PENGARUH TERAPI BERMAIN PAPER TOYS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KOTA BENGKULU

Vellyza Colin, Devi Listiana, Dian Dwiana Maydinar

Abstract


Motorik halus merupakan salah satu perkembangan yang penting untuk anak usia pra sekolah , stimulasi
menggunakan paper toys dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain paper toys terhadap perkembangan motorik halus pada anak
usia prasekolah di TK Dharma Wanita Kota Bengkulu. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan
menggunakan rancangan one grup pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di
Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita Kota Bengkulu sebanyak 49 anak usia pra sekolah usia 4-6
Tahun.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan Uji
Normalitas, Analisis Univariat, dan Analisis Bivariat. menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil
penelitian menunjukkan (1) Rerata pemberian terapi bermain paper toys kepada responden sebelum
diberikan terapi bermain paper toys adalah 35,70 dengan standar deviasi 5,621. (2) Rerata pemberian terapi
bermain paper toys kepada rseponden sesudah diberikan terapi bermain paper toys adalah 44,84 dengan
standar deviasi 6,022 . (3) Terdapat perbedaan rata-rata pemberian terapi bermain paper toys responden
antara sebelum dan sesudah di berikan paper toys terhadap dengan selisih rerata 20,167 dengan p-value =
0,000<0,05, dimana terdapat perbedaan perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah sebelum
dan sesudah bermain paper toys.
Kata Kunci: Anak Pra Sekolah, Motorik Halus, Paper Toys


Full Text:

PDF

References


Hasna, D. (2021). Analisis kemampuan

motorik halus pada anak usia 5-6 tahun

melalui kegiatan kolase. Jurnal Pelita

PAUD, 5(2), 171-177.

Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman

Guru Paud Tentang Alat Permainan

Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota

Bengkulu. Jurnal Educhild: Pendidikan

Dan Sosial, 10(1), 6-11.

Hayati, Sitti Nur, and Khamim Zarkasih

Putro. (2021). “Bermain Dan Permainan

Anak Usia Dini.” GENERASI EMAS :

Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini

(1): 52.

Ismi, H. (2019). EFEKTIVITAS PASIR

KINETIK UNTUK MENSTIMULASI

KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B

DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF

BANDA ACEH TAHUN AJARAN

/2021 (Doctoral dissertation,

Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Ismail, Kak Andang. (2009). Education

Games Panduan Praktis Permainan Yang

Menjadikan Anak Anda Cerdas, Kreatif,

Dan Saleh. Yogyakarta: Pro-U Media.

J, H., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., &

Andri, J. (2021). Perbandingan

Efektivitas Bermain Plastisin dengan

Finger Painting terhadap Perkembangan

Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal

Kesmas Asclepius, 3(1), 25–33.

https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2375

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan

Dasar Tahun 2018. Kementrian

Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Lestari, K. F. (2022). Efektivitas Bermain

Origami Untuk Meningkatkan

Perkembangan Motorik Halus Anak

Usia Prasekolah. Jurnal Skolastik

Keperawatan, 8(2), 133-138.

Lufira, Ririn, and Farida Mayar. (2022).

“Penggunaan Bahan Bekas Untuk

Mengembangkann Kemampuan Motorik

Halus Anak Usia 5-6 Tahun.”

Universitas Hamzanwadi 6(01): 220–30.

https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i0

5090.

Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang

anak usia prasekolah. In Andalas

University Press (Vol. 1, Issue 1).

Notoatmodjo. Soekidjo (2010). Metodologi

Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka

Cipta.

Perdani, Putri Admi. (2013). “Peningkatan

Keterampilan Sosial.” Jurnal

Pendidikan Usia Dini 7 Edisi 2.

Nurjannah, D. (2018). Peningkatan

Kemampuan Motorik Halus Anak

Kelompok a Melalui Kegiatan Bermain

Papercraft. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah

Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi

PAUD, 3(1), 7-12.

Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B.

D. A. (2017). Pengaruh Finger Painting

Terhadap Perkembangan Motorik Halus

Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan

BSI, V(2), 65–73.

Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan

Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul,

Nursalam, S. (2013). Metodologi penelitian

ilmu keperawatan pendekatan

praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Nurul Kusuma Dewi, S. (2018). Stimulasi

motorik halus usia 4-5 tahun melalui

kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan

Anak, 7(2), 190–195.

Padila, P., Andari, F. N., & Andri, J. (2019).

Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia

Toddler antara DDST dengan

SDIDTK. Jurnal Keperawatan

Silampari, 3(1), 244-256.

Panzilion, P., Padila, P., Tria, G., Amin, M.,

& Andri, J. (2020). Perkembangan

Motorik Prasekolah antara Intervensi

Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal

Keperawatan Silampari, 3(2), 510-519




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v7i2.2902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.




Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang 

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com


  

View My Stats