ANALISIS PENURUNAN KECEMASAN HOSPITALISASI ANAK USIA 3-6 TAHUN MENGGUNAKAN METODE STORYTELLING

Elsi Rahmadani, Novi Ade Suryani, Pawiliyah Pawiliyah

Abstract


Hospitalisasi  pada  anak  dapat  menyebabkan kecemasan  dan  stres  pada  semua  tingkat  usia terutama anak usia dibawah 6 tahun. Salah satu cara dalam mengurangi kecemasan anak yang menjalani hospitalisasi dapat dilakukan dengan menerapkan terapi bercerita (Storytelling). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh terapi storytelling terhadap kecemasan hospitalisasi anak usia 1-6 tahun. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan One Group Pretest-Posttes. Jumlah sampel sebanyak 22 orang anak usia 3-6 tahun di Rumah Sakit Bhayangkara Bengkulu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data dilakukan univariat dan bivariat dilakukan dengan uji T-test (Dependent Test). Nilai rata-rata sebelum diberikan terapi storytelling yaitu 32.55 sedangkan rata-rata sesudah diberikan terapi storytelling yaitu 23.59. Uji analisa bivariat ada pengaruh terapi storytelling terhadap kecemasan Hospitalisasi Anak usia 1-6 tahun  (p=0,000).

Disarankan kepada perawat ruangan ataupun bidan ruangan penelitian ini agar bisa menggunakan terapi storyteling agar kecemasan hospitalisasi pada anak usia prasekolah menurun.

Kata Kunci: Kecemasan, Hospitalisasi, Storytelling, anak


Full Text:

PDF

References


Andari. 2001. Pelayanan Kesehatan.

Jakarta: Airlangga

Amallia Agieska, Oktaria Dwita, Oktafani. 2018. Pengaruh Terapi Bermain terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah selama Masa Hospitalisasi.lsmpung. Majority Volume 7 Nomor 2 Maret 2018. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

Apriza, 2017. Pengaruh Biblioterapi Dengan Buku Cerita Bergambar Terhadap Tingkat Kecemasan Efek Hospitalisasi pada Anak Prasekolah. Volume 1 Issue 2 (2017) Pages 105 – 110. Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmayanty. 2010. Hubungan Lama Hospitalisasi Dengan Tingkat Kecemasan Perpisahan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Rsu Pku Muhammadiyah Bantul. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ’Aisyiyah Yogyakarta.

Donsu Doli Tine Jenita. 2017. Psikologi Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru

Fadilah anita. 2018. Pengaruh terapi bermain bercerita metode boneka terhadap kemampuan komonikasi pada anak prasekolah. Kabupaten jombang. Sekolah tinggi ilmu kesehatan insane cendekia medika.

Harahap Minta Ito. 2018. Hubungan Support System Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Anak Prasekolah Akibat Hospitalisasi Di Rsu. Imelda Pekerja Indonesia Medan. Kesehatan Institut Kesehatan Helvetia, Medan, Indonesia.

Hasim Mariyani. 2013. Pengaruh Terapi Bermain Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Mengalami Hospitalisasi Di Ruang Cendana Rsud Sleman Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Alma Ata.

Hockenberry , J. M., & Wilson, D. 2013. Wong's Essentiala of pediatric Nursingninth Edition. St. Lois Missouri : Elsevier.

Hockenberry, M. J., & Wilson, D. (2011). Wong's Nursing Care of Infants and Children Edition 9. St. Louis, Missouri: ELSEVIER MOSBY.

Hulinggi Ismanto, Gresty Masi, Dan Amatus Yudi Ismanto. 2018. Hubungan Sikap Perawat Dengan Stress Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rsud Pancaran Kasih Gmim Manando.

Ilmiasih Reni. 2012. Pengaruh Seragam Perawat: Rompi Bergambar Terhadap Kecemasan Anak Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Universitas Indonesia.

Fakultas Ilmu Keperawatan Program Magister Ilmu Keperawatan. Depok

Kaluas, I., Ismanto.Y.A, & Kundre, M.R. 2015. Pebedaan terapi bermain puzzle dan bercerita terhadap kecemasan anak usia prasekolah (3-5 tahun) selama hospitalisasi di ruang anak RS.TK.III.R. W. Mongsidi Manado.manado: eJournal Keperawatan (e-Kp).Volume 3 Nomor 2 mei 2015. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Kemenkes RI. 2018. Hasil utama riset kesehatan dasar. Badan penelitian dan pengembangan kesehatan.

Kusumawati Farida & Yudi Hartono. 2010. Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta:Selemba Medika

Latif, M, dkk. 2014. Orientasi baru pendidikan anak usia dini, Jakarta : Kencana

Legi Rosalia Julita. 2019. Sulaiman Suhendar, Purwanti heny nyimas, Pengaruh Storytelling Dan Guided-Imagery Terhadap Tingkat Perubahan Kecemasan Anak Usia Prasekolah Yang Dilakukan Tindakan Invasif. Journal Of Telenursing (Joting).Volume 1, Nomor 1, Juni 2019. Universitas Pembangunan Indonesia Manado.

Liliek Pratiwi, Wulandari Yeni Rizki. 2014. Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Gambar terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang dirawat di Ruang Kemuning RSUD Gunung Jati Kota Cirebon. FIKES Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Lumbansiantar Rupdi. 2012. Pengaruh Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Akibat Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rsud Kota Bekasi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Medistra Indonesia Bekasi

Maulana Gibran. 2017. Kumpulan anak sedeunia terbaik. Surabaya: Karya gemilang utama.

Marlenis Liza, Pawiliyah. 2019. Pengaruh Terapi Bermain Mendongeng Dengan Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Usia Pra Sekolah Akibat Hospitalisasi. Jurnal Keperawatan Silampari Volume 3, Nomor 1, Desember 2019. STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu.

Nursalam. (2013). Asuhan Keperawatan Bayi dan Anak. Jakarta : Salemba medika.

National center for health ststistics. 2018.leading couses of hospitaliation, simcoe moskoka residents, age group (ICD -10). www.simcoemuskoks.healthstats. org/topics/leading,-causesc/leading-causes-of-hospitalitazations.

Notoadmojo. 2010. Metode penelitian kesehatan. Jakarta: rineka cipta.

Padila. Agusramon. Year. 2019. Terapi Story Telling Dan Menonton Animasi Kartun Terhadap Ansietas. Journal Of Telenursing (Joting) Volume 1, Nomor 1, Juni 2019. Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Rahimsyah AR. MB. 2017. Kumpulan dongeng si kancil. Surabaya: Zahra book.

Rekam medis Rs Bhayangkara. 2019. Data Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Rumah Sakit Bhayangkara.

Santosa Eka Made 1, Putra Ageng Abadi. 2018. Pengaruh Tehnik Story Telling Terhadap Penurunan Kecemasan Hospitalisasi Anak Usia Pra Sekolah Yang Dirawat Di Ruang Anak Rsud Selong Lombok Timur. Vol. 4 No. 2 September- Desember 2018 | 07-13. )Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mataram.

Setyaningsih Rahayu. 2014. Pengaruh Terapi Musik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pada Anak Yang Dirawat Di Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta.

Subardiah Ida. 2015. Pengaruh Permainan Terapeutik Terhadap Kecemasan, Kehilangan Kontrol Dan Ketakutan Anak Prasekolah Selama Dirawat Di Rsud Dr. H. Abdul Moeloek Propinsi Lampung. Universitas Indonesia.

Supartini. (2010). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta. EGC

Suryaningsih, I. 2014. Etika Beriwisata di Hutan. http://www.readersdigest.co.id /travel/traveler/etika.berwisata.di.hutan/006/002/70. Diakses pada 29 Juni 2014.

Soetjiningsih & Gde Ranuh. 2016. Tumbuh Kembang Anak Edisi 2.Jakarta:EGC

Sugihartiningsih. (2016). Menjaga Kesehatan Bayi dan Balita. Jakarta: EGC

Sulistyaningsih. 2012. Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryanti, Sodikin, Yulistiani M. 2012. Pengaruh Terapi Bermain Mewarnai Dan Origami Terhadap Tingkat Kecemasan Sebagai Efek Hospitalisasi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Rsud Dr. R. Goetheng Taruna Di Brata Purbalingga. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Kesehatan.

Susanti Amelia dan Safitri Hendika. 2017. Pengaruh Story Telling Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Prasekolah Yang Menjalani Hospitalisasi Di Rsup Dr.M.Djamil Padang Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kesehatan (JIK) Oktober 2017 Volume 1 Nomor 1 P-ISSN : 2597-8594. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan Alifah Padang.

Sutomo. 2019. Storytelling Dan Manfaat Dari Storytelling. Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan: Pekan baru.

Syafriani dan Kurniawan Ayudi. 2018. Hubungan Peran Keluarga dengan Kecemasan Akibat Hospitalisasi pada Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 1 (Juni 2018). 1Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat Universitas Pahlawan

Tamisa Aslam. 2016. Latar Belakang Kecemasan Anak Pra Sekolah Kasus A (Im) Siswa Taman Kanak-Kanak Ar-Rahmah Palembang. Psikis-Jurnal Psikologi Islami Vol 2 No. 2. Sekolah Tinggi Ilmu Psikologi (Stipsi) Abdi Nusa Palembang.

Upton, P. 2012. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Winarsih Dwi Biyanti. 2012. Hubungan Peran Serta Orang Tua Dan Dampak

Hospitalisasi Pada Anak Usia Prasekolah Di Rsud Ra Kartini Jepara. Fakultas Ilmu Keperawatan Program Studi Magister Ilmu Keperawatan.

Yamamoto,K & Nagata, S. 2011. Physiological and psychological evaluation of the wrapped warm footbath as a complementary nursing therapy to induce relaxation in hospitalized patients with incurable cancer: a pilot study. Cancer Nurs. 2011 May-Jun;34(3):18592. doi: 10.1097/NCC.0b013e3181fe4d2d.

Yuniarti Sri. 2015. Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus, Bayi-Balita Dan Anak Prasekolah. Bandung: Pt Refika Aditama .




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v4i1.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats