Pentingnya Pola Asuh Terhadap Sibling Rivalry Pada Anak
Abstract
Kepribadian anak terbentuk berdasarkan pola asuh yang didapatkan dari keluaarga dan lingkungan disekitarnya. Meskipun setiap anak memiliki kepribadian unik namun setiap anak memiliki potensi yang sama untuk tumbuh dan berkembang. lingkungan keluarga sangat menentukan proses pembentukan kepribadian dan karakter anak terutama penerapan pola asuh yang diterima anak dan saudaranya. Jika pola asuh serta interaksi antar saudara kurang baik maka akan menimbulkan permasalahan antar saudara yaitu sibling rivalry yang merupakan persaingan kurang sehat antar saudara kandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui hubungan antara pola asuh yang diterapkan orang tua dengan kejadian sibling rivalry pada anak. Penelitian ini mengggunakan rancangan deksriptif analisitik dengan menggunakan instrumen pola asuh dan sibling rivalry yang dilakukan pada 68 sampel yaitu orang tua yang memiliki anak lebih dari satu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan univariat dan bivariat menggunakan uji statistik chi square. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa dari 68 responden, sebagian orang tua 35 (51,5%) menerapkan pola asuh demokratis, kemudian terdapat 19 (27,9%) anak yang mengalami sibling rivalry serta terdapat hubungan antara pola asuh dengan kejadian sibling rivalry. Sehingga peneliri menyarankan agar pola asuh yang diterapkan orang tua hasrus sesuai dengan tahap pertumbuhan dan perkembangan seorang anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Armini NW, Sriasih NGK, & Biomed, M. G. (2017). Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Prasekolah. Penerbit Andi.
Brilliana, C., Mas’udah, E. K., & Widyana, E. D. (2022). The Use Of Video And E-Booklets In Educating Parents On Sibling Rivalry. SEAJOM: The Southeast Asia Journal of Midwifery, 8(2), Article 2.
https://doi.org/10.36749/seajom.v8i2.178
Budiartati, S. K. P. E. (2020). Upaya Orang Tua Dalam Mengatasi Sibling Rivalry Pada Anak Usia Dini Di Kb Tk Tunas Mulia Bangsa Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.30870/e-plus.v5i1.8096
Damayanti, F. E., Kusumawati, D., Efendi, A., & Wiryanti, N. K. L. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Sibling Rivalry pada Anak Usia 3-6 Tahun: Studi Literatur. Nursing Information Journal, 2(1), 27–33. https://doi.org/10.54832/nij.v2i1.220
Dewi, A., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233
Dewi, T. S. (2019). Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Kecembururan (Sibling Rivalry) pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, 7(1), Article 1. https://www.jurnal-kesehatan.id/index.php/JDAB/article/view/129
Elyta, R., Rimalia, & Mutia, R. (2022). How to Deal with Sibling Rivalry?: Perselisihan Kakak Adik dan Cara Menanganinya. LAKSANA.
Fitri, I., & Hotmauli, H. (2022). Pola Asuh Orang Tua terhadap Sibling Rivalry pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), Article 5.
https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2480
Kemenkes RI. (2011). Kebutuhan Dasar Anak untuk Tumbuh Kembang Yang Optimal. https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/021113-kebutuhan-dasar-anak-untuk-tumbuh-kembang-yang-optimal
Kemenkes RI. (2018a). Pahami Tahapan Tumbuh Kembang Anak: Jangan Sampai Ada yang Terlewati. Sehat Negeriku. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20180724/5627220/pahami-tahapan-tumbuh-kembang-anak-jangan-sampai-ada-terlewati/
Kemenkes RI. (2018b). Pentingnya Pola Asuh Tepat untuk Membentuk Kepribadian Anak.
https://www.kemkes.go.id/article/view/18080100001/pentingnya-pola-asuh-tepat-untuk-membentuk-kepribadian-anak.html
Kemenpppa. (2016a). Pengasuhan Anak Berkualitas Dalam Mendukung Gn-Aksa. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/30/470/pengasuhan-anak-berkualitas-dalam-mendukung-gn-aksa
Kemenpppa. (2016b). Press Release: Menteri Pp Dan Pa: Ajak Masyarakat Lindungi Anak Dari Kekerasan. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/114/press-release-menteri-pp-dan-pa-ajak-masyarakat-lindungi-anak-dari-kekerasan
Marhamah, A. A., & Fidesrinur, F. (2021). Gambaran Strategi Orang Tua Dalam Penanganan Fenomena Sibling Rivalry Pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 2(1), Article 1. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v2i1.578
Masykuroh, S. S. N., Amelia Vinayastri, Khusniyati. (2019). Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. EDU PUBLISHER.
Muarifah, A., & Fitriana, Y. F. F. (2018). Sibling Rivalry: Bagaimana Pola Asuh dan Kecerdasan Emosi Menjelaskan Fenomena Persaingan Antar Saudara? Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.600
Rofiah, S. (2013). Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 1 – 5 tahun. Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science), 1(3), Article 3.
https://doi.org/10.36307/jik.v1i3.13
Rosalita, V. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dan Jarak Usia Anak Dengan Kejadian Sibling Rivalry Pada Usia Pra Sekolah Di Surau Gadang Rw Xv Siteba Kota Padang Tahun 2022 [Diploma, STIKES Alifah Padang]. https://doi.org/10/5/SKRIPSI%20FULL.pdf
Salistina, D. (2016). Hubungan Antara Favoritisme Orangtua Dan Sibling Rivalry Dengan Harga Diri Remaja. JURNAL TARBIYAH, 23(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/tar.v23i1.109
Santoso, M. D. Y., Sunarto, S., & Supanti, S. (2021). Studi Fenomenologi Pengalaman Perawat Dalam Merawat Pasien Suspect Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Medikal Bedah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.32584/jikmb.v4i1.617
Septiawan, M. R. (2022). Hubungan Perkembangan Mental-Emosional Terhadap Sibling Rivalry Pada Anak Preschool. Jurnal Vokasi Keperawatan (JVK), 5(1), Article 1.
https://doi.org/10.33369/jvk.v5i1.22209
Suciati, A. D., & Srianturi, Y. (2021). Konseling Realitas untuk Mengatasi Siblings Rivalry Anak Usia Dini. Journal of Education and Counseling (JECO), 2(1), Article 1.
Sugihartiningsih, S. (2007). Tumbuh Kembang Anak Usia PRA Sekolah. Profesi: Media Publikasi Penelitian, 2, 36–41. https://doi.org/10.26576/profesi.37
Turniati, E., & Nusantoro, E. (2015). Upaya Mengatasi Sibling Rivalry melalui Layanan Konseling Kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(4), Article 4. https://doi.org/10.15294/ijgc.v4i4.8826
Wahyuni NS. (2022). Tumbuh Kembang Anak. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1669/tumbuh-kembang-anak
Yaerina YN. (2016). Hubungan Jenis Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry Pada Anak Usia 3-12 Tahun Di Desa Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk [Skripsi, Universitas Airlangga]. http://lib.unair.ac.id
Yektiningsih, E., Firdausi, N., & Yuliansari, P. (2022). Upaya peningkatan Pengetahuan pencegahan Perilaku kekerasan Anak dengan Sibling Rivalry melalui Pendidikan Kesehatan kepada Orang Tua. Journal of Community Engagement in Health, 5(1), 8–12.
https://doi.org/10.30994/jceh.v5i1.326
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v14i1.1715
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats