PENERAPAN ANALISIS SWOT UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK MURNI ELOK PADANG
Abstract
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan sangat penting bagi seluruh lapisan masyarakat. Hal ini menjadikan klinik memiliki peranan penting sebagai salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan lapisan masyarakat dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan. Klinik Murni Elok yang juga memiliki posisi di pusat kota juga dituntut berperan maksimal dalam peyanan masyarakat. Melalui peranan yang penting ini maka klinik harus meningkatkan mutu pelayanan yang dimiliki. Sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan secara efektif dan efesien. Untuk meningkatkan mutu maka klinik harus melakukan analisis baik secara internal maupun secara eksternal. Sehingga tujuan untuk memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat dapat tercapai. Salah satu alat analisis untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan acaman adalah dengan menggunakan SWOT Analysis. Sehingga dengan menggunakan alat analisis ini klinik dapat mengetahui strategi apa yang harus dilakukan untuk kedepannya.
Kata Kunci : Kepuasan Masyarakat, SWOT Analysis, Klinik, Pelayanan
ABSTRACT
Medical services are very important for all levels of society. This makes the clinic have an important role as one of the answers to meet the needs of the community in order to provide health services. Clinic Murni Elok, which also has a position in the city center, is also required to play a maximum role in community service. Through this important role, the clinic must improve the quality of its services. So that people can enjoy health services effectively and efficiently. To improve the quality, the clinic must analyze both internally and externally. So that the goal of providing maximum service to the community can be achieved. One of the analytical tools to find out the strengths, weaknesses, opportunities and threats is to use SWOT Analysis. So that by using this analytical tool the clinic can find out what strategies should be done in the future.
Keywords: Public Satisfaction, SWOT Analysis, Clinic, Service
Full Text:
PDFReferences
Kotler, P. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rosaria, I. P. (2017, Januari). Perumusan Strategi Peningkatan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalansi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kardinah Tegal Berdasarkan Analisis SWOT. Jurnal Para Pemikir, 6(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v3i2.1157
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang
Contact Person:
Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone : 082384992512
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.