PERILAKU CARING PETUGAS PENDAFTARAN DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP

Chamy Rahmatiqa, Ratna Mustika Sari, Denos Imam Pratama

Abstract


Perilaku caring merupakan bagian terpenting yang menyangkut hubungan petugas pendaftaran dengan klien dalam memberikan dukungan psikologis dan emosional kepada klien dan keluarga baik secara verbal dan nonverbal dalam proses pelayanan kepetugas pendaftaran sehingga dapat meningkatkan rasa aman dan keselamatan klien. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pelaksanaan perilaku caring dengan tingkat kepuasan pasien diruang rawat inap RSUD Arosuka Kabupaten Solok tahun 2022. Jenis penelitian adalah analitik dengan Cross Sectional Study. Penelitian telah dilakukan di ruang rawat inap RSUD Arosuka pada tanggal 19 Juli – 10 Agustus tahun 2022. Populasi penelitian adalah pasien yang di rawat di ruang rawat inap RSUD Arosuka dapatkan bulan Maret sebanyak 234 orang pasien. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling, yaitu 70 responden. Analisa data univariat dan analisa bivariat dengan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan lebih dari separuh (52.9%) responden menyatakan perilaku caring petugas pendaftaran kurang baik, lebih dari separuh (57.1%) responden menyatakan tidak puas. Uji bivariat menunjukkan ada hubungan perilaku caring petugas pendaftaran dengan tingkat kepuasan pasien, dengan p = 0.000 dan OR = 261. Penelitian dapat disimpulkan agar pasien puas, maka petugas pendaftaran harus memberikan perilaku caring yang baik karena perilaku caring yang kurang baik berisiko 261 kali untuk terjadinya ketidakpuasan pasien. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi petugas pendaftaran untuk meningkatkan pelaksanaan perilaku caring petugas pendaftaran dalam melaksanakan proses pelayanan asuhan kepetugas pendaftaranan.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, W. T., Aeni, Q., & Istioningsih, I.

(2019). HUBUNGAN

KARAKTERISTIK PERAWAT

DENGAN PERILAKU CARING.

Jurnal Keperawatan Jiwa, 6(2).

https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.98-

Ayu Putri, N. K., Karjono, K., & Uktutias, S.

A. (2019). Analisis Faktor-Faktor

Penyebab Keterlambatan Pengajuan

Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat

Inap Di RSUD Dr. R. Sosodoro

Djatikoesoemo Bojonegoro. Jurnal

Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr.

Soetomo, 5(2).

https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.165

Dewi, A., Eravianti, & Kumala Putri, D.

(2020). Hubungan Lama Waktu Tunggu

Pasien Dengan Kepuasan Pasien Di

Puskesmas Lubuk Begalung. Seminar

Nasional Syedza Saintika, 1(1).

Jannah, F., Rizani, A., & Marwansyah, H.

(2016). Gambaran Perilaku Caring dan

Faktor Perilaku Caring Perawat

Terhadap Pasien di Ruang Rawat Iinap

RSUD Banjarbaru Tahun 2016. Jurnal

Citra Keperawatan, 5(2).

Juli Muroli, C., W. Rahardjo, T. B., & Germas

Kodyat, A. (2020). Faktor-Faktor Yang

Mempengaruhi Terjadinya Pending

Klaim Rawat Inap Oleh BPJS Di RSAB

Harapan Kita Jakarta Barat Tahun 2019.

Jurnal Manajemen Dan Administrasi

Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 4(2).

https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.104

Notoadmojo. (2010). Metode Penelitian.

Angewandte Chemie International

Edition, 6(11), 951–952.

Novelina, N. S., & Kuntarti, K. (2021). The

Volume 1 nomor 1 (Januari 2023)| https://jurnal.syedzasaintika.ac.id

Behavioral Science Journal

Januari 2023 |Vol 1 Nomor 1

S EK O L A H T I NG G I I L M U K E S E H ATA N

SY EDZ N A SAI T I K A

relationship between peer caring

behaviour and nursing students’ caring

behaviour towards patients: A crosssectional study. Enfermeria Clinica, 31.

https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2020.12.

Nurbiyati, T. (2013). Persepsi Pasien Tentang

Perilaku Caring Perawat Dalam

Pelayanan Keperawatan. Prosiding

Seminar Nasional & Internasional.

Oluma, A., & Abadiga, M. (2020). Caring

behavior and associated factors among

nurses working in Jimma University

specialized hospital, Oromia, Southwest

Ethiopia, 2019. BMC Nursing, 19(1).

https://doi.org/10.1186/s12912-020-

-2

Rahmatiqa, C., Sulrieni, I. N., & Novita Sary,

A. (2020). KELENGKAPAN BERKAS

REKAM MEDIS DAN KLAIM BPJS DI

RSUD M.ZEIN PAINAN. Jurnal

Kesehatan Medika Saintika, 11(1).

https://doi.org/10.30633/jkms.v11i1.514

Vujanić, J., Prlić, N., & Lovrić, R. (2020).

Nurses’ self-assessment of caring

behaviors in nurse–patient interactions:

A cross-sectional study. International

Journal of Environmental Research and

Public Health, 17(14).

https://doi.org/10.3390/ijerph17145255

Wuwung, E. C. Q., Gannika, L., & Karundeng,

M. (2020). PERILAKU CARING

PERAWAT DENGAN KEPUASAN

PASIEN. JURNAL KEPERAWATAN,

(1).

https://doi.org/10.35790/jkp.v8i1.28419


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : -
p-ISSN : -


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Editor In Chief
Dr. Inge Angelia, M.Pd
Phone: 085264158670


Editor
Inelvi Yulia, M.Si
Phone: 082385850894
Riva Nadia Putri,S.Psi, M.Psi
Phone : 085264432580


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter