HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. RASIDIN PADANG
Abstract
Mutu pelayanan keperawatan belum sepenuhnya dilaksanakan di ruang rawat inap dimana mutu pelayanan yang baik seperti ketepatan waktu, informasi, kompetensi teknis, hubungan perawat dan lingkungan sangat menentukan tingkat kepuasaan pasien. Hasil survey didapatkan hasil bahwa pasien mengatakan tidak puas dengan pelayanan yang diberikan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasaan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. Rasidin Padang. Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan desain cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sampel diambil secara Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel 82 orang. Perawat tidak melaksanakan pelayanan keperawatan secara baik sehingga kepuasaan pasien yang dirawat di rungan tidak puas dengan pelayanan keperawatan yang diberikan perawat. Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasaan pasien. Disarankan agar rumah sakit khususnya perawat yang ada di ruang rawat inap agar dapat meningkatkan pelayanan keperawatan khususnya hubungan perawat dengan pasien, kompetensi yang dimiliki perawat serta lingkungan rumah sakit dan ruang rawat inap yang bersih, aman dan nyaman sehingga kepuasaan pasien bisa meningkat
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andari. 2001. Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Airlangga
Anis, R. 2004. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di RS Suti Khodijah Jawa Timur. Diakses September 2015
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineke Cipta
Azwar, A 2000. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan: aplikasi prinsip lingkaran pemecahan masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Budiastuti. 2002. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Dari http://www.kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-rumah-sakit-Artikel-Psikoligi-Klinis-Perkembangan-dan-sosial.htm.Diakses Jani 2015.
Bustami. 2012. Panjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptability. Jakarta: Erlangga
Notoadmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi,Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
______. 2011. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dan Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika
. 2012. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional edisi 3. Jakarta: Salemba Medika
Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: . dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC
Pohan, Imbalo S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: . dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC
Permenkes No.40. 2012. Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat
Purnomo. 2002. Manajemen Pelayanan Puskesmas. Jakarta: Salemba Medika
Potter, P.A & Perry, A.G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawata: Konsep, Proses dan Praktik. Alah Bahasa: Yasmin Asih, Edisi 4. Jakarta: EGC
PT Askes Cabang Padang. 2014. Laporan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang Diselenggarakan BPJS. Diakses Februari 2014
Reflita. (2010). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasaan Pasien terhadap Pelayanan Puskesmas. Di Akses Januari 2014
Rizki, AA. (2011). Jurnal Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Jamkesmas. Diakses Februari 2014
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v13i2.1628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats