HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. RASIDIN PADANG

Indah Komala Sari, Rizanda Mahmud, Hendria Putra

Abstract


Mutu pelayanan keperawatan belum sepenuhnya dilaksanakan di ruang rawat inap dimana mutu pelayanan yang baik seperti ketepatan waktu, informasi, kompetensi teknis, hubungan perawat dan lingkungan sangat menentukan tingkat kepuasaan pasien. Hasil survey didapatkan hasil bahwa pasien mengatakan  tidak puas dengan pelayanan yang diberikan perawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasaan pasien di ruang rawat inap RSUD dr. Rasidin Padang. Jenis penelitian ini deskriptif korelasi dengan desain cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, sampel diambil secara Proporsional Random Sampling dengan jumlah sampel 82 orang. Perawat  tidak melaksanakan pelayanan keperawatan secara baik sehingga kepuasaan pasien yang dirawat di rungan tidak puas dengan pelayanan keperawatan yang diberikan perawat. Hasil uji statistik Chi-Square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan dengan kepuasaan pasien. Disarankan agar rumah sakit khususnya perawat yang ada di ruang rawat inap agar dapat meningkatkan pelayanan keperawatan khususnya hubungan perawat dengan pasien, kompetensi yang dimiliki perawat serta lingkungan rumah sakit dan ruang rawat inap yang bersih, aman dan nyaman sehingga kepuasaan pasien bisa meningkat


Keywords


Prosedur; Penilaian kinerja karyawan; FMEA

Full Text:

PDF

References


Andari. 2001. Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Airlangga

Anis, R. 2004. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di RS Suti Khodijah Jawa Timur. Diakses September 2015

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineke Cipta

Azwar, A 2000. Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan: aplikasi prinsip lingkaran pemecahan masalah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Budiastuti. 2002. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit. Dari http://www.kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-rumah-sakit-Artikel-Psikoligi-Klinis-Perkembangan-dan-sosial.htm.Diakses Jani 2015.

Bustami. 2012. Panjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptability. Jakarta: Erlangga

Notoadmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. 2003. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi,Tesis dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

______. 2011. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dan Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika

. 2012. Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional edisi 3. Jakarta: Salemba Medika

Pohan, Imbalo S. 2006. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: . dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

Pohan, Imbalo S. 2012. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: . dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: EGC

Permenkes No.40. 2012. Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Masyarakat

Purnomo. 2002. Manajemen Pelayanan Puskesmas. Jakarta: Salemba Medika

Potter, P.A & Perry, A.G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawata: Konsep, Proses dan Praktik. Alah Bahasa: Yasmin Asih, Edisi 4. Jakarta: EGC

PT Askes Cabang Padang. 2014. Laporan Program Jaminan Kesehatan Nasional yang Diselenggarakan BPJS. Diakses Februari 2014

Reflita. (2010). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasaan Pasien terhadap Pelayanan Puskesmas. Di Akses Januari 2014

Rizki, AA. (2011). Jurnal Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasaan Pasien Jamkesmas. Diakses Februari 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v13i2.1628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats