PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING
Abstract
ABSTRAK
Toilet training terdiri dari bowel control atau kontrol buang air besar dan bladder control kontrol buang air kecil. Saat yang tepat untuk mulai melatih anak melakukan toilet training adalah setelah mulai bisa berjalan (sekitar 1,5 tahun). Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kegagalan toilet training antara lain pengetahuan orangtua, kesiapan anak dan kesiapan orangtua, kesadaran anak dan pola buang air pada anak. Pengetahuan tentang toilet training sangat penting dimiliki oleh seorang ibu. Hal ini akan berpengaruh pada penerapan toilet training pada anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training di Posyandu Talang Tinggi Wilayah Kerja Puskesmas Siulak Mukai Kabupaten Kerinci Tahun 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasy Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest-Posttest yang dilaksanakan tanggal pada 8 September 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang memiliki anak usia toddler di Posyandu Talang Tinggi Wilayah Kerja Puskesmas Siulak Mukai. Teknik sampel Purposive Sampling dengan jumlah 16 orang. Data diolah secara komputerisasi dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Paired Sampel T test.
Hasil penelitian didapatkan rata-rata pengetahuan ibu sebelum diberikan pendidikan kesehatan yaitu 7,00 sedangkan sesudah diberikan pendidikan kesehatan yaitu 12,06. Berdasarkan uji statistik untuk pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu di dapatkan p value = 0,000. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang toilet training. Diharapkan agar hasil penelitian ini menjadi salah satu program di lingkungan Puskesmas Siulak Mukai dalam memberikan pendidikan kesehatan pada ibu tentang toilet training.
Kata Kunci : Toilet Training; Tingkat Pengetahuan Ibu; Pendidikan Kesehatan
ABSTRACK
Toilet training consists og bowel control or bowel control and bladder control to control uniration. The right time to start training children to do toilet training is after starting to be able to walk (about 1,5 years). There are several factors that can affect the failure of toilet training, including parental knowledge, children’s readiness and parental readiness, children’s awareness and patterns of defecating in children. Knowledge about toilet training is very important for a mother to have. This will affect the implementation of toilet training in children. The purpose of this study was to determine the effect of health education on the level of knowledge of mother’s about toilet training at Talang Tinggi Posyandu in the Working Area of Puskesmas Siulak Mukai Kabupaten Kerinci in 2020.
The type of research used was teh Quasy Experiment with the One Group Pretest-Posttest design which was held on September 8 in 2020. The population in this study were all mother who had toddlers at the Talang Tinggi Posyandu in the Working Area of Puskesmas Siulak Mukai. Purposive sampling sample technique with a total of 16 people. Data were processed computerized with univariat and bivariat analysis using the Paired Sample T Test. The results showed that the average knowledge of mothers before being given health education was 7,00, while after being given health education, it was 12,06. Based on the statistical test for the effect of health education on maternal knowledge p value = 0,000.It can be concluded that there is an effect of health education on maternal knowledge about toilet training. It is hoped that the results of this research will become one of the programs in the Siulak Mukai Community Health Center in providing health education to mothers about toilet training.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Damanik, V.A & Sri, L. 2019. Hubungan Peran Keluarga dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia Prasekolah di Lingkungan 14 Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat Tahun 2019. Jurnal Keperawatan Priority. Akadami Keperawatan Helvetia Medan.
Eveline & Nanang, D. 2010. Panduan Pintar Merawat Bayi dan Balita. Jakarta : Wahyu Media.
Ginanjar, M.R. 2018. Pengaruh Pendidikan kesehatan Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training pada Anak Prasekolah di Paud Terate 2 Desa Tugu Mulyo. Jurnal Keperawatan. Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Muhammadiyah Palembang.
Hanindita, M. 2015. Play and Learn. Yogyakarta : Stiletto Book.
Hidayat, A.A. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta : Salemba Medika.
. 2009. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak I. Jakarta : Salemba Medika.
. 2011. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak I. Jakarta : Salemba Medika.
. 2013. Metode Penelitian Keperawatan Teknik Analisis Data. Jakarta : Salemba Medika.
Janah, dkk. 2017. Pengaruh Toilet Training terhadap Tingkat Kognitif Orangtua dan Frekuensi Enuresis pada Anak Usia Prasekolah di Pemalang. Jurnal. Program Studi Ilmu Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kendal.
Lase, L.C. 2018. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training dengan Kebiasaan Pemakaian Diapers pada Anak Usia Toddler di Paud Bintang Emas Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Skripsi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan Jurusan Kebidanan D.IV Kebidanan Alih Jenjang.
Lutviyah. 2017. Hubungan Perilaku Orangtua terhadap Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia Toddler (18-36 bulan). Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang.
Mubarak. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Notoatmodjo. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nursalam & Ferry, E. 2008. Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.
Pratiwi, D. 2019. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Toilet Training dengan Pelaksanaan Toilet Training pada Anak Usia 1-3 tahun di Paud Pelangi di Sukoharjo. Jurnal. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Priyoto. 2015. Teori Perubahan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika.
Prihantin. G.S. 2018. Pengantar Biostatistik. Malang : UMM Press.
Probowati, R.W. 2014. Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Toilet Training Anak Usia 1-3 Tahun terhadap Pengetahuan Ibu di Desa Ambon Banyudono Boyalali. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Ilmu Kesehatan.
Rakhma, E. 2017. Menumbuhkan Kemandirian anak. Jogjakarta : Stille Book.
Ratnaningsih, T & Novia, E.P. 2020. Penggunaan Diapers Selama Masa Toilet Training dengan Kejadian Enuresis pada Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Silampari. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Sehat PPNI Mojokerto.
Septiari, B. 2012. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orangtua. Yogyakarta : Nuha Medika.
Soetjiningsih, C.H. 2018. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta : KENCANA.
Sopiyudi, M. 2016. Statistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Edisi.4. Jakarta : Salemba Medika.
Suririnah. 2010. Buku Pintar Mengasuh Balita. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Susanto, Ahmad. 2015. Bimbingan dan Konseling di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : KENCANA.
Swarjana, I.K. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : ANDI.
Ulfa, M. 2017. Toilet Training. Banda Aceh : Yayasan Cahaya Bintang Kecil.
Wawan & Dewi. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika
Refbacks
- There are currently no refbacks.