ANALISIS MUTU PELAYANAN RADIOLOGI TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI RADIOLOGI RUMAH SAKIT X TAHUN 2023
Abstract
Analisis mutu pelayanan radiologi pada kepuasan pasien rawat jalan di instalasi radiologi Rumah Sakit X di Padang pada tahun 2023. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan standar Kementerian Kesehatan di instalasi radiologi pusat radiologi Rumah Sakit X di Padang. Tingkat kepuasan pasien pada penelitian ini dilihat dari 5 dimensi kualitas, yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, perhatian dan bukti fisik.
Penelitian ini dilakukan di Instalasi Radiologi radiologi Rumah Sakit X di Padang pada bulan Juli 2023 menggunakan data pasien pada bulan Oktober - Desember 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan metode SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah pasien rawat jalan berumur 17-54 tahun yang melakukan pemeriksaan di Instalasi radiologi rumah sakit X di Padang. Sampel diambil dengan teknik non probability sampling, yaitu menggunakan sampling aksidental berjumlah 93 orang.
Indikator dimensi mutu pelayanan yang paling tinggi adalah dimensi bukti fisik (tangibles) sebesar 82,8%, yaitu kepuasan pasien terhadap kebersihan, kerapian, kenyamanan, fasilitas, dan peralatan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit X di Padang. Sedangkan indikator dimensi mutu pelayanan persentase yang paling rendah adalah dimensi ketanggapan (responsiveness) sebesar 53,8%, yaitu kemampuan dan komunikasi petugas dalam menanggapi keluhan pasien pada saat dibutuhkan, serta interaksi petugas radiologi terhadap pasien mulai dari penerimaan pasien sampai pemeriksaan selesai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajam, A. A., Xing, B., Siddiqui, A., Yu, J. S., & Nguyen, X. V. (2021). Patient Satisfaction in Outpatient Radiology: Effects of Modality and Patient Demographic Characteristics. Journal of Patient Experience, 8, 1–8. https://doi.org/10.1177/23743735211049681
Akbar, F., Manurung, K., Ketaren, O., & Tarigan, F. L. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Tk Ii Putri Hijau Medan Tahun 2021. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 621–632. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3554
Di, K., & Sepatan, P. (2021). Epuasan Pasien Merupakan Salah Satu Indikator Penting Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan, Karena Pasien Sebagai Makhluk Bio-Psiko- Sosial Memerlukan Terpenuhinya Harapan Dari Aspek Kesehatan (Biologis), Aspek Kepuasan (Psikologis), Serta Aspek Budaya . 01(02), 169–180.
Harahap, A. B., G, E., & Nasution, S. L. R. (2022). Quality of Health Services on Outpatient Satisfaction Levels: A Literature Review. Journal of Community Health Provision, 1(3), 12–21. https://doi.org/10.55885/jchp.v1i3.111
Hartia Ningsih, S. M., Haeruddin, & Andi Multazam. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Peserta BPJS Di Puskesmas Antang Perumnas Kota Makassar. Window of Public Health Journal, 4(6), 1085–1093. https://doi.org/10.33096/woph.v4i6.455
Hartini, N. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien RSUD Syekh Yusuf Gowa. Skripsi, 1–114.
Hoe, J. (2007). Quality service in radiology. Biomedical Imaging and Intervention Journal, 3(3). https://doi.org/10.2349/biij.3.3.e24
Indrasari. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo press.
Meilasari, W., Suwindere, W., & Polii, H. (2018). Tingkat kepuasan pasien dewasa pada pelayanan radiografi panoramik di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Maranatha. Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 2(2), 87. https://doi.org/10.24198/pjdrs.v2i2.22511
Notoadmojo. (2010). metodologi penelitian. rineka cipta.
Rahmiati, R., & Temesveri, N. A. (2020). Hubungan Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. Jurnal Kesehatan, 13(1), 13–21. https://doi.org/10.23917/jk.v13i1.11097
Silaen, M., Novalinda Ginting, C., & Napiah Nasution, A. (2021). Analysis of Factors Affecting the Services of the Department of Radiology Staff on the Level of Patient Satisfaction in Global Health Laboratory Medan. International Journal of Scientific Engineering and Science, 5(11), 59–65.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Yusri, M. (2015). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Waktu Tunggu Pemeriksaan Foto Toraks Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Dr. Mohammad Hoesin Palembang Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 2(1), 64–71. https://doi.org/10.7454/arsi.v2i1.2189
DOI: http://dx.doi.org/10.30633/jkms.v15i1.2547
Refbacks
- There are currently no refbacks.
e-ISSN : 2540-9611
p-ISSN : 2087-8508
Publish by Stikes Syedza Saintika Padang (Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang)
Contact Person :
Ns. Honesty Diana Morika,M.Kep
Editor In Chief
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 082384992512
Wiya Elsa Fitri, M.Si
Editor
Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
STIKes SYEDZA Saintika Padang
Phone: 08116609525
Jl. Prof. Dr. Hamka No. 228 Air Tawar Timur Padang - Sumatera Barat
Email: lppmsyedza@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View My Stats