PENGARUH TERAPI BERMAIN PAPER TOYS TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH DI TK DHARMA WANITA KOTA BENGKULU
Abstract
Motorik halus merupakan salah satu perkembangan yang penting untuk anak usia pra sekolah , stimulasi
menggunakan paper toys dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain paper toys terhadap perkembangan motorik halus pada anak
usia prasekolah di TK Dharma Wanita Kota Bengkulu. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan
menggunakan rancangan one grup pretest- posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di
Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita Kota Bengkulu sebanyak 49 anak usia pra sekolah usia 4-6
Tahun.Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan Uji
Normalitas, Analisis Univariat, dan Analisis Bivariat. menggunakan Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil
penelitian menunjukkan (1) Rerata pemberian terapi bermain paper toys kepada responden sebelum
diberikan terapi bermain paper toys adalah 35,70 dengan standar deviasi 5,621. (2) Rerata pemberian terapi
bermain paper toys kepada rseponden sesudah diberikan terapi bermain paper toys adalah 44,84 dengan
standar deviasi 6,022 . (3) Terdapat perbedaan rata-rata pemberian terapi bermain paper toys responden
antara sebelum dan sesudah di berikan paper toys terhadap dengan selisih rerata 20,167 dengan p-value =
0,000<0,05, dimana terdapat perbedaan perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah sebelum
dan sesudah bermain paper toys.
Kata Kunci: Anak Pra Sekolah, Motorik Halus, Paper Toys
Full Text:
PDFReferences
Hasna, D. (2021). Analisis kemampuan
motorik halus pada anak usia 5-6 tahun
melalui kegiatan kolase. Jurnal Pelita
PAUD, 5(2), 171-177.
Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman
Guru Paud Tentang Alat Permainan
Edukatif (Ape) Di Tk Pertiwi 1 Kota
Bengkulu. Jurnal Educhild: Pendidikan
Dan Sosial, 10(1), 6-11.
Hayati, Sitti Nur, and Khamim Zarkasih
Putro. (2021). “Bermain Dan Permainan
Anak Usia Dini.” GENERASI EMAS :
Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
(1): 52.
Ismi, H. (2019). EFEKTIVITAS PASIR
KINETIK UNTUK MENSTIMULASI
KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B
DI TKIT SYEIKH ABDURRAUF
BANDA ACEH TAHUN AJARAN
/2021 (Doctoral dissertation,
Universitas Bina Bangsa Getsempena).
Ismail, Kak Andang. (2009). Education
Games Panduan Praktis Permainan Yang
Menjadikan Anak Anda Cerdas, Kreatif,
Dan Saleh. Yogyakarta: Pro-U Media.
J, H., Ramon, A., Putrawan, R., Padila, P., &
Andri, J. (2021). Perbandingan
Efektivitas Bermain Plastisin dengan
Finger Painting terhadap Perkembangan
Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal
Kesmas Asclepius, 3(1), 25–33.
https://doi.org/10.31539/jka.v3i1.2375
Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan
Dasar Tahun 2018. Kementrian
Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.
Lestari, K. F. (2022). Efektivitas Bermain
Origami Untuk Meningkatkan
Perkembangan Motorik Halus Anak
Usia Prasekolah. Jurnal Skolastik
Keperawatan, 8(2), 133-138.
Lufira, Ririn, and Farida Mayar. (2022).
“Penggunaan Bahan Bekas Untuk
Mengembangkann Kemampuan Motorik
Halus Anak Usia 5-6 Tahun.”
Universitas Hamzanwadi 6(01): 220–30.
https://doi.org/10.29408/goldenage.v6i0
5090.
Mansur, A. R. (2019). Tumbuh kembang
anak usia prasekolah. In Andalas
University Press (Vol. 1, Issue 1).
Notoatmodjo. Soekidjo (2010). Metodologi
Penelitian Kesehatan. Jakarta. Rineka
Cipta.
Perdani, Putri Admi. (2013). “Peningkatan
Keterampilan Sosial.” Jurnal
Pendidikan Usia Dini 7 Edisi 2.
Nurjannah, D. (2018). Peningkatan
Kemampuan Motorik Halus Anak
Kelompok a Melalui Kegiatan Bermain
Papercraft. Jurnal AUDI: Jurnal Ilmiah
Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi
PAUD, 3(1), 7-12.
Nurjanah, N., Suryaningsih, C., & Putra, B.
D. A. (2017). Pengaruh Finger Painting
Terhadap Perkembangan Motorik Halus
Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan
BSI, V(2), 65–73.
Nurlaili. (2019). Modul Pengembangan
Motorik Halus Anak Usia Dini. Modul,
Nursalam, S. (2013). Metodologi penelitian
ilmu keperawatan pendekatan
praktis. Jakarta: Salemba Medika.
Nurul Kusuma Dewi, S. (2018). Stimulasi
motorik halus usia 4-5 tahun melalui
kegiatan seni rupa. Jurnal Pendidikan
Anak, 7(2), 190–195.
Padila, P., Andari, F. N., & Andri, J. (2019).
Hasil Skrining Perkembangan Anak Usia
Toddler antara DDST dengan
SDIDTK. Jurnal Keperawatan
Silampari, 3(1), 244-256.
Panzilion, P., Padila, P., Tria, G., Amin, M.,
& Andri, J. (2020). Perkembangan
Motorik Prasekolah antara Intervensi
Brain Gym dengan Puzzle. Jurnal
Keperawatan Silampari, 3(2), 510-519
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jsm.v7i2.2902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Kesehatan Saintika Meditory
Published by Stikes Syedza Saintika Padang
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, STIKes SYEDZA Saintika Padang
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Phone: 082384992512
Email: lppmsyedza@gmail.com
View My Stats