PENINGKATAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG KECERDASAN EMOSIONAL
Abstract
ABSTRAK
Perilaku menyimpang yang terjadi dikalangan remaja disebabkan belum matangnya emosi remaja sehingga mudah terpengaruh dengan lingkungan. Upaya mengembangkan emosi remaja agar berkembang ke arah kecerdasan emosional dapat dilakukan dengan memberikan pemahaman tentang kecerdasan emosional yang baik pada remaja melalui pendidikan kesehatan, layanan konseling serta pelatihan emosi.. Tujuan dari kegiatan ini meningkatkan pengetahuan remaja tentang kecerdasan emosional. Kegiatan ini dilakukan di SMKN 1 Padang. Kegiatan ini diawali dengan memberikan pertanyaan seputar pengetahuan remaja mengenai fenomena kenakalan remaja. Dilanjutkan dengan memberikan materi menggunakan power point dan memberikan leaflet. Semua remaja antusias dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Kegiatan ini efektif dilakukan dalam peningkatan pengetahuan remaja dimana terlihat adanya peningkatan remaja sebelum dan sesudah mendapatkan penyuluhan yang terlihat dari kuesioner pre dan post test yaitu sebesar 9,80 point. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk memberikan pemahaman kepada remaja mengenai kecerdasan emosional
Kata Kunci : kecerdasan emosional, remaja, perilaku menyimpang, kenakalan remaja
ABSTRACT
Deviant behavior among adolescents is caused by their immature emotions, making them easily influenced by their environment. Efforts to develop adolescents' emotions toward emotional intelligence can be achieved by providing them with a good understanding of emotional intelligence through health education, counseling services, and emotional training. The purpose of this activity is to increase adolescents' knowledge of emotional intelligence. This activity was conducted at SMKN 1 Padang. The activity began with questions about adolescents' knowledge of the phenomenon of juvenile delinquency. This was followed by a presentation using PowerPoint and leaflets. All adolescents were enthusiastic about participating in this activity, as evidenced by the numerous questions they asked. This activity was effective in increasing adolescents' knowledge, as evidenced by the increase in adolescents' scores before and after receiving counseling, as evidenced by the pre- and post-test questionnaires, which amounted to 9.80 points. This activity is the first step in providing adolescents with an understanding of emotional intelligence.
Keywords: emotional intelligence, adolescents, deviant behavior, juvenile delinquency
Full Text:
PDFReferences
Ahyani, L.N., and Astuti, D. 2018. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Kudus: Universitas Muria Kudus
Aprilia, P., Soesilo, T.D., Irawan, S. 2023. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Bullying Peserta Didik. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan KonselingVol. 7 No. 3, Bulan AgustusTahun 2023
Goleman, D. 2015. Kecerdasan Emosional: Mengapa EI Lebih Penting dari pada IQ, Heryana T, Penerjemaah. Jakarta (ID): PT Gramedia Pustaka Umum
Nugraha, A.B., Dharmayana, I. W., and Sinthia, R. 2019. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Perilaku Bullying. Jurnal Consilisa, Volume 2 No 1 2019 : hal 66-74
Pratiwi, Rini Yudhi. 2013. Kesehatan Remaja di Indonesia Buku The2nd Adolescent Health National Symposia: Current Challenges in Management. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan anak/kesehatan-remaja-di-indonesia.
Rahayu, N., O. 2023. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi
Smith, J., Brown, A., and Johnson, M. 2017. The relationship between psychological distress and emotional intelligence in adolescent bullying behavior. Journal of Adolescent Psychology, 25(3), 45-58.
Wahani, E.T., Isroini, S.P., and Setyawan. A., 2022. Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja. EduCurioJurnal, Vol.1No.1, November2022, Page 198–203
Wiyani, N.A. 2014. Save Our Children from School Bullying. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
World Health Organization (WHO). 2023. Coming of age: adolescent health
Zhang, Y., and Chen, J. 2023. Emotional Intelligence and School Bullying Victimization in Children and Youth Students: A Meta-Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health 2023, 20, 4746
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v7i2.30632
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang
Contact Person:
Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone : 082384992512
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


