Analisis Keefektifan Rujukan Dokter Keluarga di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado

Meyta Silvia Lakoro, Billy Kepel, Lydia Tendean

Abstract


Menurut WHO (World Health Organization) suatu karakteristik rujukan medis adalah adanya kerja sama di antara fasilitas pelayanan kesehatan, kepatuhan pada standar operasional prosedur (SOP) rujukan, kelengkapan pada sumber daya pendukung termasuk transportasi, formulir rujukan, komunikasi antara fasilitas kesehatan perujuk ke penerima rujukan dan pelaksanaan rujukan balik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan rujukan dokter keluarga dan mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam keefektifan rujukan dokter keluarga di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif. Jumlah informan 8 orang. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan syarat administrasi rujukan sudah berjalan dengan baik, diagnosa rujukan sudah sesuai dan dapat dilayani di rumah sakit meski ada 86 (56,95%) dari  151 diagnosa rujukan yang masuk dalam 155 penyakit yang dapat ditangani di FKTP. Hal  ini disebabkan oleh kesalahan pengkodean oleh dokter keluarga. Belum adanya komunikasi prarujukan, dimana pasien sebagian besar langsung datang ke rumah sakit dengan membawa surat rujukan. Rumah Sakit belum mempunyai perangkat komunikasi rujukan, SOP sistem rujukan berupa  SOP menerima rujukan, SOP merujuk  balik dan SOP menerima rujuk balik sudah tersedia, dan semua petugas bekerja sesuai SOP yang tersedia. Pelaksanaan rujuk balik sudah berjalan dengan baik, kelengkapan pengisian kolom rujuk balik sudah ditulis dengan penulisan jelas dan terbaca. Mengenai pencatatan dan pelaporan, sudah ada pencatatan tapi masih dalam bentuk catatan register kunjungan pasien dan tidak ditulis terpisah dengan pasien rujukan dari FKTP lain. Tidak ada periode waktu pelaporan ke Dinas Kesehatan Kota, yang ada hanya pelaporan ke BPJS Kesehatan yang dilakukan setiap bulan. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Rujukan Dokter Keluarga di Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado belum efektif

Full Text:

PDF

References


(G.D.Umboh.J.M.L.,2015)Ali.F.A.Kandou G.D.Umboh.J.M.L. 2015. Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Puskesmas Siko dan Puskesmas Kalumata Kota Ternate 2014. Skripsi. JIKMU. 2015:5

Apriani H. 2019. (H., 2019) Analisis Pelaksanaan Sistem Rujukan Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang Tahun 2019. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sriwijaya.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Riset Kesehatan Dasar 2010. J Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2010. (2010., 2010)

(BPJS Kesehatan Manado.2020 Data Rujukan dan Rujukan Non Spesialistik Dokter Praktek Perorangan di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado Periode Agustus Desember 2020. Harahap, n.d.)

Analisis Pelaksanaan Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di Puskesmas Teladan. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Medan.(Medan., n.d.)

(Hartini, H., Arso, S.,& Sriatmi, 2016).Analisis Pelayanan Rujukan Pasien BPJS Di RSUD Chatib Quzwain Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi. Artikel Penelitian. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). Vol 4 (4) : 51-58.

Karleanne Lony. 2014. Analisis Sistem Rujukan Jaminan Kesehatan Nasional RSUD Dr. Adjidarmo Kabupaten Lebak. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. Vol 1 (2) Mustainah. 2017. Implementasi Sistem Rujukan Jaminan Kesehatan Nasional Di Rumah Sakit Stella Maris Makasar. Skripsi. Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Hasanudin. Makasar. (Makasar., 2014)

Parman. 2016. Studi Pelaksanaan Sistem Rujukan Rawat Jalan Tingkat Pertama pada Peserta BPJS Kesehatan di Puskesmas Perumnas Kota Kendari Tahun 2016. Artikel Penelitian. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat. 2017;2. (2017;2., 2017)

RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. 2020. Laporan Rekam Medik Kunjungan Pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Poliklinik Bulan Sepetember -Desember Tahun 2020 . Manado(Manado, 2020)

.(Taher. 2013. Kesiapan Implementasi JKN dan Peran Fakultas Kedokteran Dalam Penyediaan Dokter Layanan primer. Materi Seminar Kesiapan Implementasi JKN di Provinsi Jawa Barat. Bandung, 2013)

Thabrany.2014. Jaminan Kesehatan Nasional. Penerbit Raja Grafindo Persada.Jakarta(Persada.Jakarta, 2014)

(Wonodirekso, 2004). Praktik Pelayanan Primer Kedokteran Keluarga. Ebers papyrus. Vol.15:1.April 2009

World Health Organizations. 2018. Management of Health Facilities: Referral systems (Health Referral System and Minimum Packages of Service). . Diunduh pada 20 September.(2020., 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v12i2.1081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats