ANALISIS FAKTOR PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN MELALUI METODE SISTEM PEMBERIAN PELAYANAN KEPERAWATAN PROFESIONAL (SP2KP) RSI SWASTA PADANG

Dewi Murni, Sidaria Sidaria

Abstract


Pendahuluan : Bidang kesehatan tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan. Indikator mutu pelayanan keperawatan dapat ditingkatkan dengan cara salah satunya ialah penerapan standar pelayanan keperawatan professional seperti penerapan sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan Professional (SP2KP). Penerapan sistem SP2KP tersebut melibatkan kerjasama yang professional antara kepala ruangan, perawat primer (PP) dan perawat asosiet (PA) serta CCM (Clinical Care Management). Motivasi kerja merupakan sebuah kondisi yang berpengaruh untuk mengarahkan, membangkitkan, dan memelihara perilaku yang erat hubungannya dengan lingkungan kerja. Perawat tentunya akan selalu mengembangkan karir yang bertujuan meningkatkan moral kerja dan mengurangi kebutuhan karier. Terdapat 4 indikator sebagai dasar pengaturan pengorganisasian yaitu pembagian sesuai tugas, sesuai pekerjaan, penentuan relasi dan penentuan mekanisme untuk mengintegrasikan aktivitas antar bagian dalam organisasi atau koordinasi. Secara optimal, pengorganisasian dapat menentukan mutu pelayanan. Pembagian tugas harus diperhatikan adanya keseimbangan wewenang dan tanggung jawab staff. Serta pembagian tugas dan pendelegasian wewenang dapat diketahui hubungan organisator antara suatu staf satu dengan yang lainnya dalam organisasi.Tujuan Penelitian: mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pelayanan di bidang keperawatan, dengan fokus pada penerapan Sistem Pemberian Pelayanan Keperawatan Professional (SP2KP). Bahan dan Metode: Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Cross-Sectional Study, teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling, sampelnya adalah 67 perawat praktik yang bekerja di ruang rawat inap dengan menggunakan Metode Professional Nursing Service Delivery System. Penelitian dilakukan di salah satu rumah sakit Swasta di Padang. Data dianalisis menggunakan Smart PLS Structural Equation Modeling (SEM) dengan outer model melalui CFA 3rd Order. Analisis Faktor Konfirmatori terhadap variabel faktor Internal untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui penerapan metode Professional Nursing Service Delivery System. Hasil: Berdasarkan hasil analisis, Dimensi yang paling dominan berhubungan dengan faktor peningkatan kualitas pelayanan adalah dimensi pengakuan dengan nilai loading faktor sebesar 0,849. Kesimpulan: Dimensi pengakuan memiliki peran yang sangat dominan dalam mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan di bidang keperawatan. implementasi kebijakan atau strategi yang memperkuat aspek pengakuan dalam lingkungan kerja perawatan dapat dianggap sebagai langkah yang krusial dalam meningkatkan mutu pelayanan. Pengakuan dapat mencakup penghargaan terhadap prestasi kerja, apresiasi terhadap kontribusi perawat, dan peningkatan komunikasi positif antara anggota tim kesehatan Keywords: Metode, Pemberian Pelayanan Keperawatan Professional, Perawat

Full Text:

PDF

References


Budi. (2009). Model Praktek Keperawatan Profesional. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan. (2009). Undang – Undang No. 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan

GabAllah, Elshrief dan Ageiz. (2020). Developing strategy: A guide for nurse managers to manage nursing staff’s work-related problems. Asian Nursing Research 14(2020). https://doi.org/10.1016/j.anr.2020.07.004

Gillies, DA. (1985). Manajemen Keperawatan: Suatu Pendekatan Sistem Ed.2. Illioni: WB Saunders Company

Hidayat dan Fatimah. (2019). Persepsi dukungan organisasi sebagai medaitor hubungan antara penghargaan organisasi, keadilan prosedural, dukungan atasan dengan komitmen afektif: Valid Jurnal Ilmiah, 16(1). https://journal.stieamm.ac.id/index.php/valid/article/view/82

Kemenkes RI. (2010). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Jakarta: Balitbang.

Kuntoro, Agus. (2010). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Yogyakarta: Nuha Medika

Nursalam. (2012). Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan. Salemba Medika.

Oyoh, O., Somantri, I., & Sekarwana, N. (2017). Pengalaman perawat dalam pelaksanaan sistem pemberian pelayanan keperawatan profesional di RSUD Cibabat: Studi Fenomenologi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 5(3). https://doi.org/10.24198/jkp.v5i3.678

Rantung, dkk. (2013). Perbedaan pendokumentasian asuhan keperawatan ruang SP2KP dan non-SP2KP di Irna A dan Irna F RSUP dr.Kondou Manado, Jurnal Keperawatan, 1(1). https://doi.org/10.35790/jkp.v1i1.2241

Sitorus & Yulia. (2006). Model Praktik Keperawatan Profesional di Rumah Sakit. Jakarta: EGC

E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 2, 2019: 8047 – 8074ISSN: 2302-8912

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suta, I Gde Manik,. (2019) Pengaruh Kompensasi, Persepsi Dukungan Organisasi Dan Pengembangan Karir Terhadap Retensi Karyawan, E-Jurnal Manajemen, Vol. 8, No. 2, 2019: 8047 – 8074ISSN: 2302-8912. DOI: https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v8.i2.p18

Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media




DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v14i2.2168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508


Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)

Contact Person :

Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 082384992512

 

Wiya Elsa Fitri, M.Si

Editor

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang

Phone: 08116609525

Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat


Email: lppmsyedza@gmail.com




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Flag Counter

View My Stats