company.
Huber, D.L. (2006). Leadership and Nursing Care Manajemen, Thirt Edition. Philadelpia: W.B. Saunders
Jiu, C.K. (2001). Hubungan Faktor Individu dan Organisasi dengan Komitmen Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Soedarso Pontianak. Tesis Master FIK UI, Tidak dipublikasikan.
Julianti, B.B. (2002). Hubungan Karakteristik Perawat Pelaksana dengan Kpuasan Berdasarkan Dimensi Kerja Rumah Sakit Pelni Pertambunan Jakarta. FKM UI Tesis tidak dipublikasikan
Kolomboy, Fajillah. (2009). Hubungan Budaya Kerja dan Iklim Oganisasi dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruangan Rawat Inap RSU Anutapura Palu. Tesis Master FIK UI, Tidak dipublikasikan.
Kreitner & Kinicki. (2005). Prilaku Organisasi. Jakarta : salemba Empat
Kurniadi, A. (2013). Manajemen Keperawatan Prospektifnya, Teori, Konsep & Aplikasi. Jakarta : FKUI.
Lu, H, Barriball, K,L, Zhang, X, alison E & White, A, E. (2011). Job Satisfaction Among Hospital Nurses Revisited. : A Systematic Review. Internasional Journal of Nursing Studies.
Mangkunegara, P.A. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : Remaja Rodakarya.
Maridi. (2006). Hubungan Lingkungan Kerja dan Iklim Organisasi dengan Kepuasan Perawat Pelaksana di RS Islam Jakarta Pondok Kopi. Tesis Master FIK UI, Tidak dipublikasikan.
Marquis & Huston. (2002) Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC
Manojlovich, M 7 Laschinger, H. (2000). The Relationship of Empowerment and Selected Personality Characteristics to Nursing Job Satisfaction. Journal of Nursing Administration, 11, 586-595.
McEachen & Keogh. (2007). Nurse Management Demystified, A Self Teaching Guide, New York : Mc Graw Hill.
Mrayyan, M.T. (2000). Jornadian Nurses’ Job Satisfaction, Patiens’ Satisfaction and Quality of Nursing Care. Internasional Journal Nursing Review 53, 224-230.
Muadi (2009). Hubungan Iklim dan Kepuasan Kerja dengan Produktivitas Perawat Pelaksana di Ruangan Inap BRSUS Waled Kabupaten Cirebon. Tesis. FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Neeley, Farrell F. (2006). Factor Influencing Job Satisfaction Among Hospice Nurses Working for Nonprofit Hospice Organization in Californins. Ph.D. Dissertation, Capella University, United State – Minnesota. ABI/INFORM Global (Publication No. AAT 3213404).
Neuman , K & Maylor, U. (2002). Empirical Evidencen for and Patient the Nurse Satisfaction, Quality of Care and patient Satisfaction Chain. Internasional journal of Healt Care Quality Assurance.
Pillary.R. (2009). Work Satisfaction of professional Nurses in South Africa : A Comparative Analysis of the Public and Privace Sectors. Biomed Center.
Polit. D.F & Back. C.T. (2010). Essentials of Nursing Research : methods, Appraisal & Utilization. Philadelphia : Lippincott Williams & Wilkins.
Potter, P.A & Perry, A,G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses & Praktek. Alih bahasa : Yasmin Asih. Edisi 4. Jakarta : EGC.
Robbins, S. (2006). Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. (terjemahan). Jakarta : PT. Indeks
Robbins, S & Judge (2007) Prilaku Organisasi (Edisi 12) Diana Angelica, Terjemahan. Jakarta : Prentice Hall in
RSUD Sawahlunto. (2013). Profil RSUD Sawahlunto.
Ruky, A.S. (2002). Manajemen Penggajian dan Pengupahan untuk Karyawan Perusahaan. Jakarta
Satria. H.D. (2006). Analisis Hubungan Tuntutan Klien Terhadap Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di RSUD Dr. Soedomo Trenggalek. FKUI. Tesis Tidak dipublikasikan
Setiasih, W. (2006). Hubungan Kepuasan Kerja Perawat dengan Kepuasan Klien di Rumah Sakit Husada Jakarta. Tesis Master tidak dipublikasikan. FIK. UI
Siagian. S.P. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Jakarta : PT Bumi Aksara
Sigit,A. (2009). Pengaruh Fungsi Pengarahan Kepala Ruangan dan Ketua Tim Terhadap Kepuasan Perawat Pelaksana di RSUD Blanbayu Bayuwangi. Tesis. FIK UI. Tidak dipublikasikan.
Stamps, P.I. (1997). Nurses and work satisfaction : An index for measurerement. Chicago: Health Administration Press.
Suarli & Bachtiar. (2009). Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktis, Jakarta : Penerbit Erlangga Medical Series.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabet
Sunarty. (2010). Hubungan Karakteristik Pekerjaan dan Individu dengan Kepuasan Kerja Perawat Pelaksana di Ruangan Rawat Inap RSUD Kendari Sulawesi Tenggara. FKUI. Tesis tidak dipublikasikan.
Sunyoto, D. (2013).Sumber Daya Manusia. Yogyakarta : PT Buku Seru
Supriadi. (2006). Hubungan Kerakteristik pekerjaan dengan Pelaksanaan Perilaku Caring oleh Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap RSI Samarinda. FKUI. Tesis Tidak dipublikasikan.
Taunton, R, L, Bott, M J, Koehn, M L, Miller, P, Rindner, E, Pace, K, Elliott, C. Bradley, K J, Boyle, D, & Dounton, N. (2004). The NDNQI-adapted Index of Work Satisfaction. Journal of Nursing Measurement, 12(2)
Teresia & Suyana. (2008) Komitmen Organisasi dan Organization Citizenship Behavior pada Karyawan Call Center di PT X Phronesis. Journal Psikologi Industri & Organisasi.
Tomey. A.M. (2009). Guide to Nursing Management and Leadership. 8th Ed. Philadelphia : Mosby Elsevier.
Umam, K, (2010). Prilaku Organisasi. Banding : Pustaka Setia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v12i1.986
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats