Workshop Pengenalan Gejala Stres, Cemas Dan Depresi Pada Peer counselor Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah
Abstract
ABSTRAK
Gejala stress, cemas dan depresi rentan terjadi pada mahasiswa kedokteran.Penelitian yang dilakukan oleh bagian Bimbingan Konseling dari Unit Support didapatkan mahasiswa kedokteran mengalami cemas, stress bahkan depresi dengan gejala yang bervariasi dari ringan sampai ke tingkat sedang-berat. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan pada peer counselor untuk mengenali gejala stres, depresi dan cemas sehingga dapat melakukan deteksi pada teman sebayanya. Kegiatan ini dilakukan dengan melalui 3 tahap yaitu tahap rekruitmen dan seleksi, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Tahap rekrutment dimulai dengan mengirimkan link survey ke grup mahasiswa, untuk mahasiswa yang memiliki minat sebagai peer counselor..Tahap pelaksanaan dimulai dengan melakukan proses pre-test yan bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta mengenai gejala stress, cemas dan depresi. Lalu dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai gejala stress, depresi dan cemas. Tahap Evaluasi melakukan post test untuk menilai tingkat pemahaman setelah pemberian materi. Peserta dari kegiatan ini 28 orang yang dilakukan via zoom. Hasil dari kegiatan ini diperoleh terdapat peningkatan pengetahuan peserta pelatihan mengenai gejala stress, cemas dan depresi, yang dapat digunakan sebagai pelaksanaan fungsinya sebagai peer counselor.
Kata kunci: konselor sebaya, depresi, stress, cemas, mahasiswa
ABSTRACT
Symptoms of stress, anxiety, and depression are prone to occur in medical students. The Counseling Guidance section of the Support Unit found that medical students experience anxiety, stress, and even depression with symptoms that vary from mild to moderate to severe. This Community Service aims to increase the knowledge of peer counselors to recognize symptoms of stress, depression, and anxiety to detect their peers. This activity is carried out through 3 stages: the recruitment and selection stage, the implementation stage, and the evaluation stage. The recruitment stage begins by sending a survey link to the student group for students interested in being a peer counselors. The implementation stage begins with a pre-test process that aims to determine participants' knowledge about symptoms of stress, anxiety, and depression. Then proceed with the provision of material about the symptoms of stress, depression, and anxiety. The evaluation stage conducts a post-test to assess the level of understanding after giving the material. The participants of this activity were 28 people, which were carried out via zoom. The result of this activity is an increase in the trainees' knowledge regarding the symptoms of stress, anxiety, and depression, which can be used to implement their functions as peer counselors.
Keywords: peer counselors, depression, anxiety, students
Full Text:
PDFReferences
Anissa, M., Akbar, R. R., Darmayanti, A., & Oktora, M. (n.d.). Scientia Psychiatrica The Mental Health of First-Year Medical Students in Universitas Baiturrahmah. 66–70.
Carr, R. (2017). The Theory and Practice of Peer Mentoring in Schools. January 1984.
Falade, J., Oyebanji, A. H., Babatola, A. O., Falade, O. O., & Olumuyiwa, T. O. (2020). Prevalence and correlates of psychiatric morbidity, comorbid anxiety and depression among medical students in public and private tertiary institutions in a nigerian state: A cross-sectionalsectional analytical study. Pan African Medical Journal, 37(53), 1–15. https://doi.org/10.11604/pamj.2020.37.53.24994
Gan, G. G., & Hue, Y. L. (2019). Anxiety, depression and quality of life of medical students in Malaysia. Medical Journal of Malaysia.
Hadianto, H. (2014). Prevalensi dan Faktor-faktor Risiko yang Berhubungan dengan Tingkat Gejala Depresi pada Mahasiwa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Untan.Ac.Id, 1–18. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jfk/article/download/7827/7924
Lim, G. Y., Tam, W. W., Lu, Y., Ho, C. S., Zhang, M. W., & Ho, R. C. (2018). Prevalence of Depression in the Community from 30 Countries between 1994 and 2014 /692/699/476/1414 /692/499 article. Scientific Reports, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.1038/s41598-018-21243-x
Pik, R. (n.d.). Nur Asri Fitriani , Lara Fridani , Anan Sutisna Nur Asri
Fitriani , Lara Fridani , Anan Sutisna Jurnal Pendidikan. 108–116.
Pokhrel, N. B., Khadayat, R., & Tulachan, P. (2020). Depression, anxiety, and burnout among medical students and residents of a medical school in Nepal: A cross-sectional study. BMC Psychiatry, 20(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s12888-020-02645-6
Ridhani, A. R., Abidarda, Y., Islam, U., Muhamad, K., & Banjarmasin, A. A. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Peer Counseling : Upaya Dalam Meminimalisir Masalah Remaja. 4(1), 37–42.
Sari, A. N., Oktarlina, R. Z., & Septa, T. (2017). Masalah kesehatan jiwa pada mahasiswa kedokteran. Jurnal Medula, 7(4), 82–87. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/medula/article/view/1694/pdf
Stephanie, M., & Surjadi, C. (2020). the Mental Health of First- and Final-Year Preclinical Medical Students. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 9(3), 291. https://doi.org/10.22146/jpki.52417
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v4i2.1564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang
Contact Person:
Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone : 082384992512
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.