UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KREASI KIRIGAMI PADA ANAK AUTISME DI SLB AUTISME YPPA

Reska Handayani, Chichi Hafifa Transyah

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanmotorik halus anak, melatih ketelitian, kerapian, konsentrasi, serta membangun jiwakreatif anak, pada anak autisme. Penanganan anak autisme membutuhkan strategi yangberbeda dengan anak lain pada umumnya Salah satu upaya proses pembelajaran dalammeningkatkan motorik halus anak dengan terapi okuposioanal dan terapi bermaindengan pembelajaran dengan kirigami. Terapi kirigami yang diajarkan kepada anakmelihat kemampuan anak dalam membuka gunting, Menggunting sesuai dengan pola,melipat kertas kirigami dan dapat menyetrika kertas kirigami sesuai pola yang telahajarkan. Pelaksanaan Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SLB Autisme YPPAPadang sebanyak 15 anak. Metode pelaksanaan sebelumnya dilakukan Pre test, tahappelaksanaan terapi kreasi kirigami dengan 8 kali pertemuan setiap anak kemudiandilaksanakan tahap evaluasi.Hasil yang didapatkan kemampuan motorik halus anaksebelum dilakukan terapi kreasi kirigami pada anak didapatkan sebanyak 86,6 %kategori rendah sekali sebanyak 6,7%, Kategori cukup sebanyak 6,7 %. Hasil evaluasisetelah dilakukan kreasi kirigami didapatkan kemampuan motorik halus anak kategoribaik sebanyak 14,2 %, kategori Cukup 14,2%, dan kategori rendah sekali 71,6%.Selama proses pengabdian masyarakat setiap anak memiliki karakteristik yangberbeda –beda dan adanya pendampingan guru sekolah terkait dengan tingkatkemampuan anak

Full Text:

PDF

References


Andang, Ismail, 2006. Education games Menjadi Cerdas dan Ceria Dengan permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media Deysa, Rarasati. (2005) . Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis Melalui Media Kreasi Kirigami Di Slb Autis Dian Amanah. Skripsi : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta diakses pada tanggal 27 Juli 2018 Ferani Dwi Hapsari. (2014). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus dan Ekspresi Gembira Menggunakan Kegiatan Kirigami dan Menyanyi Kelompok B TK Pertiwi Jomboran 1 Klaten. Diterbitkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id pada Hamid Mirtawan, M. (2011). Membuat Gift Cards Kirigami Bunga, Buah, dan Sayuran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Hasdianah. (2013). Autis Pada Anak; Pencegahan, Perawatan dan Pencegahan. Yogyakarta: Nuha Medika. Hidayati, (2008 ). Pengembangan Pendidikan . Dirjen Dikti. Depdiknas Hidayat, AA. (2009). Pengantar ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Keperawatan . Jakarta: salemba Medika Ngalim, Purwanto. (2006). Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakara. Novita, Grace Chintia, (2006) Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kirigami Pada Siswa Cerebral Palsy Tipe Spastik Di Slb Rela Bhakti I Gamping, Skripsi : Universitas Negeri Yogyakarta diakses pada tanggal 27 Juli 2018 Paat, Devi (2005). Origami Pesta Buatanku Sendiri. Jakarta: Gramesia Widiasarana Indonesia Rosmala, Dewi (2005). Berbagai masalah Anak Taman Kanak – Kanak. Jakarta : Depdiknas Sri, Widyawati. (2014). Buku Panduan Dasar Melipat Kertas. Yogyakarta: Gava Media. Sumantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas. Yosfan Azwandi. (2005). Mengenal Dan Membantu Penyandang Autisme. Jakarta: Depdiknas. Yudha, M. Saputra & Rudiyanto, (2005). Pembelajaran Kooperatif untuk meningkatkan ketrampilan anak TK. Jakarta : Depdiknas.Dikti Direktorat P2TK2PT




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jas.v1i1.463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publish by Stikes Syedza Saintika Padang 

Contact Person:

Ns. Honesty Diana Morika, M.Kep 
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone : 082384992512

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat

Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter