EDUKASI KESEHATAN JIWA DAN SKRINNING MASALAH KESEHATAN JIWA DAN PSIKOSOSIAL PADA REMAJA SEBAGAI UPAYA MEMBENTUK REMAJA YANG SEHAT MENTAL
Abstract
Masa remaja merupakan masa kritis bagi perkembangan fisik dan mental. Perkembangan kesehatan
mental yang baik penting untuk kesehatan dan kualitas hidup remaja yang baik sepanjang masa hidup
remaja di masa depan. Hasil observasi dan wawancara dengan pihak sekolah dimana belum adanya
kegiatan sosialisasi tentang kesehatan jiwa pada remaja sehingga banyak siswa tidak tahu dan tidak
mengerti bagaimana cara melakukan deteksi masalah kesehatan jiwa pada remaja, dan belum adanya
terbentuk remaja sehat jiwa di sekolah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman siswa tentang kesehatan jiwa melalui edukasi dan mengetahui masalah
kesehatan jiwa dan psikososial pada siswa.Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi tentang
kesehatan jiwa remaja serta skrining masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Instrumen yang
digunakan adalah kuesioer pengetahuan tentang kesehatan jiwa remaja dan kuesioner DASS 42 untuk
mengukur masalah kesehatan jiwa dan psikososial. Jumlah siswa yang mengikuti kegiatan sebanyak 30
orang siswa Kelas X.Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah siswa yang hadir memahami tentang
kesehatan jiwa pada remaja, terdeteksi masih ada siswa yang mengalami depresi ringan, stress ringan
dan sedang, serta kecemasan ringan dan sedang. Para siswa antusias dalam mengikuti kegiatan hingga
selesai. Perlunya keterlibatan sekolah dalam penanganan kesehatan jiwa dengan skrining dan edukasi
kesehatan jiwa.
Kata Kunci: Edukasi, Kesehatan jiwa remaja, Skrining
Full Text:
PDFReferences
lves, F. F. (2022). The Prevalence of
Adolescent Social Fears and Social
Anxiety Disorder in School
Contexts . International Journal of
Environmental Research and
Public Health, 19(19).
doi:https://doi.org/10.3390/ijerph1
Andrews, J. H. (2020). Evidence-Based
Assessment Tools for Common
Mental Health Problems: A
Practical Guide for School Settings.
Children & Schools, 42(1), 41–52.
Beck, A. L. (2021). Screening for
depression in children and
adolescents: a protocol for a
systematic review update.
Systematic Reviews, 10(1).
doi:https://doi.org/10.1186/s13643-
-01568-3
Bharati, D. K. (2022). Correlates of
depression among school going
adolescents in the urban area of
Patna in eastern India . Journal of
Family Medicine and Primary
Care, 11(5).
doi:https://doi.org/10.4103/jfmpc.jf
mpc_125_21
Catani, C. W. (2023). School-based mental
health screenings with Ukrainian
adolescent refugees in Germany:
Results from a pilot study. Frontiers
in Psychology, 14(1).
Endriyani, S., Martini, S., & Pastari, M.
(2024). Edukasi dan skrining
kesehatan jiwa remaja dengan
aplikasi. Madaniya, 5(1), 192-198.
Garcia-Carrion, R. V.-G. (2019). Children
and adolescents mental health: A
systematic review of interaction-
based interventions in schools and
communities. In Frontiers in
Psychology, 10(1).
doi:https://doi.org/10.3389/fpsyg.2
00918
Grande, A. J.-L. (2023). Efficacy of school-
based interventions for mental
health problems in children and
adolescents in low and middle-
income countries: A systematic
review and meta-analysis. In
Frontiers in Psychiatry, 13(1).
Hankin, B. L. (2020). Screening for and
Personalizing Prevention of
Adolescent Depression. Current
Directions in Psychologicalcience, 29(4), 327–332.
doi:https://doi.org/10.1177/096372
Korczak, D. J. (2023). Diagnosis and
management of depression in
adolescents. CMAJ. Canadian
Medical Association Journal ,
(21), E739-E746.
Mangal, A. T. (2020). Screening for
common mental health problems
and their determinants among
school-going adolescent girls in
Gujarat, India. Journal of Family
Medicine and Primary Care, 9(1).
Monsillion, J. Z.-D. (2023). School
Mindfulness-Based Interventions
for Youth, and Considerations for
Anxiety, Depression, and a Positive
School Climate—A Systematic
Literature Review. In Children,
(5).
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi
Kesehatan dan Perilaku Kesehatan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Organization, W. H. (2020). Guidelines on
mental health promotive and
preventive interventions for
adolescents : helping adolescents
thrive.
Sakellari, E. N. (2021). Mental health and
wellbeing at schools: Health
promotion in primary schools with
the use of digital methods. In
Children, 8(5).
Scheiner, C. G. (2022). Mental disorders at
the beginning of adolescence:
Prevalence estimates in a sample
aged 11-14 years. Public Health in
Practice, 4(1).
doi:https://doi.org/10.1016/j.puhip.
100348
Sekhar, D. L. (2023). A qualitative analysis
of participant experiences with
universal school-based depression
screening. Preventive Medicine
Reports, 31(1).
doi:https://doi.org/10.1016/j.pmedr
.2022.102073
Van Loon, A. W. (2022). The effects of
school-based interventions on
physiological stress in adolescents:
A meta-analysis. In Stress and
Health, 38(2), 87–209.
doi:https://doi.org/10.1002/smi.308
Williamson, V. L. (2022). School-based
screening for childhood anxiety
problems and intervention delivery:
a codesign approach. BMJ, 12(6).
Woodrow, N. F. (2022). Exploring the
potential of a school-based online
health and wellbeing screening.
BMC Public Health, 22(1).
doi:https://doi.org/10.1186/s12889-
-12748-2
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v6i1.2556
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang
Contact Person:
Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone : 082384992512
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.