Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Pra Sekolah Di TK Bhayangkari 29 Jambi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Aaliyah, Hanifah Roosyidah. (2022). Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Emosional Anak Usia Prasekolah di TK Lintang Surabaya
AAP Recommendations for Children’s Media Use. (2016). Am Acad Pediatr. 2016 (diunduh 30 Juli 2018). Tersedia dari: https://www.aap.org/en-us/about-the-aap/aap-press-room/pages/american-academy-of-pediatrics-announces-new-recommendations-for-childrens-media-use.aspx.
Ameliola, S & Hanggara, D. (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies: “Ethnicity and Globalization”.
American Academy of Pediatrics Committee on Public Education, 2011, Children, Adolescents, and television.Pediatr, 107 (2): 423-426
Bansal S, Mahajan RC. (2018). Impact of mobile use amongst children in rural area of Marathwada region of Maharashtra, India. IJCP. 8;5(1):1–5.
Budihardja. (2013). “Pelayanan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh
Kembang Anak”. Sekretariat Jenderal Kementrian Kesehatan RI
http://www.depkes.go.id
Efendi, Fuad. 2013. Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. (Online).http://fuadefendi.blogspot.in/2014/01/pengaruh-gadget-terhadapperkembangan.html. Diakses pada Februari 2018
Fadhilah, Ningsih. (2022). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Of Children Studiens Vol 2 No 1
Fitri, Anisa Niari. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Kelompok A TK Masyithoh Karangmojo Bantul Yogyakarta.
Hendrianto, P. (2016). Dampak Smarthphone [Online]. Dalam http://sainsjournal-fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-75305-KESEHATAN-Dampak%20Smart%20phone.html diakses pada Desember 2022
Houghton, C., Aiken, M. & Cheevers, C. (2015).Cyber babies: The impact or emerging technology on the developing infant.Psychology, 5 (9): 504-518
IDAI. (2020). Simposium Nasional Ikatan Dokter Anak Indonesia 15-16 Februari 2020. Badan Penerbit Ikatan Dokter Anak Indonesia: Jakarta.
Ismanto, Yudi & Onibala, Franly.(2015). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manad. Ejoural Keperawata Volume 3(2). FK Unsrat Manando Prianggoro, Hasto. 2014. Anak dan Gadget: Yang Penting Aturan Main.Diakses dari http://www.tabloidnakita.com/read/1/anak-dan-gadget-yangpenting-aturan-main.
Kabali HK, Irigoyen MM, Nunez-Davis R, Budacki JG, Mohanty SH, Leister KP, dkk. Exposure and use of mobile media devices by young children. Am Acad Pediatr. 2015 December;136(Issue)
Kogoya. D. (2015). Dampak Penggunaan Handphone pada Masyarakat Studi Pada Masyarakat Desa Piungun Kecamatan Gamelia Kabupaten Lanny Jaya Papua. Acta Diurna. No. 4. Vol. 04. Hal 1-14.
Rahmani, Nisrrina. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini: Penelitian di kelompok B RA Bunda 2 Kecamatan Cilin Kabupaten Bandung Barat
Rahmawati, Iven. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Era 4.0.
Rukmana, Nabila Ilma Nisa. (2020). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 48–72 Ulan Di TK Al-Furqon Dan TK Bunda Ghifari Surabaya.Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA
Salti R, Tarquini R, Stagi S, Perfetto F, Cornélissen G, Laffi G, dkk. (2006). Age-dependent association of exposure to television screen with children’s urinary melatonin excretion? Neuroendocrinol Lett. 2006;27(1–2):73–80
Sari, T. P. & Mitsalia, A. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadet terhadap Personal Sosial Anak Usia Prasekolah di Tkit Al Mukmin. Media Publikasi Penelitian, 13 (2): 72-78.
The Asian Parent Insights. (2014). Mobile device usage among young kids: a southeast asia study, Telok Ayer, Singapore: The Asian Parent Insights and Samung Asia Pte Ltd.
Widiawati & Sugiman. 2014. Pengaruh penggunaan gadget terhadap daya kembang anak. Diakses dalam http://stmikglobal.ac.id/wpcontent/uploads/2014/05/ARTIKELIIS.pdf.
Winoto, H. (2013). Dampak Penyalahgunaan Teknologi Komunikasi Ponsel dan Gadget Pada Anak dan Remaja [Online]. Dalam http://jurnalilmiahtp2013.blogspot.co.id/2013/12/dampak-penyalahgunaan-teknologi.html
Wyatt JK, Cecco AR, Czeisler CA, Dijk D, Schmidt C, Collette F, dkk. (2012). Circadian temperature and melatonin rhythms , sleep , and neurobehavioral function in humans living on a 20-h day. Am J Physiol. 2012;277:1152–63.
Yudiningrum, F. R. (2011). Efek teknologi komunikasi elektronik bagi tumbuh kembang anak.Jurnal Komunikasi Massa 4 (1): 1-15
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v6i1.1748
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com
View My Stats