EDUKASI MANAJEMENT REGULASI EMOSI TERHADAP PENURUNAN TINGKAT PRILAKU MALADAPTIVE PADA REMAJA DI SMP N 16 KOTO TANGAH PADANG

Anisa Febristi, Nicen Suherlin, Nurhamidah rahman

Abstract


Masa remaja merupakan periode transisi yang ditandai dengan perubahan fisik, emosional, dansosial yang kompleks. Ketidakmampuan remaja dalam mengelola emosi sering kalimenimbulkan perilaku maladaptive seperti agresivitas, menarik diri, dan kesulitan dalammenyesuaikan diri di lingkungan sekolah. Kemampuan mengendalikan diri dan mampumengontrol emosi adalah bentuk ciri individu yang memiliki kematangan emosi. Proses belajarmenuju kematangan emosi melalui proses interaksi dengan lingkungan, pada kenyataannya adajuga remaja yang tidak mampu untuk mencapai kematangan emosi tersebut.Tujuan dari programini adalah untuk mengubah emosi negatif menjadi emosi positif adalah kemampuan individuuntuk menilai dan bertanggung jawab terhadap emosi-emosi yang dirasakannya, sehinggaindividu tersebut dapat membuat keputusan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari. Pkm inimenggunakan desain post-test only dengan pendekatan pra-eksperimental. Sampel penelitianberjumlah 65 siswa kelas VII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Intervensidiberikan dalam bentuk edukasi manajemen regulasi emosi melalui ceramah, video edukatif,dan diskusi kelompok yang berfokus pada kemampuan mengenali, mengekspresikan, danmengendalikan emosi secara positif. Setelah intervensi, responden diberikan kuesioner untukmenilai tingkat perilaku maladaptive. dengan menggunakan skala Maladaptive Behavior IndexVineland Adaptive Behavior Scale. dengan respon tidak pernah megalami (30%) kadangkadang dialami (48%) Sering dialami (22 %) contoh prilaku maladaptive yang dapat diutarakanoleh remaja adalah suka mengejek teman, Lebih suka menyendiri karna memiliki rasa tidak maudiganggu teman, Suka marah2, Tidak suka melihat keramaian, Tidak suka makan rame2, malasmakan suka dengan jajanan Junk Food, Suka sedih, Tidak bersemangat, malas untuk pergikesekolah, Implusif (bertindak tanpa berfikir), Suka diejek teman,suka mengejek teman(Bullying) , Berbohong , Keras kepala, Egois, Menyontek, Tidak sopan, kadang- kadang Sukabolos.Disarankan remaja dapat melakukan dan menilai yang (skrining) prilaku diri sendiri jikasudah mengarah ke maladaptive akan cepat malekukan intervensi yang sudah diajarkansehingga mampu mencegak prilaku maladaptive yang lebih berbahaya bagi masa depanyaKata Kunci: Remaja, Regulasi Emosi, Prilaku Maladaptive, edukasi.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, F. N., Maryam, E. W.,

Widyastuti, W., & Affandi, G. R.

(2023). Psikoedukasi Keterampilan

Regulasi Emosi Pada Siswa Smp.

RESWARA: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 4(2), 1197–

Febristi, A., & Amran, R. (2023).

SOSIALISASI PENDAMPINGAN

KADER “RELASI” REGULASI

EMOSI TERHADAP PENURUNAN

TINGKAT PRILAKU

I

Z NI A AS

G GNI T H AL O KE S

N ATA HE S E K U

S

A

M

Y

K

L

E

I

I

D

T

Jurnal Abdimas Saintika

Volume 7 Nomor 2| https://jurnal.syedzasaintika.ac.id

Jurnal Abdimas Saintika

November 2025

e-ISSN : 2715-4424

p-ISSN :2746-797X

MALADAPTIVE PADA REMAJA

YANG TINGGAL DIPANTI

ASUHAN AL-HURUL AIN

BUNGOPASANG KOTO

TANGAH. Jurnal Abdimas

Saintika, 5(2), 93-98.

Bettmann, J. E., Mortensen, J. M., &

Akuoko, K. O. (2015). Orphanage

Caregivers’ Perceptions of Children’s

Emotional Needs. Children and Youth

Services Review, 49, 71–79.

https://doi.org/10.1016/j.childyouth.20

01.003

Gross, J. J. (2014). Emotion Regulation:

Conceptual and Empirical

Foundations. In J. J. Gross (Ed.),

Handbook of Emotion Regulation,

Second Edition. New York: The

Guilford Press.

Goleman, D. (2009). Emitional Intelligence.

Kecerdasan Emosional Mengapa EI

Lebih Penting daripada IQ.

(Terjemahan T. Hermaya). Jakata : PT

Gramedia Pustaka Utama.

Febristi, A., & Amran, R. (2023).

SOSIALISASI PENDAMPINGAN

KADER “RELASI” REGULASI

EMOSI TERHADAP PENURUNAN

TINGKAT PRILAKU

MALADAPTIVE PADA REMAJA

YANG TINGGAL DIPANTI

ASUHAN AL-HURUL AIN

BUNGOPASANG KOTO

TANGAH. Jurnal Abdimas

Saintika, 5(2), 93-98.

Hurlock, Elizabeth, Psikologi

Perkembangan. Judul Asli

Developmental Psychology (Jakarta :

Erlangga, 2002)

Llapo, O. P. (2015). Caregivers Perception

of Emotional and Behavioural

Difficulties Experienced by Teenage

Orphans Living in Mogapi

(Botswana). University of The

Witwatersrand.

Martin C. Caregiver Perspectives on

Psychosocial Support Programming

for Orphans and Vulnerable

Children in South Africa : a NonGovermental Organization Case

Study. Published online 2015.

Mishra, R., & Sondhi, V. (2018). Fostering

Resilience among Orphaned

Adolescents through Institutional Care

in India. Residential Treatment for

Children and Youth, 00(00), 1–24.

https://doi.org/10.1080/0886571X.201

1535286

Mishra, S. K., & Worth, S.-. (2016). SelfConcept- A Person ’ s Concept of

Self- Influence. International Journal

of Recent Research Aspects, 8(1), 8–

Nurliana Y. Konsep Diri Remaja. Psikol

kemanusian. 2017;4(2):978-979.

Priyanka, Parasar A, Dewangan RL. A

Comparative Study of Self Esteem

and Level of Depression in

Adolescents Living in Orphanage

Home and Those Living With

Parents. Int J Humanit Soc Sci Res.

;4(2):51-53.

Anggraini, F. N., Maryam, E. W.,

Widyastuti, W., & Affandi, G. R.

(2023). Psikoedukasi Keterampilan

Regulasi Emosi Pada Siswa Smp.

RESWARA: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 4(2), 1197–

https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3

World Health Organization. (2015).

Pengelompokan Usia.

World Health Organization. (2017). Health

Adolescence 2017.

Anggraini, F. N., Maryam, E. W.,

Widyastuti, W., & Affandi, G. R.

(2023). Psikoedukasi Keterampilan

Regulasi Emosi Pada Siswa Smp.

RESWARA: Jurnal Pengabdian

Kepada Masyarakat, 4(2), 1197–

https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3

World Health Organiza




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v7i2.30685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter