PENGARUH PEMBERIAN JUS TOMAT (LYCOPERSICUM COMMUNE) TERHADAP HIPERKOLESTEROLEMIA PADA LANSIA LAKI-LAKI DENGAN HIPERTENSI 2021

Andika Herlina MP, Vino Rika Novia, Ibrahim Ibrahim

Abstract


Data dari Sample Registration System (SRS) Indonesia tahun 2014, terdapat 5,3% kasus hipertensi dengan komplikasi yang termasuk kedalam sepuluh penyakit terbanyak yang
diderita penduduk Indonesia. Berdasarkan profil kesehatan Dinas Kesehatan Kota
(DKK) Padang tahun 2018, hipertensi merupakan penyakit kedua terbanyak di Kota
Padang pada tahun 2017. Puskesmas Andalas merupakan puskesmas dengan kasus
hipertensi tertinggi di Kota Padang dengan jumlah 2.028 kasus (10,74%). Tujuan npenelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian jus tomat terhadap hiperkolesterolemia pada lansia Laki-laki dengan hipertensi.Jenis penelitian adalah Quasy Eksperiment (eksperimen semu) dengan  design one Group Pre test dan post test Design. Penelitian ini telah dilaksanakan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas kota Padang pada tanggal 22 september -29 September 2021. Populasi pada penelitian ini seluruh Lansia Laki-laki yang yang rutin melakukan pemeriksaan rutin setiap  bulanan sebanyak 120 orang. sampel 20 responden, semuanya adalah kelompok hipertensi. Dan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Analisa data dilakukan analisa univariat yang bertujuan untuk mencari rata-rata (mean) dan analisa bivariat dengan uji independent sampel t testHasil penelitian menunjukkan rata-rata kadar kolesterol responden sebelum diberikan jus tomat (lycopersicumme commune) adalah 260,87, rata-rata kadar kolesterol responden setelah diberikan jus tomat (lycopersicumme commune) adalah 205,64. Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat pengaruh pemberian jus tomat (lycopersicumme commune) terhadap kadar kolesterol, p-value = 0,000 (p<0,05).Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh pemberian jus tomat (lycopersicumme commune) terhadap hiperkolesterolemia pada Lansia laki-laki dengan hipertensi di wilayah kerja Puskesmas Andalas Kota Padang Tahun 2021. Diharapkan petugas yang memegang program penyuluhan kesehatan dapat emberikan edukasi dan diaplikasikan sebagai bentuk terapi non farmakologi yaitu berupa jus tomat yang dapat dikonsumsikan sebagai salah satu alternative pengobatan kadar kolesterol yang tinggi.

Kata Kunci : Jus Tomat , Hiperkolesterolemia, Lansia, Laki-Laki, Hipertensi



Full Text:

PDF

References


Dewi Murdiyanti Prihatin Putri, M. Pengantar RISET KEPERAWATAN. I-Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

H. Maryati, “Hubungan Kadar Kolesterol dengan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Di Dusun Sidomulyo Desa Rejoagung Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang,” Hub. Kadar Koles. dengan Tekanan Darah Penderita Hipertens. Di Dusun Sidomulyo Desa Rejoagung Kec. Ploso Kabupaten Jombang, 2017.

Hastono, S. 2016. Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Jakarta: PTRaja Grafindo Persada.

Hidayat, “Metodologi Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data,” in Salemba Medika, 2017.

Indarwati. (2014). Terapi Non Farmakologis bagi penderita kolesterol. http/www.herbal.com, sitasi 18 Februari 2017.

J. Nadia, “Pengaruh Pemberian Jus Tomat (Lycopersicum esculentum Mill) Terhadap Penurunan Kadar Kolesterol Low Density Lipoprotein (LDL) Dalam Darah Pada Pasien Disilipidemia Rawat Jalan di RSUD Provinsi NTB,” J. Gizi Prima, 2018.

Linda Widyarani, “Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap (Solanum Lycopersicum) Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Stadium I,” J. Kesehat. Hesti Wira Sakti, 2019.

LK, A. (2018). Tanaman obat dan jus untuk mengatasi penyakit jantung, hipertensi, kolesterol, dan stroke. Jakarta: PT. Arromedia Pustaka.

M. F. Hastuti and Sunanto, “Pengaruh Pemberian Jus Tomat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Sistolik dan Diastolik pada Pasien Hipertensi,” J. Keperawatan, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v4i2.1274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


Google Schoolar